SOLID BERJANGKA | BERGERAK DI LEVEL PSIKOLOGIS

SOLID BERJANGKA

SOLID BERJANGKA – HARGA EMAS MASIH TETAP BERTAHAN DAN BERGERAK DI LEVEL PSIKOLOGIS $1.900/TROY ONS

SOLID BERJANGKA JAKARTA – Harga emas berhasil menguat kembali dan bergerak diatas level psikologis $ 1.900/troy ons disesi perdagangan Eropa pada hari Kamis (15/Oktober) naik hingga 0.46 % mencapai level $ 1.906,80/troy ons pasca Departemen Tenaga Kerja mengatakan bahwa ada 898K orang Amerika mengajukan klaim pengangguran pertama kali di Amerika Serikat, meningkat 53 K dari level pada minggu sebelumnya. Angka ini juga meleset dari yang diperkirakan, sebesar 810K. Hal ini, meningkatkan kekhawatiran pandemi COVID-19 menyebabkan kerusakan permanen pada pasar tenaga kerja.

Pasar tenaga kerja yang lemah dan kesulitan ekonomi menjadi rintangan utama bagi peluang Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk mendapatkan masa jabatan kedua.

Sedangkan, mantan Wakil Presiden Amerika Serikat Joe Biden sebagai kandidat Partai Demokrat, menyalahkan Penanganan krisis virus Corona (Covid-19) oleh pemerintahan Donald Trump yang membuat ekonomi buruk dalam 73 tahun terakhir.

Sementara, Gedung Putih dan Kongres Amerika Serikat berjuang untuk menyetujui paket stimulus untuk menyelamatkan bisnis dan pengangguran, klaim kemungkinan akan tetap meningkat. Puluhan ribu pekerja maskapai penerbangan telah diberhentikan.

Anggaran pemerintah negara bagian dan lokal telah dihancurkan oleh pandemi yang menyebabkan PHK yang diperkirakan akan meningkat tanpa bantuan dari pemerintah federal. Klaim pengangguran yang tinggi menunjukkan momentum yang surut menuju kuartal keempat.

Disisi lain, Perkiraan pertumbuhan PDB Amerika Serikat kuartal ketiga melampaui tingkat tahunan 32 %. Perekonomian mengalami kontraksi pada kecepatan 31,4 % pada kuartal kedua, penurunan terdalam sejak pemerintah mulai mencatat pada tahun 1947. Perkiraan pertumbuhan untuk kuartal keempat telah dipotong ke level 2,5 % darikecepatan di atas 10 %.

ANALISA FUNDAMENTAL

Menurut analisa fundamental, Pembicaraan mengenai stimulus fiskal di Kongres Amerika Serikat juga mandek. Sekretaris Treasury Amerika Serikat Steven Mnuchin terlihat frustrasi dengan kemajuan yang tidak berarti di dalam negosiasi stimulus fiskal, padahal dia adalah salah satu orang yang optimis sebelumnya. Republikan di Senat sedang fokus kepada pemilihan hakim baru di Mahkamah Konstitusi Amerika Serikat sementara Demokrat tidak ingin menghadiahkan kepada Donald Trump pemberian politik setelah Trump menolak tawaran mereka. Turunnya kemungkinan terjadinya kesepakatan mendorong naik dollar Amerika Serikat sehingga menekan harga emas.

Disisi lain, faktor musiman menjadi pendorong utama yang bakal menggerakkan harga emas. Dalam sebuah wawancara dengan Kitco News, Ia mengatakan bahwa permintaan emas fisik jelang perayaan Diwali di India, natal di akhir tahun dan juga perayaan tahun baru China akan jadi kabar positif untuk harga emas.

ANALISA TEKNIKAL (XAUUSD)

Secara teknikal, Harga emas belakangan memang susah sekali tembus US $ 1.900/troy ons. Kalaupun tembus setelah itu balik arah lagi melemah. Meski susah tembus level resisten kuat tersebut, ada analis yang mengatakan bahwa dengan harga emas di US $ 1.900/troy ons pun masih kemurahan.

Banyak analis yang memperkirakan di akhir tahun harga emas bisa kembali ke US $ 2.000/troy ons. Ketika risiko inflasi yang lebih tinggi semakin terlihat, maka harga emas masih berpotensi untuk menguat lagi.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1923/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1937/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1895/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1882/troy ons dan support 3 $ 1874/troy ons.
SOLID BERJANGKA

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2090 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*