Bangun Kebiasaan Baik Lewat Cara Sederhana Ini – Solid Berjangka

SOLID BERJANGKA JAKARTA – Mengubah kebiasaan bukanlah hal yang mudah. Godaan yang ada di luar sana seringkali menggoyahkan niat untuk berubah menjadi yang lebih baik.

Menurut penelitian, butuh waktu kurang lebih tiga bulan untuk mengubah kebiasaan buruk menjadi baik. Kebiasaan buruk tidak selalu tentang perkara besar, namun juga perkara kecil. Misalnya, waktu untuk bangun pagi.

Anda yang terbiasa bangun kesiangan perlu membiasakan diri bangun lebih pagi untuk meningkatkan produktifitas. Sehingga banyak pekerjaan yang dapat diselesaikan. Bagaimana caranya membangun kebiasaan baik :

1. Mulai Dari Mengubah Kebiasaan Kecil

Ingatlah, perubahan tidak harus dimulai dari hal-hal besar saja. Sadar atau tidak, hal-hal kecil yang justru ampuh membawa perubahan yang signifikan dalam diri seseorang.

Kebiasaan kecil yang dilakukan secara rutin akan menjadi sesuatu yang besar yang membawa perubahan besar. Misalnya, mengatur jadwal tidur di malam hari.

Bagi orang insomnia, tidur cepat adalah hal yang mustahil. Karena tipe ini lebih suka tidur tengah malam atau di pagi hari. Jika anda termasuk orang demikian, mulailah untuk mengatur jadwal tidur.

Lakukan kegiatan yang memicu rasa lelah sehingga tubuh meminta untuk istirahat. Lakukan hal ini secara rutin agar anda terbiasa tidur dengan cepat.

2. Buat Hubungan Sebab Akibat

Memikirkan sesuatu secara matang adalah langkah sebelum bertindak. Tujuannya agar anda terhindar dari kecerobohan yang dapat merugikan diri sendiri.

Oleh sebab itu, pertimbangkan sebab akibat dari apa yang hendak dilakukan. Pikirkan yang menjadi penyebab suatu masalah dan ketahui akibatnya.

Tanpa hubungan sebab akibat yang jelas, maka akan sulit untuk berubah. Anda pun bisa jauh dari tujuan yang telah ditetapkan di awal.

Misalnya, “saya butuh makan karena saya lapar. Kalau saya tidak makan, maka saya akan kelaparan”. Intinya selalu ketahui apa penyebab anda melakukan tindakan.

3. Bergabung Di Lingkungan Berbeda

Sifat buruk akan selalu ada jika anda berada di lingkungan yang sama seumur hidup. Bila benar-benar ingin berubah, cobalah untuk berpindah atau bergabung di lingkungan baru.

Hal ini mampu mengubah mindset anda, apalagi jika lingkungan tersebut positif. Bergabung di lingkungan baru akan mengharuskan anda untuk out of the box.

Dalam artian, anda harus bisa keluar dari zona aman dan mencoba pengalaman baru seperti yang diterapkan di lingkungan tersebut. Alhasil, anda berhasil menciptakan kebiasaan baru yang baik.

4. Bergaul dengan Orang yang Tepat

Lingkungan pergaulan akan berdampak besar pada kebiasaan. Jika bergaul dengan orang jahat, otomatis anda juga akan jahat. Dan sebaliknya, jika anda bergaul dengan orang baik, sifat anda pun baik.

Kasus di atas sudah menjadi hukum alam. Maka dari itu, mulailah bergaul dengan orang yang tepat yang memiliki tujuan yang sama. Dengan demikian, anda akan lebih mudah untuk membentuk kebiasaan baik.

5. Jangan Menganggap Berubah Itu Sulit

Perubahan tidak akan berhasil jika tidak berasal dari dalam hati. Banyak orang yang mengaku ingin berubah, namun hasilnya nihil.

Terbukti sudah kalau berubah itu memang sulit. Untuk itu, bangunlah niat dalam hati. Setelah itu, praktikan strategi yang telah disusun untuk menjalani perubahan.

Anda adalah orang yang mencetuskan perubahan, bukan keluarga ataupun orang lain. Lagipula, berubah sesuai kemauan jauh lebih baik ketimbang diperintah oleh orang lain.

6. Jangan Putus Asa

Setelah melewati beberapa steps atau langkah, banyak dari anda yang masih gagal dalam menjalani perubahan. Walaupun begitu, tidak boleh langsung putus asa. Lakukan hal tersebut terus menerus.

7. Lakukan Sekarang, Jangan Menunda

Kebiasaan baik tidak akan terwujud jika terus-menerus menunda waktu untuk berubah. Manfaatkan kesempatan yang dimiliki untuk segera berubah. Semakin cepat anda bertindak, semakin cepat pula berubah menjadi lebih baik.

Menumbuhkan Kebiasaan Baik Bukan Hal Sulit Lagi

Berubah itu hanya sulit di awal saja, jika sudah dijalani semua akan terasa mudah. Tetaplah disiplin dan taat pada komitmen agar dapat mengubah kebiasan buruk. Semoga cara di atas dapat membantu anda untuk menumbuhkan kebiasaan baik dalam diri. Semoga berhasil – SOLID BERJANGKA

Sumber : bisnis.liputan6