PT SOLID GOLD | PENGUATAN INDEKS DOLLAR AMERIKA

PT SOLID GOLD
PT SOLID GOLD

PT SOLID GOLD – PENGUATAN HARGA EMAS MASIH DIBATASI OLEH PENGUATAN INDEKS DOLLAR AMERIKA SERIKAT (DXY)

PT SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas mengawali sesi pembukaan perdagangan pada hari Senin (25/May) turun tipis – 0.30 % ke level terendah pada akhir pekan lalu $ 1723.40/troy ons seiring liburnya Amerika Serikat dan Inggris, likuiditas menjadi tipis. Kondisi ini membuat para investor bersikap hati-hati dan menahan diri untuk melakukan pertaruhan yang agresif ditengah sentiment global dan isu geopolitik yang semakin memanas.

Potensi naik Indeks Dollar Amerika Serikat (DXY) masih menjadi faktor penghambat harga emas untuk cetak juara baru. Indeks Dollar Amerika Serikat (DXY) yang mengukur penguatan di depan enam mata uang lain yang menguat sejak 21 Mei lalu. Namun, keprihatinan terhadap memburuknya hubungan Amerika Serikat dengan Cina membantu harga emas tetap bertahan dan bergerak diatas level psikologis $ 1700.

Disisi lain, hubungan Amerika Serikat – Tiongkok kembali memanas setelah merebaknya virus corona menjadi pandemi global. Presiden Amerika Serikat Donald Trump menuding China telah menutup-nutupi fakta asal muasal virus dan telah gagal menangani wabah sehingga bisa menjadi pandemi yang menjangkiti lebih dari 200 negara dan teritori seperti sekarang ini.

Selain itu, senat Amerika Serikat mengajukan rancangan undang-undang yang akan mengenakan sanksi terhadap Cina untuk pelanggaran hak asasi di Xinjiang. Protes berlangsung di Hong Kong terhadap usulan undangundang Cina yang akan memperketat cengkeraman Beijing atas teritori Hong Kong. Barat marah terhadap Cina meskipun kelihatannya enggan untuk bertindak. Cina juga tidak senang dengan semakin dekatnya hubungan antara Amerika dengan Taiwan.

Ketegangan yang meningkat antara Amerika Serikat dan Tiongkok membuat harga emas naik dan saham meningkat koreksi. Kenaikan harga bullion akibat kenaikan tensi geopolitik sebenarnya membuat harga emas berpotensi menembus level US $ 1.800 per ons seperti yang di perkirakan jauh-jauh hari.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS (XAUUSD)

Menurut analisa fundamental, Harga emas pekan ini berpotensi menguat dalam jangka pendek seiring kembali meningkatnya ketegangan isu geopolitik global sehingga menghambat pertumbuhan ekonomi global selain pandemic Covid-19.

Ketegangan yang meningkat antara Amerika Serikat dan Tiongkok membuat harga emas naik. Kenaikan harga bullion akibat kenaikan tensi geopolitik sebenarnya membuat harga emas berpotensi mencapai level US $ 1.800/troy ons Kalender ekonomi Amerika Serikat yang akan keluar diantaranya beberapa angka perumahan yang diperkirakan akan menunjukkan penurunan yang substansial pada bulan April.

GDP untuk kuartal pertama pada hari Kamis diperkirakan akan turun 4.8 % karena penurunan konsumsi yang tajam. Order “durable goods” untuk bulan April akan memberikan pandangan mengenai investasi di kuartal kedua. Klaim pengangguran mingguan diperkirakan masih akan tetap dalam jumlah jutaan. Pada hari Jumat yang merupakan hari perdagangan terakhir untuk bulan Mei akan ada Personal Consumption Expenditure inti. yang diperkirakan akan turun dibawah 1 %.

ANALISA TEKNIKAL EMAS ( XAUUSD )

Menurut analisa teknikal, Harga emas masih berada dalam up trend (bullish) dari pertengahan bulan maret 2020 hingga saat ini. Harga emas masih dapat melanjutkan penguatan dalam jangka panjang dan dapat berpotensi menguat mencapai level tertinggi pada tahun 2020 di level $ 1795.90/troy ons bahkan ke level $ 1800/troy ons.

Fokus para investor tertuju pada perkembangan vaksin corona virus yang telah di uji coba dan isu geopolitik yang semakin meluas saat ini, baik Antara Amerika Serikat dengan China dan Australia serta perancangan UU keamanan di Hong Kong dimana Amerika Serikat ikut campur dalam hal tersebut.

Minggu ini, harga emas diperkirakan bergerak di range $ 1756 – $ 1700/troy ons. Jika, harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1742/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1756/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1714/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1700/troy ons dan support 3 $ 1686/troy ons.
PT SOLID GOLD

Sumber : Vibiznews

About solid gold 2084 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*