PT SOLID GOLD | VAKSIN DITENGAH LONJAKAN KASUS COVID-19

PT SOLID GOLD
PT SOLID GOLD

PT SOLID GOLD – HATI-HATI! VOLATIL PERGERAKAN HARGA EMAS MASIH TINGGI, INVESTOR MASIH MEMPERTIMBANGKAN VAKSIN DITENGAH LONJAKAN KASUS COVID-19

PT SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas sempat turun tajam diawal sesi perdagangan Amerika Serikat pada hari Senin (16/November) turun hingga -1.23 % ke level $ 1863.75/troy ons seiring datangnya berita dari perusahaan farmasi tentang uji coba vaksin Covid-19. Vaksin Moderna pada Senin pagi mengumumkan hasil yang sangat baik pada uji coba vaksin tahap ketiga, dipandang 94.5 %. Sementara di Amerika Serikat, saat ini ada 11 juta kasus Covid – 19 dan banyak rumah sakit yang sudah penuh atau hampir penuh.

Pelemahan harga emas tidak bertahan lama seiring tingginya kekhawatiran para pelaku pasar terhadap lonjakan kasus Covid-19 di berbagai negara yaitu di Amerika Serikat, Eropa dan Inggris yang kini terancam pembatasan aktivitas kembali (lockdown). Hal tesebut, tentunya berdampak negative terhadap laju pertumbuhan ekonomi dan roda ekonomi terpaksa berhenti kembali.

Sementara itu ahli strategi pasar senior LaSalle Futures Group yaitu Charlie Nedoss meramalkan bahwa harga emas akan cenderung mendekati level psikologis di $ 1.900/troy ons pekan ini. Untuk tahun 2021, Melek meramalkan harga emas bakal sentuh level US $ 2.500/troy ons. Alasannya pemulihan ekonomi masih berjalan lambat, butuh waktu juga untuk melakukan imunisasi masal dengan vaksin Covid-19 yang kini tengah dikembangkan.

Dengan alasan yang sama, bank investasi global Goldman Sachs tetap mempertahankan target harganya untuk tahun 2021 di $ 2.300/troy ons. Selain karena alasan yang dikemukakan oleh Melek tadi, aspek peningkatan permintaan emas fisik di China dan India juga bakal ikut mendorong naiknya harga.

“Permintaan emas China dan India sudah menunjukkan tanda-tanda normalisasi. Premi emas China dan India secara bertahap meningkat dan hampir kembali ke level sebelum Covid. Kemenangan pemilihan Biden dan berita vaksin harus terus mendorong mata uang konsumen E.M. [emerging markets] lebih tinggi karena risiko tarif lebih rendah dan itu mendukung daya beli mereka, “kata para analis.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS (XAUUSD)

Menurut analisa fundamental, Kabar positif vaksin Covid-19 kini bertambah dengan Moderna melaporkan efektivitas vaksin besutannya mencapai level 94 % pada uji coba tahap ketiga. Capaian ini lebih baik dari Pfizer yang vaksinnya memiliki efektivitas 90 %. Saham Moderna pun terbang 11%.

Moderna menyatakan bahwa vaksinnya masih stabil di suhu 36-46 derajat Fahrenheit (2-8 derajat Celcius), yang merupakan suhu standard kulkas penyimpanan vaksin, hingga 30 hari. Jika disimpan di suhu -20 derajat Celcius, vaksin bisa bertahan hingga 6 bulan.

Meski demikian, perkembangan positif tersebut masih dibayangi risiko fundamental terkait penyebaran virus saat ini yang terus meninggi, mengingat vaksin belum tersedia secara masal dalam waktu dekat.

Namun Dan Russo, Kepala Perencana Pasar Chaikin Analytics menilai pasar bisa mengantisipasi kenaikan tersebut. “Investor terlihat lebih fokus memantau kabar vaksin dan mau mengabaikan lonjakan kasus dalam waktu dekat,” tuturnya, sebagaimana dikutip CNBC International.

ANALISA TEKNIKAL EMAS (XAUUSD)

Secara teknikal, Kepala Strategi Global TD Securities Bart Melek menyampaikan bahwa harga emas akan bergerak di rentang US $ 1.850 – US $ 1.930 per troy ons untuk pekan ini, melansir Kitco News.

“Kami telah melihat imbal hasil obligasi pemerintah AS bertenor 10-tahun yang baru-baru ini melonjak telah selesai. Dalam konteks itu emas baik-baik saja, volatilitas telah turun, dan pasar menyadari bahwa itu akan terjadi lebih sama. Kita akan memiliki utang yang sangat besar dan suku bunga yang sangat rendah. Kita akan terus mengkhawatirkan penurunan nilai mata uang, “kata kepala strategi global TD Securities, Bart Melek, kepada Kitco News, Jumat.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1913/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1925/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $1889/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1877/troy ons dan support 3 $ 1865/troy ons.
PT SOLID GOLD

Sumber : SGB JAKARTA (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2106 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*