PT SOLID GOLD | PERANG DAGANG FASE DUA

PT SOLID GOLD
PT SOLID GOLD

PT SOLID GOLD – HARGA EMAS KEMBALI BERKILAU, AMERIKA – CHINA KEMBALI MEMBAHAS PERSOALAN KESEPAKATAN PERANG DAGANG FASE II

PT SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas membukukan penguatan diawal sesi pembukaan perdagangan pada hari Senin (13/Juli) naik hingga 0.66 % ke level $ 1813.40/troy ons, karena investor mempertimbangkan perkembangan virus dan ketegangan baru Amerika Serikat – China terhadap kenaikan ekuitas pada Senin.

China memberi sanksi kepada pejabat Amerika sebagai pembalasan atas undang-undang yang dimaksudkan untuk menghukum Beijing karena perlakuannya terhadap etnis minoritas. Presiden Donald Trump mengatakan pada hari Jumat kesepakatan perdagangan tahap dua dengan China tidak sedang dipertimbangkan karena hubungan antar negara telah memburuk terlalu banyak.

Sementara Itu, Presiden Amerika Serikat Donald Trump justru mengeluarkan pernyataan yang membuat optimisme makin redup. Presiden ke-45 Amerika Serikat tersebut tak berpikir untuk melanjutkan negosiasi dagang dengan mitranya yakni China. Trump menilai hubungan kedua negara sudah rusak akibat pandemi Covid-19 ini. Maklum Amerika Serikat saat ini menjadi negara dengan jumlah kasus infeksi terbanyak di dunia. Lebih dari 3,3 juta orang di Amerika Serikat dinyatakan positif terjangkit Covid-19. Sebanyak 135 ribu orang meninggal dunia. Sejak Jumat pekan lalu, jumlah kasus baru infeksi virus corona di Amerika Serikat selalu berada di atas 60 ribu kasus per harinya. Merasa jadi korban dari pandemi Covid-19, Amerika Serikat menuduh China sebagai biang kerok dari semua kejadian ini, mengingat wabah pertama kali merebak di Wuhan, China bagian tengah.

Tentunya dengan risiko ketidakpastian yang makin tinggi ini, investor sedang mencari suaka untuk menyelamatkan diri. Emas sebagai aset safe haven jadi semakin diminati. Apalagi di tengah rendahnya suku bunga acuan, imbal hasil surat utang pemerintah Amerika Serikat yang juga dinilai kurang menarik lagi, hingga banjir stimulus fiskal dan moneter yang bisa memicu terjadinya kenaikan inflasi yang tinggi di masa depan membuat daya tarik emas semakin kuat. Imbal hasil surat utang pemerintah Amerika Serikat bertenor sepuluh tahun masih turun lebih dalam dari ekspektasi inflasi. Ini yang menjadi pendorong bagi emas untuk menguat.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS ( XAUUSD )

Pergerakan harga emas sejak kemarin sekali lagi mengikuti arah bursa saham dunia. Kemarin bursa saham Asia, Eropa, hingga Wall Street di Amerika Serikat mencetak penguatan. Bahkan hingga saat ini pasar saham kembali menunjukkan kinerja yang impresif dan sekali lagi berbarengan dengan lonjakan harga emas.

Disisi lain, Virus corona kini menebar ketakutan baru di pasar finansial, sebabnya Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) kini mengakui penyebaran bisa terjadi melalui udara. WHO awalnya menekankan bahwa penyakit akibat virus corona (Covid-19) ditularkan lewat air liur, sekresi dan tetesan dari penderita melalui batuk, bersin atau bicara atau permukaan yang terkontaminasi. Sehingga jaga jarak dan cuci tangan lebih ditekankan.

Hal tersebut membuat sentimen pelaku pasar memburuk, dan kembali mengalirkan investasinya ke aset aman (safe haven) seperti emas. Apalagi, jika negara-negara kembali menerapkan kebijakan karantina wilayah (lockdown), pertumbuhan ekonomi global tentunya bisa semakin nyungsep ke jurang resesi yang dalam dengan durasi yang panjang.

ANALISA TEKNIKAL EMAS ( XAUUSD )

Secara teknikal, Harga emas kini telah menembus level psikologis $ 1.800/troy ons bahkan ditutup diatas level $ 1800. jika harga emas bergerak dan bertahan diatas level tersebut, maka harga emas masih dapat melanjutkan penguatan untuk menembus resisten-resisten berikutnya. Akan tetapi, jika harga emas bergerak kembali dibawah level psikolohis $ 1800/troy ons, kemungkinan besar harga emas berpotensi koreksi ke level $ 1750/troy ons.

Sementara itu, hasil survei Kitco terhadap 17 analis di Wall Street menunjukkan 12 orang atau 70 % memprediksi emas akan menguat lagi pekan ini. Sebanyak 18 % memprediksi melemah, dan sisanya netral.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1818/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1830/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1794/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di
level $ 1782/troy ons dan support 3 $ 1761/troy ons.
PT SOLID GOLD

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2073 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*