PT SOLID GOLD | MENINGKATKAN KEKHAWATIRAN PELAKU PASAR

PT SOLID GOLD
PT SOLID GOLD

PT SOLID GOLD – HARGA EMAS MENGUAT, ISU GEOPOLITIK ANTARA AMERIKA-CHINA KEMBALI MENINGKATKAN KEKHAWATIRAN PELAKU PASAR

PT SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas membukukan kenaikan diawal sesi pembukaan perdagangan pada hari Senin (04/Mei), naik sebesar 0.7 % atau mencapai level $ 1714.75/troy ons seiring meningkatnya volume permintaan pasar terhadap aset safe haven emas ditengah meningkatnya ketegangan antara Amerika Serikat – China yang mengancam kembali terjadi perang dagang berikutnya.

Harga bergerak dan bertahan diatas level psikolohis $ 1700/troy ons, pasca Presiden Amerika Serikat Donald Trump telah membangkitkan kembali ketegangan perdagangan dengan mengatakan bahwa China tidak memenuhi kesepakatan perdagangan dan telah mengancam akan menghentikannya. Kesepakatan ini ditanda tangani
pada bulan Januari pada saat Covid-19 sedang menyebar.

Selain itu, Presiden Amerika Serikat Donald Trump baru-baru ini mengatakan bahwa dirinya mempertimbangkan untuk menaikkan tarif impor barang China, sebagai bentuk pembalasan atas penyebaran Covid-19 yang ia yakini berasal dari laboratorium di kota Wuhan.

Pernyataan Donald Trump terlontar setelah Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo mengatakan bahwa bukti yang mengarah pada dugaan tersebut semakin banyak. Dalam statement terbarunya, Pompeo mengutarakan bahwa para ahli terbaik tampaknya berpikir virus Corona adalah buatan manusia dan tidak ada alasan untuk tidak mempercayai hal itu untuk saat ini. Tuduhan dan ancaman Presiden As Donald Trump terhadap China kembali meningkatkan kecemasan baru di kalangan pelaku pasar. Hal ini tentu saja bisa menghambat pemulihan perekonomian global yang sudah menderita akibat pandemi Covid-19.

Ditengah kekhawatiran para pelaku pasar terhadap isu geopolitik antara Amerika Serikat – China yang semakin memanas saat ini, aset safe haven seperti emas kembali menguasai pasar global sering para investor beralih membeli asat safe haven seperti emas, karena dianggap sebagai tempat untuk berlindung yang cukup aman dalam menghadapi sentiment global khususnya eksternal.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS ( XAUUSD )

Menurut analisa fundamental, Harga emas pekan ini berpotensi menguat dalam jangka pendek karena meningkatnya ketegangan geopolitik dan lebih banyaknya data ekonomi yang buruk yang akan keluar pada minggu ini.

Meningkatnya pertikaian antara Amerika Serikat dengan China sehubungan dengan keributan mengenai penyebab meluasnya coronavirus menjadi pandemik dan munculnya kembali ketegangan perang dagang. Hal ini, kembali meningkatkan kecemasan para investor dan mengurang minat terhadap asset berisiko.

Disisi lain, beberapa negara bagian di Amerika Serikat telah melonggarkan aktifitas ekonomi (lockdown) yang bertujuan untuk memulihkan kembali ekonomi yang sudah buruk ditengah pandemi coronavirus.

Minggu ini, perhatian pasar akan tertuju pada pembukaan kembali aktivitas ekonomi dan data tenaga kerja Amerika Serikat (Non Farm Payrolls, pengangguran, dan Jobless Claims). NFP bulan April diperkirakan minus 21 juta jobs, sementara tingkat pengangguran diprediksi naik hingga 20 %. Jika perkiraan ini benar, maka akan menjadi rekor terburuk sepanjang sejarah.

ANALISA TEKNIKAL EMAS ( XAUUSD )

Menurut analisa teknikal, Harga emas dapat melanjutkan relly kenaikan jika harga dapat bergerak dan bertahan diatas level Psikologis $ 1700/troy ons. Akan tetapi, Jika harga emas kembali bergerak dibawal level psikologis $1700/troy ons, maka harga emas dapat koreksi kembali ke level psikologis $ 1657/troy ons.

Minggu ini, perhatian pasar akan tertuju pada pembukaan kembali aktivitas ekonomi dan data tenaga kerja Amerika Serikat (Non Farm Payrolls, pengangguran, dan Jobless Claims). NFP bulan April diperkirakan minus 21 juta jobs, sementara tingkat pengangguran diprediksi naik hingga 20 %. Jika perkiraan ini benar, maka akan menjadi rekor terburuk sepanjang sejarah.

Minggu ini, harga emas diperkirakan bergerak di range $ 1728 – $ 1671/troy ons. Jika, harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1713/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $1728/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1685/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1671/troy ons dan support 3 $ 1657/troy ons.
PT SOLID GOLD

Sumber : SGB Jakarta ( Tulus Rifwandi Gea )

About solid gold 2041 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*