PT SOLID GOLD | RENCANA PELONGGARAN AKTIVITAS

PT SOLID GOLD – HARGA EMAS MELEMAH, PASAR MERESPON BAIK RENCANA PELONGGARAN AKTIVITAS

PT SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas melemah diawal sesi pembukaan perdagangan Senin (27/Apr) turun 0.7 % ke level $ 1705.00/troy ons, akibat sentimen investor yang beralih ke minat risiko, seiring melambatnya kasus Corona. Namun, meski harga emas merosot hampir satu persen, pelemahan harga emas masih terbatas seiring kebijakan stimulus ekonomi.

Melambatnya kasus baru Covid-19, akan berdampak pada turunnya permintaan safe haven. Beberapa negara Eropa, dan beberapa negara bagian Amerika Serikat, memulai atau menguraikan rencana untuk mulai mengangkat lockdown yang diberlakukan untuk meredam pandemi COVID-19.

Pelaku pasar menyambut positif pengumuman Gubernur New York Andrew Cuomo yang pada Minggu kemarin menyebutkan bahwa pemerintah akan membuka kembali aktivitas ekonomi. Sektor yang akan dibuka terlebih dahulu adalah konstruksi dan manufaktur. Namun demikian, harus ada protokol social distancing yang dijalankan dan alat pengamanan diri yang cukup. Pemerintah New York melaporkan penurunan jumlah pasien
selama 14 hari terakhir dengan jumlah korban meninggal mendekati level terendah dalam 1 bulan.

Akan tetapi, sebagian para investor juga sangsi jika perekonomian bisa melejit dengan cepat begitu lockdown disudahi. Hal ini, masih membatasi harga emas untuk melanjutkan pelemahan. Selain itu, Selain itu, Yield-yield obligasi US Treasury naik di sesi pembukaan pasar hari ini, sehingga menekan harga emas turun.

Akan tetapi, latar belakang makro umumnya masih mendukung bullish emas dalam jangka pendek. Minggu ini akan diadakan pertemuan 3 bank sentral utama, yaitu The Fed (FOMC), BoJ, dan ECB. Ketiganya diperkirakan masih akan mempertahankan suku bunga, tapi berpeluang menambah stimulus. BoJ misalnya, diperkirakan akan melakukan pembelian obligasi dalam jumlah yang cukup besar. Fokus pasar akan tertuju pada konferensi pers ketua The Fed Jerome Powell, terutama mengenai pertumbuhan ekonomi dan waktu untuk recovery pasca pandemi Covid-19.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS (XAU USD)

Menurut analisa fundamental, Potensi volatilitas pasar kemungkinan masih akan cukup besar untuk pekan ini, khususnya di sektor komoditas seperti emas yang bergerak cukup liar akhir-akhir ini.

Headline News Pekan ini :

  • Rapat Komite Pengambilan Kebijakan Bank Sentral Amerika Serikat ( Komite Pasar Terbuka Federal / FOMC) pada 29 April waktu Washington untuk menentukan suku bunga acuan.
  • Selain suku bunga, menarik juga untuk melihat apakah ada Federal Reserve / The Fed akan menggulirkan stimulus lanjutan. Pada 9 April lalu, The Fed mengumumkan akan menyediakan fasilitas pinjaman untuk usaha mikro, kecil, dan menengah serta pemerintah negara bagian yang membutuhkan. Paket stimulus itu bernilai US $ 2,3 miliar.
  • Rilis data yang dinanti oleh pelaku pasar yaitu Indeks Manajer Pembelian (PMI) yang memberikan penilaian aktivitas ekonomi pada masa mendatang yang terkait dengan pembelian bahan baku pada saat ini.
  • Beberapa bank sentral utama dunia akan mengadakan pertemuan pada minggu ini, dengan Bank of Japan telah memulainya melonggarkan kebijakan moneternya lebih
    lanjut.

ANALISA TEKNIKAL EMAS ( XAU USD )

Menurut analisa teknikal, Harga emas dapat melanjutkan relly kenaikan jika harga dapat bergerak dan bertahan diatas level Psikologis $1700/troy ons. Akan tetapi, Jika harga emas kembali bergerak dibawal level psikologis $1700/troy ons, maka harga emas dapat koreksi kembali ke level psikologis $1686/troy ons.

Minggu ini akan diadakan pertemuan 3 bank sentral utama, yaitu The Fed (FOMC), BoJ, dan ECB. Ketiganya diperkirakan masih akan mempertahankan suku bunga, tapi berpeluang menambah stimulus. Fokus pasar akan tertuju pada konferensi pers ketua The Fed Jerome Powell, terutama mengenai pertumbuhan ekonomi dan waktu untuk recovery pasca pandemi Covid-19.

Minggu ini, harga emas diperkirakan bergerak di range $ 1743 – $ 1686/troy ons. Jika, harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1728/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1743/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $1700/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1686/troy ons.
PT SOLID GOLD

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2041 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*