PT SOLID GOLD | NYAMAN BERGERAK DIATAS LEVEL PSIKOLOGIS

PT SOLID GOLD
PT SOLID GOLD

PT SOLID GOLD – HARGA EMAS NYAMAN BERGERAK DIATAS LEVEL PSIKOLOGIS $ 1800/TROY ONS

PT SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas saat ini perlahan mulai jadi primadona lagi, diawal sesi permbukaan perdagangan pada hari Senin (12/Juli) harga emas bergerak diatas level psikologis $ 1800/troy ons sebab pelaku pasar mulai was-was perekonomian global akan kembali merosot akibat serangan baru virus corona.

Pasar menyoroti tingkat pengangguran di bulan Juni yang kembali naik dan upah yang turun meski penciptaan lapangan kerja (NFP) naik. Dengan tingkat partisipasi yang relatif masih rendah, pasar memperkirakan The Fed belum akan mengetatkan kebijakan moneternya dalam waktu dekat.

Sementara itu, notulen rapat FOMC menunjukkan The Fed masih bersikap hati-hati pada pemulihan ekonomi Amerika Serikat, walaupun sudah siap untuk melakukan pengurangan pembelian asset (tapering). Di sisi lain, pelaku pasar juga mengkhawatirkan perekonomian global yang akan kembali merosot jika serangan virus
corona varian baru tidak bisa cepat teratasi.

Selain itu, yield obligasi (Treasury) Amerika Serikat sedang dalam tren menurun. Treasury dan emas sama-sama dianggap aset aman (safe haven). Bedanya, Treasury memberikan imbal hasil (yield) sementara emas tanpa imbal hasil, hanya mengandalkan capital gain. Sehingga ketika yield tersebut turun emas mulai dilirik. Apalagi ketika yield lebih rendah ketimbang inflasi di Amerika Serikat, maka riil return yang diperoleh menjadi negatif. Di sisi lain, emas secara tradisional dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi, semakin tinggi inflasi, maka permintaan emas berpotensi meningkat.

Menunggu berbagai peristiwapekan ini, para investor memilih untuk bermain aman terlebih dulu. Tidak hanya di pasar valas atau saham, ternyata sikap bermain aman pun menular hingga ke pasar komoditas, salah satunya emas. Namun, harga emas masih konsisten bergerak diatas level psikologis.

ANALISA FUNDAMENTAL

Menurut Analisa fundamental, Agenda ini sangat layak untuk ditunggu pekan ini yaitu, kebijakan moneter The Fed akan menentukan nasib nilai tukar mata uang dollar Amerika Serikat. Jika Powell mengemukakan paparan yang bernada hawkish (seperti ekonomi semakin membaik, kebijakan moneter ultra-longgar sudah bisa
dikurangi, suku bunga sudah perlu naik, dan sebagainya), maka bakal menjadi ‘doping’ bagi keperkasaan dollar Amerika Serikat .

Dengan pengetatan kebijakan moneter, berinvestasi di asetaset berbasis dollar Amerika Serikat akan semakin mendatangkan cuan. Namun sebaliknya, jika pernyataan The Fed bernada Dovish maka Indeks Dollar As melanjutkan pelemahan dan harga emas pun dapat kembali memancarkan kilaunya.

Sementara, dari kalender ekonomi angka inflasi bulan Juni dan penjualan ritel akan dirilis pada hari Selasa dan Jumat. Data kunci yang lain yang akan dimonitor adalah angka PPI pada hari Rabu dan klaim pengangguran pada hari Kamis, Philadelphia Fed manufacturing index, dan NY Empire State manufacturing index.

Disisi lain, banyak fokus tertuju kepada keprihatinan akan pertumbuhan ekonomi global pada minggu ini yang disebabkan oleh penyebaran varian Delta Covid – 19 di negara-negara tertentu. Banyak bagian dari dunia ini masih jauh dari berakhirnya
pandemi yang berakibat kepada masih akan terus berlangsungnya kebijakan moneter yang akomodatif di seluruh dunia.

ANALISA TEKNIKAL

Menurut Analisa teknikal, dari hasil survey yang dihimpun Kitco.com menunjukkan sentimen pasar untuk emas masih bullish. Sekitar 75 % pemain Wall Street memperkirakan bullish, 12.5 % memperkirakan bearish, dan 12.5 % lainnya netral atau sideways. Sementara 61 % pemain Main Street memperkirakan bullish, 20 % bearish, dan 19 % lainnya netral.

Wang Tao, Analis Komoditas Reuters, memperkirakan level support harga emas mingguan ada di kisaran US $ 1.789-1.774/troy ons. Sementara level resistance adalah US $ 1.818-1.833/troy ons. Sedangkan Shrea Paul, Analis Refinitiv, memperkirakan level resistance ‘diramal’ US $ 1.856-1.875/troy ons.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1814/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1825/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1794/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1784/troy ons dan support 3 $ 1776/troy ons.
PT SOLID GOLD

Sumber : Vibiznews

About solid gold 2224 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*