PT SOLID GOLD | PASAR YANG POSITIF TERHADAP EMAS

PT SOLID GOLD
PT SOLID GOLD

PT SOLID GOLD – HARGA EMAS KEMBALI MENGUJI LEVEL PSIKOLOGIS $ 1900/Toz AKIBAT SENTIMEN PASAR YANG POSITIF TERHADAP EMAS

PT SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas bergerak dengan volatilitas yang cukup tinggi diawal sesi perdagangan pada hari Senin (28/Desember) bergerak di kisaran level $ 1900.20 – $ 1869.00/troy ons seiring Donald Trump mengejutkan pasar, melalui akun Twitternya, ia menyebut stimulus senilai US$ 900 miliar sebagai “aib”.

Dalam RUU stimulus fiskal kali ini, Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang diperoleh warga Amerika Serikat sebesar US $ 600/orang, setengah dari yang diterima jilid I bulan Maret lalu sebesar US $ 1.200/orang. Untuk pasangan yang menikah BLT yang diperoleh sebesar US $ 1.200, dan US $ 600 untuk tanggungan anak. Hal tersebut yang dipermasalahkan oleh Trump. Ia juga meminta Kongres Amerika Serikat untuk menaikkan BLT senilai US $ 600 menjadi US $ 2.000 per orang, dan US $ 4.000 untuk pasangan yang menikah.

Stimulus fiskal merupakan salah satu “bahan bakar” utama emas untuk menguat. Saat Trump mengatakan hal tersebut sebagai “aib” pelaku pasar melihat ada kemungkinan tidak akan diteken, sehingga stimulus tidak akan cair. Tetapi kini, setelah sah diteken, harga emas dunia akhirnya langsung melesat lebih dari 1 %, meski pada akhirnya terus terpangkas. Stimulus fiskal merupakan salah satu “bahan bakar” utama emas untuk menguat. Pada bulan Maret lalu, saat Pemerintah Amerika Serikat menggelontorkan stimulus fiskal jilid I, yang disebut CARES Act dengan nilai US$ 2 triliun, harga emas dunia terus meroket.

Presiden Trump akan lengser dari jabatannya, dan digantikan oleh Joseph ‘Joe’ Biden, pada 20 Januari mendatang. Biden sebelumnya sudah mengatakan akan menggelontorkan stimulus tambahan guna membantu perekonomian Amerika Serikat. Sehingga ke depannya, emas memiliki “bahan bakar” lagi untuk menguat. Oleh karena itu, banyak analis yang memprediksi tahun ini adalah awal dari periode pengiuatan panjang emas atau yang disebut supercycle. Profesor ekonomi terapan di John Hopkins University, Steve Hanke, dalam wawancara dengan Kitco, yang mengatakan komoditas termasuk emas akan memasuki fase supercycle tersebut pada tahun 2021 mendatang.

PT SOLID GOLD

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS

Menurut analisa fundamental, Banyak analis yang memprediksi tahun ini adalah awal dari periode pengiuatan panjang emas atau yang disebut supercycle. Andy Hecht dari bubbatrading.com menjadi salah satu analis yang juga memprediksi emas masuk supercyle.

Hetch bahkan mengatakan senang melihat harga emas turun di bawah US $ 1.900/troy ons. “Saya menyambut penurunan harga emas, saya ingin melihat harga emas turun, itu artinya saya akan membeli lebih banyak emas,” kata Hecht sebagaimana dilansir Kitco, Kamis (23/Oktober/2020).

“Saya melihat kita masih di tahap awal supercyle komoditas, itu artinya emas akan melesat tinggi, begitu juga dengan perak,” katanya Minggu ini, rilis data makro ekonomi akan sangat sedikit, dengan para investor akan memperhatikan CB Consumer Confidence Amerika Serikat pada hari Selasa dan Pending Home Sales Amerika Serikat pada hari Rabu (30/Desember).

Para analis juga akan memonitor reaksi pasar terhadap kesepakatan perdagangan Brexit dengan Uni Eropa yang akan menjadi berita utama pada hari Kamis (31/Desember).

ANALISA TEKNIKAL EMAS

Secara teknikal, Potensi berlanjutnya kenaikan emas terlihat dari hasil survei terbaru dari Kitco yang mayoritas memberikan pandangan bullish (tren naik) pekan depan. Survei yang dilakukan terhadap 14 analis di Wall Street menunjukkan 11 orang atau 79 % memberikan pandangan bullish, 2 orang atau 14 % memberikan
pandangan netral, dan hanya 1 orang atau 7 % yang melihat emas bearish (tren menurun). Sementara itu, survei yang dilakukan terhadap pelaku pasar atau yang disebut Main Street, dengan 1.048 responden menunjukkan 75% memberikan pandangan bullish, 14 % bearish dan 11 % netral.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1901/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1922/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $1861/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1841/troy ons dan support 3 $ 1826/troy ons.
PT SOLID GOLD

SGB Jakarta/Tulus Rifwandi Gea

About solid gold 2145 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*