PT SOLID GOLD | MENJADI KATALIS UTAMA PENGGERAK PASAR

PT SOLID GOLD
PT SOLID GOLD

PT SOLID GOLD – RISALAH PERTEMUAN THE FED MENJADI KATALIS UTAMA PENGGERAK PASAR KHUSUSNYA EMAS PEKAN INI

PT SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas berpeluang kembali menguat setelah meredupnya ekspektasi tapering Amerika Serikat. Atau pengurangan nilai pembelian aset (quantitative easing/QE) bank sentral Amerika Serikat (The Fed) pasca rilis data tenaga kerja Amerika Serikat. Tapering merupakan musuh utama emas saat ini.

Pernah terjadi di tahun 2013, harga emas saat itu mengalami tren penurunan dalam periode yang panjang. Pada Jumat lalu, Badan Statistik Tenaga kerja Amerika Serikat melaporkan. Sepanjang bulan Juni terjadi penyerapan tenaga kerja di luar sektor pertanian (non-farm payroll) sebanyak 850.000 orang. Lebih banyak dari prediksi Reuters sebanyak 700.000 orang. Meski jumlah perekrutan lebih banyak dari perkiraan, tetapi tingkat pengangguran justru naik menjadi 5,9 % dari sebelumnya 5,8 %.

Laporan rilis data tersebut sangat bagus, karena perekrutan tenaga kerja semakin cepat. Yang menjadi tanda positif pemulihan ekonomi di semester II. Tetapi data tersebut tidak akan membuat The Fed mengubah panduannya untuk memulai tapering saat ini.

Dengan tapering yang diperkirakan belum akan dilakukan dalam waktu dekat. Indeks dollar Amerika Serikat berbalik melemah sebesar -0,4 % setelah sebelumnya menguat dalam 7 hari beruntun. Penurunan tersebut juga membantu emas dunia untuk kembali menajak dan mendekati level psikologis $ 1800/troy ons.

ANALISA FUNDAMENTAL

Menurut Analisa fundamental, Ada dua sentimen utama minggu ini di Amerika Serikat. Pertama, PMI Jasa dari ISM yang diperkirakan akan menunjukkan penurunan yang moderat meskipun masih tetap di level yang tinggi yang menunjukkan pertumbuhan yang kuat. Para investor juga akan memperhatikan komponen Prices Paid untuk tanda-tanda inflasi, terutama setelah PMI manufaktur menyentuh rekor ketinggian.

Sentimen selanjutnya adalah risalah pertemuan FOMC Federal Reserve Amerika Serikat dari keputusan bulan Juni. Para pelaku pasar akan mengamati dengan ketat apakah komentar yang hawkish dari the Fed beberapa minggu yang lalu sesuai dengan catatan di dalam risalah pertemuan tersebut.

ANALISA TEKNIKAL

Menurut Analisa teknikal, Hasil survei harga emas Kitco minggu ini menunjukkan bahwa dari 13 analis yang berpartisipasi di sisi Wall Street. 69,2 % bullish pada harga minggu depan, sementara 30,8% lainnya netral. Tidak ada suara bearish kali ini. Di sisi Main Street, dari 256 investor ritel yang berpartisipasi. 49,6 % bullish pada harga minggu depan, 25,8 % bearish, dan 24,6 % netral.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1795/troy ons. Maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1810/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1765/troy ons. Maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1750/troy ons. Dan support 3 $ 1741/troy ons.
PT SOLID GOLD

SGB Jakarta / Tulus Rifwandi Gea

About solid gold 2273 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*