PT SOLID GOLD | SENTIMEN GLOBAL YANG SEMAKIN MELUAS

PT SOLID GOLD
PT SOLID GOLD

PT SOLID GOLD – HARGA EMAS MENGUAT KE LEVEL TERTINGGI 8 TAHUN TERAKHIR DITENGAH SENTIMEN GLOBAL YANG SEMAKIN MELUAS

PT SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas pada hari senin pagi (09/Mar) mengawali sesi pembukaan perdagangan dengan open GAP (loncatan harga). Dari harga close pada hari jumat $ 1665.60/troy ons, open ke level $ 1697.95/troy ons pada hari senin. Dan melanjutkan kenaikan sebesar 1.7 % ke level tertinggi 8 tahun terakhir 2012 yaitu di level $ 1703.15/troy ons.

Kenaikan harga emas di sebabkan oleh penurunan di dalam imbal hasil ini terjadi di tengah eksodus para pelaku pasar saham. Karena terganggunya bisnis di seluruh dunia yang disebabkan oleh wabah virus Korona. Meningkatkan kekhawatiran di kalangan pelaku pasar akan terjadinya perlambatan ekonomi.

Data virus korona terbaru dari World Healtd Organization (WHO) indikasikan. Setidaknya ada 95.270 kasus virus diseluruh dunia dan untuk yang meninggal setidaknya berjumlah 3.280 jiwa.

Kekhawatiran ini masih berlangsung meskipun sudah adanya tindakan darurat pertama dari Federal Reserve Amerika Serikat. Yang memangkas suku bunga acuan sebesar 50 basis poin sejak krisis keuangan di awal pekan lalu.  Dan faktanya adalah para anggota parlemen Amerika Serikat menyetujui dana belanja darurat hampir $ 8 miliar untuk memerangi wabah tersebut.

Sementara itu Washington Post baru-baru ini mengeluarkan berita bahwa sejumlah pejabat Gedung Putih. Secara pribadi yakin bahwa jumlah kasus virus Korona di Amerika Serikat akan berlipat dalam 48 jam kedepan.

Akan tetapi, rally kenaikan harga emas tidak lama setelah menyentuh harga tertinggi 8 tahun terakhir $ 1703.15/troy ons. Seiring kebentur dengan aksi profit taking oleh para pekalu pasar sehingga harga emas kembali turun ke harga normal pekan lalu. Yaitu di level $ 1675.60/troy ons.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS ( XAU USD )

Menurut analisa fundamental, Isu pandemi virus corona ini masih akan terus mewarnai pergerakan pasar pada minggu ini,. Dengan risiko pelambatan ekonomi global, yang membuat investor semakin berhati-hati.

Disisi lain, The Fed secara tidak terduga memangkas suku bunga acuannya 50 basis poin. Sehingga para investor global cenderung memilih asset safe haven seperti emas.

Untuk indikator ekonomi global, pada pekan mendatang ini akan diwarnai sejumlah data ekonomi penting. Secara umum sejumlah agenda rilis data ekonomi global yang kiranya perlu diperhatikan investor minggu ini, adalah:

  • Dari kawasan Amerika: berupa rilis data Core CPI m/m, Crude Oil Inventories pada Rabu malam; disambung dengan rilis Core PPI m/m pada Kamis malam; berikutnya data Prelim UoM Consumer Sentiment pada Jumat malam.
  • Dari kawasan Eropa dan Inggris: berupa rilis data Annual Budget Release Inggris pada Rabu sore; diikuti dengan rilis pengumuman ECB Main Refinancing Rate pada Kamis malam yang diperkirakan bertahan di level rendah 0.00 %.
  • Dari kawasan Asia Australia: berupa rilis data Trade Balance China pada Senin pagi.

ANALISA TEKNIKAL EMAS ( XAU USD )

Menurut analisa teknikal, Harga emas saat ini sedang menguji kembali reistance 1 $ 1683/troy ons. Sebagai konfirmasi kembali kenaikan harga emas. Akan tetapi, Jika harga emas bertahan dibawah level pivot point $ 1655/troy ons. Maka harga emas dapat mengalami koreksi kembali di level support 1 $ 1642/troy ons.

Fokus pelaku pasar masih pada dampak virus corona terhadap pertumbuhan ekonomi, yang menyebabkan bank-bank sentral dunia memangkas suku bunga. Meski data tenaga kerja Amerika Serikat membaik, diperkirakan tidak akan berpengaruh pada FOMC meeting tanggal 18-19 nanti. Sebagian analis malah memperkirakan The Fed akan memotong suku bunga lagi.

Minggu ini emas diperkirakan bergerak di range $ 1655 – $ 1683/troy ons. Jika harga emas dapat menembus resistance 1 $ 1685. Maka harga emas dapat melanjutkan kenaikan kembali ke resistance 2 $ 1697 sebagai level tertinggi 2013.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1655/troy ons. Maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 $ 1642/troy ons dan support 3 $ 1628/troy ons .
PT SOLID GOLD

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2107 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*