SOLID BERJANGKA | DATA PENGANGGURAN AMERIKA

SOLID BERJANGKA
SOLID BERJANGKA

SOLID BERJANGKA – HARGA EMAS KEMBALI MENGUAT PASCA RILIS DATA PENGANGGURAN AMERIKA SERIKAT

SOLID BERJANGKA JAKARTA – Harga emas sempat melanjutkan pelemahan sebesar -0.6 % diawal sesi pembukaan perdagangan pada hari Kamis pagi (26/Mar). Ke level $ 1594.00/troy ons seiring para pemimpin Gedung Putih dan Senat mencapai kesepakatan pada hari Rabu (25/Mar). Untuk Undang-undang (UU) stimulus virus corona sebesar $ 2 triliun untuk melawan dampak ekonomi dari penyebaran virus ini.

Akan tetapi, disesi perdagangan Eropa pda kamis malam. Harga emas kembali menguat hampir 2 % disesi mencapai level tertinggi 2 minggu terakhir pada level $ 1645.50/troy ons. Dikarekan jumlah warga negara Amerika Serikat yang mengajukan Tunjangan Pengangguran (Unemployment Claims) melonjak naik. Tercatat, lebih dari tiga juta orang tidak bisa mendapatkan penghasilan. Karena harus mengisolasi diri di tempat tinggal masing-masing demi menghindari sebaran virus Corona.

Departemen Ketenagakerjaan Amerika Serikat melaporkan di hari Kamis (26/Mar) malam ini. Sebanyak 3.283.000 orang dalam pekan yang berakhir pada tanggal 21 Maret, mengajukan Klaim Pengangguran.

Rekor fantastis itu adalah yang tertinggi sejak tahun 1967. Padahal, ekspektasinya pengangguran hanya akan meningkat sekitar 1 juta orang saja.

Sektor akomodasi dan layanan makanan terpukul paling keras akibat pandemi ini. Disusul kemudian oleh sektor layanan sosial dan kesehatan, seni, hiburan dan wisata, transportasi, serta industri manufaktur. Pennsylvania menjadi wilayah dengan penyumbang klaim pengangguran terbanyak, yakni mencapai lebih dari 378,908 orang. Hal ini, memberikan dampak negative terhadap mata uang Indeks Dollar Amerika Serikat (DXY). Turun lagi hingga lebih dari 0.5 % ke kisaran 100.40-an, sehingga harga emas kembali menguat kelevel tertinggi minggu ini.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS ( XAU USD )

Menurut analisa fundamental, Harga emas kemungkinan akan bergerak “sideways” untuk jangka pendek seiring para pelaku pasar masih menantikan pengesahan stimulus fiskal sebesar USD2 Miliar yang dijadwalkan masuk voting legislatif.

Sebagaimana diketahui, parlemen Amerika Serikat kemarin dikabarkan telah menyetujui sebuah anggaran bipartisan sebesar USD2 Triliun untuk menalangi kemunduran ekonomi yang diakibatkan oleh epidemi virus Corona (COVID-19). Akan tetapi, anggaran tersebut masih dalam proses pengesahan di parlemen dan belum dapat dicairkan.

Sementara itu, sejumlah negara bagian Amerika Serikat menunjukkan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan layanan kesehatan dan pasokan APD yang sepadan dengan pertumbuhan kasus infeksi COVID-19 yang teramat pesat.

Breaking News
“Data dan peristiwa penting yang akan menjadi perhatian pasar minggu ini adalah Jobless Claims Amerika Serikat yang diperkirakan melambung hingga 750,000 klaim, serta G20 meeting yang akan dilakukan via satelit.”

ANALISA TEKNIKAL EMAS ( XAU USD )

Menurut analisa teknikal, Harga emas dapat melanjutkan relly kenaikan jika harga dapat bergerak dan bertahan diatas level Psikologis $ 1600/troy ons. Akan tetapi, Jika harga emas kembali bergerak dibawal level psikologis $ 1600/troy ons, maka harga emas dapat koreksi kembali ke level psikologis $ 1500/troy ons.

Data dan peristiwa penting yang akan menjadi perhatian pasar minggu ini adalah Jobless Claims Amerika Serikat yang diperkirakan melambung hingga 750,000 klaim, serta G20 meeting yang akan dilakukan via satelit.

Minggu ini, harga emas diperkirakan bergerak di range $ 1672 – $ 1585/troy ons Jika harga emas dapat menembus resistance 1 $ 1650/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan kenaikan kembali ke resistance 2 $ 1672/troy ons Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1606/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 $1585/troy ons dan support 3 $ 1557/troy ons.
SOLID BERJANGKA

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2107 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*