PT SOLID GOLD | VOLATILITAS CUKUP TINGGI PEKAN INI

PT SOLID GOLD
PT SOLID GOLD

PT SOLID GOLD – WASPADA! HARGA EMAS BERGERAK DENGAN VOLATILITAS YANG CUKUP TINGGI PEKAN INI

PT SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas melanjutkan penguatan pekan lalu, diawal sesi pembukaan perdagangan pada hari Senin (31/Agustus) nauk hingga 0.45 % atau mencapai level $ 1.976.50/troy ons. Harga emas bergerak dengan volatilitas tinggi di pekan ini, turun naiknya dikatakan bisa lebih dari $ 100/hari.

“Kita telah mengalami volatilitas tinggi selama beberapa minggu terakhir dan itu tidak akan berubah. Banyak hal yang jadi pemicunya – valuasi di pasar ekuitas, komentar Ketua Fed pada hari Kamis, pemilihan pada bulan November,” kata direktur perdagangan global Kitco Metals Peter Hug.

Seperti yang sebelumnya komentar ketua The Fed (bank sentral Amerika Serikat) menjadi salah satu pemicu volatilitas tinggi emas. Pada Kamis (27/Agustus/2020) malam pekan lalu, The Fed mengubah pendekatannya terhadap inflasi sasaran.

Before The Fed inflasi target inflasi sebesar 2 %, ketika sudah mendekatinya maka bank sentral paling kuat di dunia ini akan menormalisasi suku bunganya, alias mulai menaikkan suku bunga.

Kini The Fed menerapkan “target inflasi rata-rata” yang artinya The Fed akan membiarkan inflasi naik lebih tinggi di atas 2 % “secara moderat” dalam “beberapa waktu”. Dengan “inflasi target rata-rata” Powell memberi tenaga pada suku bunga rendah dapat memberikan lebih lama lagi, guna membantu yang mengalami resesi akibat pandemi Covid-19. Pernyataan Powell sempat membuat harga emas berayun liar.

Namun kembali anjloknya indeks dollar yang mencerminkan posisi greenback di hadapan mata uang lain serta turunnya imbal hasil (yield) obligasi pemerintah Amerika Serikat tenor 10 tahun menjadi sentimen positif bagi emas.

Emas yang diyakini sebagai aset safe haven dan memiliki karakteristik lindung nilai (hedging) serta preservasi kekayaan dan punya store of value akhirnya ditutup menguat 1,29 % minggu lalu merespons adanya ancaman inflasi yang tinggi di masa mendatang.

Pelemahan dollar disertai dengan penurunan harga emas membuat logam kuning tersebut menjadi semakin murah dan kembali dilirik oleh investor. Apalagi dengan opportunity cost emas yang rendah melihat suku bunga riil yang masih tetap rendah.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS (XAUUSD)

Menurut analisa fundamental, Para investor saat ini masih melihat fundamental emas untuk jangka panjang masih menarik. Baru-baru ini, survei yang diluncurkan oleh Kitco memperkirakan harga emas akan berpotensi menguat (bullish) di minggu ini.

Sebanyak 80 % dari 15 profesional di Wall Street yang berpartisipasi dalam survei tersebut memprediksi harga emas bakal naik minggu ini. Sementara 20 % sisanya netral.

Sorotan pada minggu ini adalah laporan Non-Farm Payrolls (NFP) untuk bulan Agustus yang diproyeksikan akan menunjukkan restorasi dalam pekerjaan yang berkelanjutan, meskipun dengan kecepatan yang melambat daripada bulan Juli dengan penambahan pekerjaan mendekati 1,8 juta. Tingkat pengangguran diproyeksikan turun pas dibawah 10%.

ISM PMI Manufaktur Amerika Serikat diproyeksikan akan terus mengalami ekspansi dengan angka diatas dari 50. ISM PMI Non-manufaktur Amerika Serikat juga diperkirakan akan mengalami hal yang sama. Data lainnya yang menjadi perhatian adalah order faktori, laporan pekerjaan sektor swasta dari ADP Amerika Serikat dan klaim pengangguran Amerika Serikat.

ANALISA TEKNIKAL EMAS (XAUUSD)

Secara teknikal, Hasil serupa juga ditunjukkan oleh Kitco yang melakukan interview kepada 2.375 responden Main Street. Dari total responden yang berpartisipasi tersebut sebanyak 57 % nya memandang bullish harga emas. Wall Street dan Main Street kompak kemungkinan besar harga emas bakal kembali menunjukkan pola pergerakan volatilnya.

Harga emas pekan ini diperkirakan berpotensi untuk kembali menyentuh level psikologis $2.000/troy ons. Namun masih tetap ada satu catatan, yaitu adanya volatilitas yang cukup tinggi di pasar komoditi emas.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1981/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 2000/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1944/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di
level $ 1926/troy ons dan support 3 $ 1908/troy ons.
PT SOLID GOLD

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2086 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*