PT SOLID GOLD | MENGUAT JELANG TESTIMONI THE FED

PT SOLID GOLD
PT SOLID GOLD

PT SOLID GOLD – HARGA EMAS MENGUAT JELANG TESTIMONI DARI DEWAN GUBERNUR THE FED

PT SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas mengawali sesi pembukaan perdagangan pada hari Senin (21/Juni). Dengan penguatan hingga 1.09 % atau mencapai level $ 1785.50/troy ons. Setelah sepanjang pekan lalu mencatat pelemahan sebesar -6.05 % ke level terendah 6 pekan terakhir. Harga emas tertolong pelemahan Yield Obligasi Amerika Serikat.

Yield obligasi 10-tahunan US Treasury merosot 9 basis poin ke 1.35 %, level terendah dalam empat bulan terakhir. Hal inilah yang sangat membantu penguatan harga emas. Di samping itu, para investor juga akan mengambil kesempatan ini sebagai peluang buy the dip di tengah kondisi kenaikan inflasi Amerika Serikat.

Meski demikian, penguatan harga emas masih tertahan oleh Indeks Dollar yang bergerak solid di 92.5, level tertinggi sejak 8 April. Sentimen hawkish yang mulai digaungkan The Fed pekan lalu memberikan daya tarik bagi mata uang Amerika Serikat tersebut. Sebaliknya, emas anjlok terpukul proyeksi Rate Hike The Fed yang dipercepat ke tahun 2023.

Sentimen bearish masih mendominasi pasar emas, yang membuat harganya berisiko turun lagi. Tetapi beberapa analis juga mengatakan penurunan emas terlalu berlebihan, dan saat ini merupakan waktu yang tepat untuk kembali membeli. “Kami telah menunggu lama koreksi harga ini dan perlahan kami akan mulai membeli emas,”. Kata Philip Streible, kepala strategi investasi di BUle Line Futures, sebagaimana dilansir Kitco.com.

ANALISA FUNDAMENTAL

Menurut Analisa fundamental, Ketua The Fed ‘Jerome Powell’ akan kembali tampil ke publik pada hari Selasa. Dimana diharapkan akan memberikan lebih banyak kejelasan dari bom yang dijatuhkan oleh the Fed pada minggu yang lalu. Apakah dia akan mengurangi ke hawkish-annya atau malah menambah pesan sebelumnya. Pasar telah menjadi lebih sensitif dan akan segera bereaksi atas setiap komentar dari Powell.

PMI pendahuluan bulan Juni oleh Markit diperkirakan akan agak melambat sementara penjualan rumah baru diperkirakan akan meningkat di bulan Mei. Selain itu, Durable Goods Order untuk bulan Mei akan dipublikasikan pada hari Kami. Dan kemungkinan akan menunjukkan kenaikan di dalam investasi, setelah pada bulan lalu mengalami penurunan.

ANALISA TEKNIKAL

Secara teknikal, Tekanan bagi emas terlihat masih belum akan berakhir pada pekan depan. Hasil survei yang dilakukan Kitco terhadap 18 analis di Wall Street. Menunjukkan sebanyak 10 orang atau 56 % memberikan proyeksi bearish (tren menurun) bagi emas pekan depan. Kemudian 22 % memberikan proyeksi bullish (tren naik) dan sisanya netral.

Sementara itu survei yang dilakukan terhadap pelaku pasar atau yang disebut Main Street. Dari 2.174 partisipan sebanyak 52 % memberikan proyeksi bearish, 31% bullish dan sisanya netral.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1784/troy ons. Maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1796/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1761/troy ons. Maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1750/troy ons. Dan support 3 $ 1741/troy ons.
PT SOLID GOLD

SGB Jakarta / Tulus Rifwandi Gea

About solid gold 2273 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*