PT SOLID GOLD | OPTIMISME PEMULIHAN EKONOMI AMERIKA

PT SOLID GOLD
PT SOLID GOLD

PT SOLID GOLD – HARGA EMAS TERTEKAN DITENGAH OPTIMISME PEMULIHAN EKONOMI AMERIKA SERIKAT

PT SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas sempat naik disesi perdagangan Amerika Serikat pada hari Senin (01/Maret) mencapai level $ 1759.75/troy ons. Namun, kenaikan tersebut hanya koreksi normal setelah terpukul ke level terendah dalam 8 bulan terakhir. Minat beli terhadap harga emas mendapatkan tekanan oleh karena rally indeks saham Amerika Serikat dan menguatnya dollar Amerika Serikat.

Selain itu, grafik tehnikal emas secara jangka pendek “bearish” setelah terpukul hebat pada hari Jumat yang lalu, sehingga grafik tehnikal minggu dan bulanan menjadi negatif.

Dari sisi vaksinasi, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (Centers for Disease Control and Prevention) memberikan izin penggunaan vaksin sekali suntik besutan Johnson & Johnson untuk orang berumur 18 tahun ke atas. Perseroan menyiapkan dosis awal sebanyak 4 juta.

Disis lain, DPR Amerika Serikat telah meloloskan Undang-Undang yang mendasari keluarnya paket stimulus senilai US $ 1,9 triliun yakni UU American Rescue Plan 2021. Selanjutnya, Presiden Amerika Serikat Joe Biden hanya perlu mengantongi izin Senat untuk merealisasikan rencana stimulus tersebut. Selain itu, Indeks Manajer Pembelian (Purchasing Managers’ Index/PMI) sektor manufaktur Amerika Serikat per Februari bakal dirilis pada hari ini. Ekonom dalam polling Dow Jones memperkirakan angkanya bakal di level 58,5 atau sama dengan posisi Desember pada 58,5.

ANALISA FUNDAMENTAL

Menurut Analisa Fundamental, DPR Amerika Serikat terus berusaha untuk meloloskan paket kelegaan yang ambisius dari Biden sebesar $ 1.9 triliun. Namun karena Demokrat hanya punya mayoritas yang kecil disini, ada keraguan bisa lolos.

Di Senat, Demokrat dan Republikan terpecah dua. Dalam hal ini tergantung pada wakil dari West Virginia Joe Manchin III. Jika dia berkeberatan maka akan ditunda dan pasar akan goyah.

Dari kalender ekonomi, ISM PMI manufaktur untuk bulan Februari diperkirakan akan menunjukkan pertumbuhan yang terus kuat dan menjadi petunjuk terhadap NFP yang kan keluar pada hari Sabtu.

Sementara PMI Jasa yang akan keluar pada hari Rabu dengan komponen employment nya juga akan diawasi sebagai ukuran dari kondisi tenaga kerja karena merupakan sektor yang paling besar di Amerika Serikat.

ANALISA TEKNIKAL

Secara teknikal, pada pekan ini, nasib harga emas diprediksi masih belum membaik. Kitco melakukan survei terhadap 13 analis di Wall Street, sebanyak 8 analis memberikan proyeksi bearish (tren menurun) terhadap emas, 3 analis memberikan proyeksi bullish (tren naik), sementara sisanya sideways (netral). Jika harga emas tidak dapat bertahan diatas $ 1,741/troy ons atau $ 1,728/troy ons pada minggu ini, aksi jual kemungkinan belum berakhir. Harga emas dapat melanjutkan pelemahan ke level psikologis $ 1700/troy ons.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1754/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1767/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1728/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1716/troy ons dan support 3 $ 1700/troy ons.
PT SOLID GOLD

SGB Jakarta/TulusRifwandiGea

About solid gold 2165 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*