PT SOLID GOLD | PROSPEK INFLASI AMERIKA

PT SOLID GOLD
PT SOLID GOLD

PT SOLID GOLD – HARGA EMAS MENGAWALI PEKAN INI DENGAN CATATAN POSITIF DITENGAH PROSPEK INFLASI AMERIKA SERIKAT YANG TINGGI

PT SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas masih mempertahankan reli penguatan diawal sesi perdagangan pada pekan ini, Senin (10/Mei) naik hingga 0.24 % atau mencapai level $ 1845.45/troy ons seiring meningkatnya ekspektasi akan inflasi yang mempercepat pergerakan naik dari emas. Sekarang harga emas mulai menembus batas resistance kunci dengan para “bargain hunter” mulai masuk. Ada orang-orang yang membeli komoditi untuk jangka panjang karena keprihatinan akan inflasi. Level kritikal berikutnya bagi emas untuk dilewati adalah $ 1,851 per ons.

Mobilitas publik yang berangsur membaik di tengah kondisi likuiditas yang berlimpah membuat banyak pihak mulai berpikir inflasi akan datang. Negara anggota G20 juga sudah mulai menunjukkan adanya kenaikan inflasi. Hal ini terlihat jelas bahwa 16 dari 18 negara anggota G20 mencatatkan kenaikan inflasi pada Maret tahun ini dibanding akhir tahun lalu. Hal ini, mendorong banyak investor memburu aset safe haven emas yang sudah teruji berabad-abad lamanya sebagai lindung nilai (hedging).

Pasokan yang cenderung stabil dan nilai historisnya membuat emas dijadikan aset untuk lindung nilai meskipun tidak memberikan imbal hasil apapun. Kombinasi aspek teknikal, sentimen dan fundamental ini membuat analis dan investor kompak meramal harga emas bakal bullish minggu ini.

Survei yang dilakukan oleh Kitco News terhadap 16 analis Wall Street menunjukkan bahwa 88% di antaranya meyakini harga emas bisa naik minggu depan. Sementara itu poling yang digalang dengan target responden investor ritel oleh Kitco menunjukkan bahwa persepsi bullish terhadap emas minggu depan juga tak terlalu jauh. Well, itulah 3 amunisi utama untuk menguat minggu ini dan dalam beberapa waktu ke depan. Jadi kali ini giliran emas yang berpesta bukan dollar Amerika Serikat.

ANALISA FUNDAMENTAL

Menurut Analisa fundamental, Pekan ini pelaku pasar akan memantau rilis data inflasi. Investor khawatir bahwa bank sentral Amerika Serikat (The Fed) bakal dipaksa untuk mengubah kebijakan uang longgarnya menjadi lebih ketat, demi mengendalikan inflasi yang bisa membahayakan pemulihan ekonomi nanti.

Klaim pengangguran pada hari Kamis kemungkinan akan terus melanjutkan penurunannya,
menunjukkan bahwa saat ini sedang berlangsung perekrutan dengan kecepatan yang penuh, setelah turun dibawah 500k pada minggu lalu.

Data retail sales untuk bulan April juga akan bisa menggoyang pasar. Angka belanja melompat ke 9.8 % pada bulan Maret, yang disebabkan Sebagian besar oleh karena dibagikannya cek stimulus.

Apakah tren ini akan berlangsung sampai ke bulan April ? Diperkirakan angka bulan April turun sedikit menjadi 0.8 %. Terakhir adalah angka pendahuluan dari Consumer Sentiment Index untuk bulan Mei dari Universitas Michigan yang akan bisa memberikan pandangan yang lebih terkini dari pesta belanja orang Amerika Serikat.

ANALISA TEKNIKAL

Secara teknikal, Harga emas mengalami kenaikan yang pesat sejak akhir Maret. Harga emas cenderung uptrend dan sekarang sudah tembus ke atas rata-rata pergerakan harga 100
hariannya. Secara teknikal tentu saja ini kabar bagus bagi emas karena peluang penguatan lebih lanjut menjadi terbuka lebar.

Awal Mei merupakan awal yang bagus untuk emas. Harga emas kembali tembus US $ 1.800/troy ons pada Kamis minggu lalu. Emas berhasil naik 3,5 % sepanjang pekan lalu.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1841/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1855/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1813/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1800/troy ons dan support 3 $ 1784/troy ons.
PT SOLID GOLD

SGB Jakarta / Tulus Rifwandi Gea

About solid gold 2233 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*