PT SOLID GOLD | PASAR YANG CUKUP TINGGI SAAT INI

PT SOLID GOLD
PT SOLID GOLD

PT SOLID GOLD – HARGA EMAS KEMBALI MENGUAT DITENGAH PERMINTAAN PASAR YANG CUKUP TINGGI SAAT INI

PT SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas mengawali sesi pembukaan perdagangan pada hari senin (02/Mar). Dengan kenaikan sebesar 0.38 % mencapai level $ 1610.95/troy ons, setelah mengalami penurunan yang cukup tajam. Di perdagangan jumat pekan lalu sebesar 4.5 % akibat aksi jual yang dilakukan oleh para trader terhadap aset-aset high-risk di pasar finansial.

Saat ini, asset safe haven emas dinyatakan sebagai aset andalan di kala situasi global yang sedang bergejolak secara ekstrem. Khususnya saat kepanikan akan merebaknya wabah Corona saat ini. Para investor saat ini kembali membeli emas ditengah sentiment global yang semakin meluas. Sehingga di pasar global permintaan terhadap asset safe haven seperti emas cukup tinggi.

Disisi lain, para investor juga saat ini sedang memperhitungkan pemangkasan tingkat suku bunga Amerika Serikat. Untuk keprihatinan akan virus corona yang memperlambat pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat sendiri. Hal ini, kembali membangkitkan permintaan terhadap asset safe haven seperti emas.

Pada hari ini Selasa (03/Mar) harga emas kembali bergerak di area level psikologis $1600. Pasca rilis data PMI ISM Manufaktur Amerika Serikat untuk bulan Februari kembali tergelincir. Aktivitas pabrikan Amerika Serikat menduduki level 50.1, lebih rendah daripada ekspektasi penurunan ke 50.5 saja. Pesanan-pesanan baru terkontraksi dari 52 ke 49.8. Demikian juga dengan tingkat produksi yang melambat dari 54.3 menjadi 50.3. Sejak enam bulan terakhir, pertumbuhan manufaktur Amerika Serikat memang sudah seret karena perang dagang dengan Tiongkok.

Namun kemudian, wabah virus Corona muncul menajangkiti China di awal tahun 2020 dan menyebar ke negara-negara lain. Hal ini menambah pukulan bagi sektor manufaktur akibat terganggunya rantai suplai.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS (XAUUSD)

Menurut analisa fundamental, sentimen kenaikan harga emas sebenarnya masih tinggi, didukung oleh:

  • Penyebaran wabah virus corona (Covid-19) di luar China yang sangat cepat.
  • Kejatuhan pasar saham dunia yang menunjukkan sentimen risk aversion dan naiknya pamor aset safe haven.
  • Spekulasi pemotongan suku bunga The Fed pada meeting tanggal 18-19 bulan ini.

Pada tanggal 28 Februari kemarin, Ketua The Fed menerbitkan pernyataan. Menyebutkan bahwa pihaknya akan “bertindak dengan penyesuaian” demi mendukung perekonomian. Hal ini dilakukan menyusul laporan adanya Warga Negara Amerika Serikat yang terjangkit virus Corona. Secara misterius karena mengaku tak pernah ke luar negeri. Pasar mengeksepektasikan pemotongan suku bunga The Fed pada FOMC bulan ini.

Akibatnya, Dollar Amerika Serikat semakin melemah. Data penting minggu ini adalah tenaga kerja Amerika Serikat (Non Farm Payrolls, upah, pengangguran dan ADP Non Farm). ISM Manufacturing dan Non Manufacturing Amerika Serikat, serta suku bunga RBA dan BoC. Meski demikian, berita mengenai perkembangan virus corona dan pasar saham masih akan lebih berdampak pada pergerakan harga emas.

ANALISA TEKNIKAL EMAS ( XAU USD )

Menurut analisa teknikal, Harga emas saat sedang menguji kembali level psikologis $ 1600 sebagai konfirmasi kembali kenaikan harga emas. Akan tetapi, Jika, harga emas bertahan dibawah level psikologis $ 1600 maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali.

Minggu ini emas diperkirakan bergerak di area psikologis $ 1600 Jika harga emas kembali bergerak dibawah level psikologis. Maka harga emas dapat melanjutkan penurunan ke support 1 $1586 dan support 2 $1572/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas kembali menembus level psikologis $ 1600. Maka harga emas dapat melanjutkan kenaikan ke resistance 1 $ 1614 dan resistance 2 $ 1628/troy ons.

Data penting minggu ini adalah tenaga kerja Amerika Serikat (Non Farm Payrolls, upah, pengangguran dan ADP Non Farm). ISM Manufacturing dan Non Manufacturing Amerika Serikat, serta suku bunga RBA dan BoC. Meski demikian, berita mengenai perkembangan virus corona dan pasar saham masih akan lebih berdampak pada pergerakan harga emas.
PT SOLID GOLD

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2018 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*