PT SOLID GOLD | PERNYATAAN PRESIDEN AMERIKA SERIKAT

PT SOLID GOLD
PT SOLID GOLD

PT SOLID GOLD – HARGA EMAS BERGERAK TERBATAS PASCA PERNYATAAN PRESIDEN AMERIKA SERIKAT DONALD TRUMP

PT SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas mengawali sesi pembukaan perdagangan pada hari Senin (30/Mar). Dengan pergerakan tipis koreksi sebesar 0.23 %. Bergerak di range $ 1609.60 – $ 1635.30/troy ons seiring keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Untuk memperpanjang masa Social Distancing hingga 30 April, gagal mendapatkan antusiasme pasar.

Sebelumnya, Trump sempat mengatakan bahwa dirinya akan mengizinkan warga Amerika Serikat untuk kembali bekerja pasca karantina mandiri setelah Paskah tahun ini (12 April). Akan tetapi, kebijakan tersebut ternyata tak didukung oleh para penasihatnya, sehingga ia pun memperpanjang masa karantina masyarakat demi
memutus penyebaran virus Corona tersebut. Merasa sempat mengambil keputusan yang tidak populer, Trump berdalih bahwa wacana Back to Work pasca Paskah yang diutarakannya kemarin hanyalah sebuah aspirasi.

Sebagai informasi, Amerika Serikat kini menggantikan China sebagai negara dengan konfirmasi kasus Covid-19 terbanyak di dunia. Lebih dari 143,000 kasus muncul dan terus meningkat. Data-data ekonomi Amerika Serikat pun mulai melambat. Akhir pekan lalu, Indeks Manufaktur versi The Fed Dallas dilaporkan anjlok hingga -70 pada bulan Maret.

Dalam pernyataan terbarunya, Presiden As Donald Trump juga menambahkan bahwa langkah-langkah pencegahan penyebaran Covid-19 diperpanjang hingga 30 April. Ia memprediksi jika puncak angka kematian yang diakibatkan oleh virus Corona akan terjadi setidaknya hingga dua pekan ke depan.

Menurut analisa pergerakan harga emas dalam jangka panjang masih berpotensi bergerak tinggi, mengingat suku bunga bank-bank sentral dunia yang sangat rendah, serta data-data ekonomi yang mengecewakan akibat dampak virus Corona. Penurunan terbatas harga emas pada hari ini hanya disebabkan oleh pasar ekuitas dan kenaikan Indeks Dolar AS (DXY) secara teknikal.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS (XAUUSD)

Menurut analisa fundamental, Pekan ini pergerakan harga emas masih akan dipengaruhi oleh perkembangan wabah Covid-19. Data penting dari Amerika Serikat yang akan menjadi fokus adalah Jobless Claims dan Non Farm Payrolls (NFP) Amerika Serikat bulan Maret. Jobless Claims diperkirakan bisa lebih tinggi dari minggu sebelumnya, sementara NFP diperkirakan negatif.

Jika tidak terjadi aksi jual masif di pasar saham yang menyebabkan para investor mengalami margin call, harga emas diperkirakan masih akan menguat.

Disisi lain, Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Tiongkok, Xi JinPing akan melakukan pembahasan via telepon pada pagi ini, bila hasil pembicaraan bernada positif berpotensi tekan harga emas turun.

Kedua kepala negara tersebut berencana membahas wabah Corona dan kemungkinan kesepakatan dagang kedua negara selanjutnya. Walau Tiongkok telah mengalami
guncangan wabah Corona, mereka masih mencoba memenuhi perjanjian dagang tahap pertama yang sudah disepakati Januari lalu. Hal yang mendongkrak optimisme
pasar bahwa perekonomian Tiongkok dapat segera pulih dari imbas negatif wabah Corona yang telah menjangkiti negara tersebut sejak November 2019 lalu.

ANALISA TEKNIKAL EMAS ( XAU USD )

Menurut analisa teknikal, Harga emas dapat melanjutkan relly kenaikan jika harga dapat bergerak dan bertahan diatas level Psikologis $1600/troy ons. Akan tetapi, Jika harga emas kembali bergerak dibawal level psikologis $ 1600/troy ons, maka harga emas dapat koreksi kembali ke level psikologis $ 1500/troy ons.

Data dan peristiwa penting yang akan menjadi perhatian pasar minggu ini adalah kepercayaan konsumen Amerika Serikat, perubahan tenaga kerja Non-pertanian Amerika Serikat, indeks manajer pembelian manufacturing ISM AS dan yang paling difokusin yaitu rilis data NFP Amerika Serikat.

Minggu ini, harga emas diperkirakan bergerak di range $ 1672 – $ 1585/troy ons Jika harga emas dapat menembus resistance 1 $ 1650/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan kenaikan kembali ke resistance 2 $ 1672/troy ons Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1606/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 $ 1585/troy ons dan support 3 $ 1557/troy ons.
PT SOLID GOLD

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2085 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*