PT SOLID GOLD | SETELAH MENGALAMI TEKANAN TAJAM

PT SOLID GOLD
PT SOLID GOLD

PT SOLID GOLD – HARGA EMAS MERAIH PENGUATAN KEMBALI SETELAH MENGALAMI TEKANAN TAJAM

PT SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas mengawali sesi pembukaan perdagangan pada hari Senin (08/Juni) naik 0.77 % mencapai level psikologis $ 1700.70/troy ons setelah mengalami tekanan karena naiknya minat terhadap resiko dari para trader dan investor belakangan ini yang telah membuat uang mengalir ke pasar saham.

Harga emas global juga dalam tren positif di tengah pertumbuhan ekonomi global yang diprediksi menuju jurang resesi terhadap potensi perang militer antara Amerika Serikat – Cina. Fakta ini membuktikan bahwa harga emas diawal pekan kembali menguat.

Sementara itu, BNP Paribas pernah memproyeksikan perihal waktu yang terbaik untuk harga emas di triwulan kedua (Q2) bertentangan antara April-Juni 2020, seperti dikutip dari Kitco.com pada April lalu. Jika dihitung dari level terendah ke level tertinggi tahun 2020, terjadi selisih sebesar US $ 279,18 atau naik 18,99 %. Secara teknikal, kompilasi terjadi tren penguatan yang signifikan, maka koreksi yang sebesar 20 % dianggap wajar.

Analis lainnya juga mengatakan, “dari sudut pandang jangka panjang, emas masih akan tetap menjadi aset yang terkait dengan suku bunga saat ini rendah dan pandemic virus corona yang mendukung perlambatan global akan mendukung reli harga emas terus berlanjut,” kata Sugandha Sachdeva, Wakil Presiden, logam, energi dan penelitian mata uang, di Religare Broking Ltd.

Selain itu, kebijakan moneter bank sentral (termasuk bank sentral Amerika Serikat, The Fed) juga menyediakan pelonggaran kuantitatif (QE) dengan membeli aset-aset keuangan berbasis finansial juga merupakan penurunan dalam bentuk imbal hasil (imbal hasil persetujuan) yang menghasilkan emas menjadi lebih menarik di mata investor.

“Penguatan emas yang terjadi karena kelonggaran moneter ini pada akhirnya harus dilunasi dan mungkin akan dibayar dengan uang yang lebih tinggi,” kata Tai Wong, Kepala Perdagangan Derivatif untuk Logam Dasar dan Logam Mulia di BMO, melansir Reuters.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS ( XAUUSD )

Menurut analisa fundamental, Harga emas berjangka kembali menguat, memulihkan sekitar setengah dari penurunan pasca kehilangan di sesi sebelumnya di tengah harapan bahwa bank sentral akan melanjutkan langkah-langkah stimulus untuk mendukung ekonomi. Federal Reserve Amerika Serikat akan membuat pernyataan tentang kebijakan moneternya pada hari Rabu.

Dari sudut pandang jangka panjang, emas masih akan tetap menjadi aset yang terkait dengan suku bunga saat ini rendah dan pandemic virus corona yang mendukung perlambatan global akan mendukung reli harga emas terus berlanjut.

Selain itu, kebijakan moneter bank sentral (termasuk bank sentral Amerika Serikat, The Fed) juga menyediakan pelonggaran kuantitatif (QE) dengan membeli aset-aset keuangan berbasis finansial juga merupakan penurunan dalam bentuk imbal hasil (imbal hasil persetujuan) yang menghasilkan emas menjadi lebih menarik di mata investor.

Fokus utama pelaku pasar minggu ini adalah keputusan tingkat bunga dari Federal Reserve Amerika Serikat. Kemungkinan tetap akan mempertahankan tingkat bunga tidak berubah dan menolak tekanan untuk tingkat bunga negatif. Apabila the Fed memberikan outlook ekonomi yang tidak terlalu buruk, hal ini akan membebani dollar Amerika Serikat dan sebaliknya.

ANALISA TEKNIKAL EMAS ( XAUUSD )

Menurut analisa teknikal, Harga emas masih berada dalam up trend (bullish) dari pertengahan bulan maret 2020 hingga saat ini. Harga emas masih dapat melanjutkan penguatan dalam jangka panjang, sedangkan dalam jangka pendek harga emas masih berpotensi koreksi setelah mengalami kenaikan yang cukup signifikan hingga harga tertinggi 8 tahun terakhir.

Jika dihitung dari level terendah ke level tertinggi tahun 2020, terjadi selisih sebesar US $ 279,18 atau naik 18,99%. Secara teknikal, kompilasi terjadi tren penguatan yang signifikan, maka koreksi yang sebesar 20 % dianggap wajar.

Minggu ini, harga emas diperkirakan bergerak di range $ 1657 – $ 1728/troy ons. Jika, harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1703/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $1714/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $1681/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $1671/troy ons dan support 3 $ 1657/troy ons.
PT SOLID GOLD

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2085 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*