solid-goldberjangka.com – Tanpa terasa, beberapa hari lagi umat muslim di seluruh dunia akna menjalani ibadah puasa. Tapi selain kewajiban beribadah, penelitian menunjukkan bahwa puasa memiliki banyak manfaat kesehatan. Makanya, jangan heran bila semua orang ingin berpuasa.

Seperti disampaikan Ahli Gizi yang juga Ketua Indonesian Hydration Working Group (IHWG), Dr. dr. Saptawati Bardosono M, Sc bahwa puasa memiliki banyak manfaat kesehatan. Seperti misalnya menurunkan kerja jantung, dan bagi orang yang mengalami hipertensi, ini adalah waktu yang tepat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

“Ketika puasa, sel-sel kita akan dikondisikan untuk lebih kuat dan akan tumbuh sel-sel otak baru sehingga nggak gambang tulalit,” kata Saptawati saat ditemui di acara diskusi kesehatan Puasa Sehat Bersama Aqua di Hotel Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta, Rabu (25/6/2014).

Selain itu, lanjut Saptawati, perubahan metabolik juga akan terjadi bila kita puasa. Sehingga saat puasa, tubuh akan lebih kebal terhadap serangan penyakit.
Kata tulalit diasosiasikan dengan istilah ‘bolot’ atau terlambat berpikir, dan sering dipakai untuk menyebut orang-orang yang kerap tidak nyambung saat diskusi atau ngobrol.

(liputan6.com)