PT SOLID GOLD | MEMPERTAHAN RELI PENGUATAN

PT SOLID GOLD
PT SOLID GOLD

PT SOLID GOLD – HARGA EMAS MEMPERTAHAN RELI PENGUATAN MESKIPUN ADA TAPERING

PT SOLID GOLD JAKARTA – harga emas melanjutkan reli penguatan diawal sesi perdagangan pada hari Senin (08/November) naik hingga 0.33 % atau mencapai level $ 1826.40/troy ons ditengah pelemahan Indeks Dollar Amerika Serikat (DXY) seiring investor masih dalam proses mencerna laporan-laporan ekonomi dan rencana The Fed yang memulai pengurangan pembelian obligasi (tapering) bulan ini.

Wakil Ketua The Fed Richard Clarida mengatakan bahwa bank sentral bisa saja mengubah acuan kenaikan suku bunga tahun depan. Clarida mengakui bahwa inflasi Amerika Serikat sudah naik lebih tinggi daripada level yang semestinya. Namun, senada dengan Powell, ia masih meyakini bahwa hal tesebut hanya akan bersifat sementara.

Oleh karena itu, untuk selanjutnya The Fed diperkirakan akan menggunakan pendekatan wait-and-see. Mereka akan terus mengawasi inflasi, dengan data Inflasi Konsumen (CPI) yang akan dirilis pada Rabu mendatang. Sementara itu, Powell juga dijadwalkan berpidato kemarin. Akan tetapi, isi pidato Powell tak berkaitan dengan kebijakan moneter, sehingga tak berdampak pada kinerja Dollar Amerika Serikat.

Saat suku bunga rendah, aset tanpa imbal hasil (non-yielding assets) seperti emas menjadi menarik. Sebab jika nanti suku bunga sudah naik, maka lebih baik membeli aset yang menjanjikan cuan lebih besar seperti obligasi. Kenaikan harga emas yang nyaris 2 % sepertinya rawan untuk terjadinya aksi taking profit sehingga wajib diwaspadai oleh pelaku pasar.

ANALISA FUNDAMENTAL

Minggu ini dari Amerika Serikat, data inflasi yang akan dirilis pada hari Rabu mendatang. Consumer Price Index (CPI) umum diperkirakan akan muncul di 5.3 % pada bulan Oktober, 0.1 % kurang dari 5.4 % di bulan September. CPI inti yang lebih menarik perhatian pasar dan the Fed diperkirakan muncul di 4 %. Setiap deviasi sedikit saja akan bisa menggoncang dollar Amerika Serikat. Di atas 4 % adalah positip bagi dollar Amerika Serikat dan sebaliknya.

The University of Michigan’s preliminary Consumer Sentiment Index untuk bulan November juga akan dipublikasikan. Meskipun kurang hubungannya dengan penjualan ritel, tetap menjadi penggerak pasar. Indikator ini gagal pulih dari penurunan tajam di bulan Agustus dan diperkirakan akan turun lebih jauh.

ANALISA TEKNIKAL

Menurut Survey yang dihimpun Kitco.com menunjukkan mayoritas pelaku pasar masih bersikap bullish untuk emas. Sekitar 56 % pemain Wall Street memperkirakan pergerakan harga emas minggu ini akan bullish, 11 % akan beraris, dan 33 % lainnya netral atau sideways. Sementara 52 % pemain Main Street memperkirakan bullish, 30% bearish, dan 17% lainnya netral (sideways).

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1820/troy ons. Maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 $ 1828/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1804/troy ons. Maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 $ 1796/troy ons. Dan support ke 3 berada di level $ 1785/troy ons.
PT SOLID GOLD

SGB JAKARTA / Tulus Rifwandi Gea

About solid gold 2271 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*