ASI Bisa Jadi Obat Alami Untuk 5 Kondisi Ini – Solid Berjangka

SOLID BERJANGKA JAKARTA – Air susu ibu atau ASI adalah cairan ajaib. Sangat banyak manfaat yang bisa didapatkan bayi dari minum ASI, salah satunya adalah meningkatkan daya tahan tubuh dan imunitas.

Namun ternyata, ASI tak hanya digunakan sebagai sumber nutrisi. Selama berabad-abad, para ibu dari berbagai penjuru dunia telah menggunakan ASInya untuk berbagai bentuk obat rumahan.

Beberapa ibu bahkan menggunakan ASI mereka untuk facial. Yang perlu anda lakukan hanyalah memerah ASI, lalu membalurkannya ke kulit wajah.

Para ibu yang melakukan hal ini mengatakan, ASI membuat kulit mereka lebih halus, lembut, dan membersihkan jerawat serta sisa-sisanya.

Namun, menggunakan ASI sebagai obat rumahan tentunya tak bisa sembarangan. Apalagi jika anda menggunakannya untuk menyembuhkan gangguan mata dan telinga pada bayi.

Membahas hal ini, seorang dokter anak, Dr. Arjun Gaikwad dari India kemudian menekankan, ASI sangatlah aman jika digunakan sebagai obat-obat rumahan tertentu.

“ASI kaya akan antibodi, inilah kenapa menyusui merupakan cara terbaik untuk membangun imunitas bayi,” jelasnya Dr. Arjun.

Setelah keamanan bayi sebagai obat rumahan sudah dipastikan, berikut beberapa cara yang bisa anda terapkan untuk menggunakan ASI sebagai obat, Berikut ini adalah penyakit yang bisa diobati dengan ASI :

Infeksi mata

Bayi yang baru lahir bisa menderita infeksi mata, atau mata lengket karena cairan mata. Anda bisa menggunakan kapas yang sudah direndam dalam ASI, dan kemudian sapukan secara lembut pada mata bayi untuk membersihkan kotoran yang ada. Dan juga, jika mata bayi anda merah, anda bisa meneteskan setetes ASI pada matanya.

Ruam

ASI dikenal bisa menenangkan dan menyembuhkan ruam dengan cepat.

Jerawat bayi

Enam sampai delapan minggu setelah dilahirkan, jerawat bayi biasanya bermunculan, yang biasanya akan bersih dengan sendirinya.

Namun, jika bayi anda sepertinya merasa gatal atau jerawat membuat kulitnya dan bersisik, anda bisa mengoleskan ASI ke tubuhnya.

Infeksi telinga

Bayi yang berusia 6-8 bulan rentan terkena infeksi telinga. Jika bayi anda terus menangis sambil menggosok telinganya, kemungkinan dia menderita infeksi telinga.

Setelah berkonsultasi dengan dokter, anda bisa meneteskan setetes ASI ke telinga yang terinfeksi untuk menghilangkan infeksinya.

Kulit kering

Beberapa bayi memiliki kulit yang sangat kering. Cobalah untuk memijat bayi anda menggunakan ASi, yang kemudian diikuti dengan mandi dan minyak kelapa. Kulitnya akan terasa halus dan ternutrisi – SOLID BERJANGKA