PT SOLID GOLD | PERKASANYA INDEKS DOLLAR AMERIKA

PT SOLID GOLD
PT SOLID GOLD

PT SOLID GOLD – HARGA EMAS MELEMAH DITENGAH PERKASANYA INDEKS DOLLAR AMERIKA SERIKAT (DXY)

PT SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas turun tajam di awal sesi pembukaan perdagangan pada hari Senin (29/Maret) turun hingga – 1.21 % ke level terendah 2 pekan terakhir $ 1705.00/troy ons, sebelum tutup pada level $ 1710.90/troy ons.

Faktor utama yang menyebabkan harga emas sulit menguat adalah melonjaknya US Dollar. Indeks USD menguat hingga ke level tertinggi dalam empat bulan. Meski demikian, turunnya imbal hasil (yield) obligasi pemerintah Amerika Serikat bertenor 10 tahun telah menahan harga emas untuk melemah lebih jauh.

Pemicu penguatan USD adalah pernyataan ketua The Fed Jerome Powell pada acara testimoni di Kongres. Dalam pernyataannya, Powell menilai pemulihan ekonomi terjadi lebih cepat dari yang diperkirakan, dan perekonomian Amerika Serikat akan tumbuh dengan signifikan tahun ini.

Statement Powell ini sejalan dengan hasil rapat The Fed yang memproyeksikan pertumbuhan tahun ini + 6.5 %, jauh lebih tinggi dari proyeksi bulan Desember 2020 yang + 4.2 %. Selain itu, lonjakan USD pekan lalu juga didukung oleh naiknya GDP Final Amerika Serikat kuartal keempat 2020 menjadi + 4.3 %, lebih tinggi dari data Preliminary yang + 4.1 %.

Data penting dari Amerika Serikat minggu ini adalah laporan tenaga kerja (Non Farm Payrolls, upah, dan tingkat pengangguran). Survei sentimen trader yang dihimpun oleh Kitco.com beragam.

ANALISA FINDAMENTAL

Menurut analisa fundamental, fokus pasar ke laporan NFP Amerika Serikat untuk bulan Maret. Para ekonom memperkirakan meningkatnya perekrutan karyawan sampai menjadi 500k setelah pada bulan Februari mencapai 379k. The Fed ingin melihat 9.5 juta orang yang menganggur segera kembali bekerja.

Laporan pekerjaan dari ADP untuk bulan Maret, diperkirakan akan lompat ke 400k dan akan menjadi pertanda kearah NFP dan akan membentuk ekspektasi. Sementara, angka PMI manufaktur dari ISM juga akan menjadi pertanda kearah NFP dan kemungkinan akan menunjukkan naiknya aktifitas sektor industri Amerika Serikat.

Meskipun demikian kurangnya likuiditas bisa berdampak yang lebih besar terhadap reaksi pasar sehubungan dengan NFP dirilis pada saat liburan Good Friday.

ANALISA TEKNIKAL

Secara teknikal, Survei sentimen trader yang dihimpun oleh Kitco.com beragam. Sekitar 44 % pemain Wall Street memperkirakan minggu ini harga emas akan bullish, 50 % bearish, dan 6 % lainnya memperkirakan netral atau sideways. Sementara itu, 47 % pemain Main Street memperkirakan bullish, 32 % bearish, dan 22 % netral (sideways).

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1727/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $1741/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1700/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1688/troy ons dan support 3 $ 1664/troy ons.
PT SOLID GOLD

SGB Jakarta / Tulus Rifwandi Gea

About solid gold 2197 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*