PT SOLID GOLD | RELI PENGUATAN JELANG MEETING FOMC

PT SOLID GOLD
PT SOLID GOLD

PT SOLID GOLD – HARGA EMAS MEMPERTAHANKAN RELI PENGUATAN JELANG MEETING FOMC

PT SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas bergerak stabil diatas level psikologis $ 1700/troy ons di awal sesi pembukaan perdagangan pada hari Senin (15/Maret) jelang pertemuan bank sentral Amerika Serikat (Federal Reserve/The Fed) yang diprediksi berujung pada revisi proyeksi pertumbuhan ekonomi menjadi lebih tinggi.

Komite Pasar Terbuka Federal (Meeting FOMC) dijadwalkan menggelar rapat pada 16 dan 17 Maret dengan agenda penentuan suku bunga acuan. Menyusul pengesahan stimulus fiskal senilai US $ 1,9 triliun, termasuk di antaranya bantuan langsung tunai (BLT) senilai $ 1.400 ke warga Amerika Serikat, The Fed diprediksi akan lebih optimistis akan prospek ekonomi dan menaikkan target pertumbuhan ekonomi 2021. Pasar obligasi akan memantau hasil kebijakan The Fed tersebut, dengan berekspektasi akan ada kenaikan suku bunga acuan. Imbal hasil (yield) obligasi acuan sejauh ini telah naik lebih dulu, dan terakhir pada Jumat menyentuh level 1,642 %.

Disisi lain, pelaku pasar mulai mengantisipasi adanya inflasi yang tinggi di masa depan akibat kebijakan makro yang akomodatif. Otoritas fiskal terutama Amerika Serikat masih menggelontorkan stimulus bernilai triliunan dollar Amerika Serikat sementara bank sentral masih menahan suku bunga di kisaran nol persen dan bakal melanjutkan pembelian aset keuangan senilai ratusan miliar dolar per bulan.

Selain itu, sentimen untuk emas pekan ini juga relatif lebih baik. Dengan ditandatangani paket stimulus fiskal ini nantinya apabila dana tersebut sudah cair tentu saja akan meningkatkan likuiditas pasar dan menyebabkan jumlah dollar beredar meningkat sehingga nilainya akan turun. Hal ini tentu saja akan menguntungkan aset-aset yang dihargai dengan dolar salah satunya tentu saja adalah emas. Dengan ditandatanganinya stimulus ini, harga emas di arena spot perlahan menanjak bahkan harga emas sempat menanjak 2 % lebih pada perdagangan pekan lalu.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS

Menurut analisa fundamental, laporan rilis data Retail Sales Amerika Serikat bulan Februari 2021 berdampak tinggi pada USD. Penjualan di tingkat retailer adalah indikator awal bagi kepercayaan konsumen, permintaan dan pengeluaran konsumen yang menunjukkan aktivitas ekonomi secara keseluruhan, yang pada akhirnya akan mempengaruhi pertumbuhan.

Ada dua rilis, penjualan retail inti yang tidak termasuk otomotif (Core Retail Sales atau Retail Sales Ex Autos), dan penjualan retail total atau disebut juga Advance Retail Sales, masing-masing untuk data perubahan bulanan (month over month atau m/m) dan data tahunan (year over year atau y/y).

Penjualan retail bulanan lebih berdampak. Untuk bulan Februari 2021 diperkirakan Advance Retail Sales m/m akan turun 0.5 % (atau -0.5 %), dan Core Retail Sales m/m akan naik 0.2 %, sementara Advance Retail Sales y/y diperkirakan naik 5.5 %. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan USD menguat.

Disisi lain, faktor utama yang akan mempengaruhi emas masih pada pergerakan yield obligasi Amerika Serikat 10 tahun. Disamping itu, hasil FOMC meeting yang akan disertai dengan proyeksi ekonomi dan konferensi pers ketua The Fed Jerome Powell juga menjadi katalis utama penggerak pasar.

ANALISA TEKNIKAL EMAS

Secara teknikal, berdasarkan survei yang dilakukan oleh Kitco, baik analis Wall Street maupun responden di Main Street kompak meramal harga emas bakal naik minggu ini. Pekan ini, 16 analis berpartisipasi dalam survei tersebut. Sebanyak 6 responden atau 38 % meramal harga emas naik. Sementara itu, analis yang bearish dan netral jumlahnya sama yaitu lima orang atau 31% dari total responden.

Beralih ke Main Street, ada 1611 responden yang berpartisipasi dalam survei online. Di antara mereka, 1003 orang atau 62 %, mengatakan mereka bullish pada emas minggu ini. Sebanyak 364 peserta lainnya atau 23 % mengatakan mereka bearish, sementara 244 pemilih atau 15% netral pada logam mulia.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1727/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1741/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1700/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1688/troy ons dan support 3 $ 1664/troy ons.
PT SOLID GOLD

SGB Jakarta/Tulus Rifwandi Gea

About solid gold 2197 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*