PT SOLID GOLD | TREN BULLISH DI AWAL PERDAGANGAN

PT SOLID GOLD
PT SOLID GOLD

PT SOLID GOLD – HARGA EMAS MASIH BERADA DALAM TREN BULLISH DI AWAL PERDAGANGAN

PT SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas masih berada di zona hijau diawal sesi pembukaan perdagangan kemarin. Senin (24/Mei) naik tipis sebesar 0.21 % atau mencapai level $ 1887.10/troy ons sebeslum tutup di level $ 1882.45/troy ons. Indeks Dollar Amerika Serikat yang turun. Dan cenderung terkonsolidasi berpadu dengan pelemahan yield obligasi US Treasury, menghasilkan energi bagi bullish emas.

Saat berita ini ditulis, Indeks Dollar Amerika Serikat diperdagangkan di 89.90, terkonsolidasi di kisaran level rendah sejak 18 Mei. Sedangkan yield obligasi US Treasury 10-tahunan turun 0.024 poin ke 1.608 %. Penurunan Dollar Amerika Serikat dan yield obligasi sedang memainkan peran dalam meningkatkan daya tarik emas. Namun, kenaikan harga emas saat ini sebenarnya terbilang tipis karena pasar ekuitas juga tengah menguat.

Para investor menantikan pidato para pejabat The Fed minggu ini, dengan ekspektasi mendapatkan petunjuk soal kebijakan moneter The Fed. Salah seorang yang baru saja menyampaikan pidato adalah Gubernur Lael Brainard.Komentar Brainard tadi malam tidak berhubungan dengan kebijakan moneter. Terlepas dari pernyataan Brainard. Sebagian analis berpendapat bahwa kenaikan harga emas dalam beberapa waktu terakhir ini sedikit banyak juga dipengaruhi oleh kejatuhan harga bitcoin.

Data-data ekonomi penting seperti GDP Amerika Serikat. Klaim Pengangguran dan Durable Goods Orders juga akan dicermati para pelaku pasar pekan ini. Apabila data yang dirilis menunjukkan hasil yang lebih baik daripada ekspektasi secara berkesinambungan, maka kemungkinan harga emas akan bearish. Hal itu karena kemungkinan tapering The Fed (terhadap program pembelian obligasi) akan dilaksanakan lebih cepat daripada lebih lambat.

Sebaliknya, apabila data ekonomi Amerika Serikat lebih buruk daripada ekspektasi. Maka jalan emas untuk naik menuju level psikologis baru di $ 1,900 akan semakin mulus.

ANALISA FUNDAMENTAL

Menurut Analisa fundamental, dari data makro ekonomi. Minggu ini para ekonom memperkirakan update angka GDP Amerika Serikat untuk kuartal pertama. Diupgrade ke 6.5 % per tahun, suatu kecepatan pertumbuhan yang kuat.

Pada hari Kamis, rilis dari data Durable Goods Orders Amerika Serikat untuk bulan April bisa menutupi GDP. Khususnya jika angkanya berdeviasi substansial dari yang diperkirakan.

Diperkirakan ada kenaikan yang moderat. Hari Jumat akan dirilis Fed’s preferred gauge of inflation – the Core Personal Consumption Expenditure (Core PCE). Untuk pertama kalinya sejak tahun 2019, angka ini melewati 2 % per tahun, menyentuh 2.4 %. Apabila naik lebih jauh bisa mendorong naik dollar Amerika Serikat, sementara apabila turun akan mendorong turun Indeks Dollar Amerika Serikat.

Dengan level $ 1,900 berada di horizon, pasar kemungkinan tidak perlu menunggu terlalu lama
untuk melihat level $1,900 ditembus. Outlook emas adalah bullish untuk jangka pendek dan menengah.

ANALISA TEKNIKAL

Secara teknikal, Tren bullish harga emas diramal cenderung berlanjut. Survei Kitco terhadap analis Wall Street maupun investor menunjukkan bahwa setidaknya 70 % dari responden masing-masing kelompok. Meyakini harga emas akan naik minggu ini.

Emas sudah berada di atas $ 1.875/troy ons. Selanjutnya pelaku pasar menanti harga emas bakal melenggang ke level psikologis $ 1.900/troy ons. Dollar Amerika Serikat yang tetap tertekan, yield obligasi Amerika Serikat yang berada di zona merah. Dan inflasi yang mulai meningkat tinggi menjadi bahan bakar emas untuk reli. Banyak analis yang yakin bahwa emas bakal kembali ke level all time high yang sebelumnya disentuh pada Agustus tahun lalu. Di level psikologis $ 2.000/troy ons.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1893/troy ons. Maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1905/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1871/troy ons. Maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2. Di level $ 1860/troy ons dan support 3 $ 1847/troy ons.
PT SOLID GOLD

SGB Jakarta / Tulus Rifwandi Gea

About solid gold 2200 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*