SOLID BERJANGKA | DISKON ! EMAS TURUN AKIBAT FUNDAMENTAL

SOLID BERJANGKA
SOLID BERJANGKA

SOLID BERJANGKA – DISKON! HARGA EMAS TURUN AKIBAT FUNDAMENTAL NAMUN TIDAK DAPAT MERUBAH KEADAAN INFLASI

SOLID BERJANGKA JAKARTA – Harga emas mengakhiri penguatannya diatas level psikologis $ 1900/troy ons. Di sesi perdagangan Eropa pada hari kamis malam (03/Juni) turun hingga -2.04 % ke level $ 1865.20/troy ons seiring data penyerapan tenaga kerja yang positif karena memicu kekhawatiran pengetatan moneter akan segera berlangsung.

Data ADP melaporkan bahwa ada penyerapan tenaga kerja baru sebanyak 978K pada Mei. Atau jauh lebih baik dari ekspektasi diangka 680K. Ini jauh lebih baik dari penyerapan April yang hanya sebanyak 654K.

Di sisi lain, klaim asuransi pengangguran sepekan lalu tercatat bertambah hanya 385 K. Atau lebih baik dari proyeksi ekonom dalam polling Dow Jones yang memprediksi angka 393 K. Jika stance pengetatan moneter ditempuh oleh bank sentral Amerika Serikat. Yakni Federal Reserves (The Fed) maka harga emas akan cenderung terkoreksi karena terjadi peningkatan opportunity cost. Pelaku pasar mulai mengantisipasi bahwa ‘Jerome Powell and the Gang’ bakal menyedot kembali likuiditas yang sudah dipompa ke sistem keuangan.

Apalagi anggota komite pengambil kebijakan. The Fed sudah mulai menggaungkan perlunya diskusi tentang penyesuaian program pembelian aset jika ekonomi Amerika Serikat terus membaik. Namun apabila membaca psikologis pasar saat ini. Harga emas masih berpeluang untuk melanjutkan penguatannya meski harus terkonsolidasi terlebih dahulu di level sekarang.

ANALISA FUNDAMENTAL

Pelaku pasar bakal memantau laporan rilis data yang tidak kalah penting dan dapat menggoyang pasar glbal hari ini. Yaitu Data Non-Farm Payrolls (NFP) yang merupakan indikator awal. Bagi pengeluaran konsumen dan aktivitas ekonomi secara keseluruhan, dan menjadi bahan pertimbangan penting bagi The Fed dalam menentukan tingkat suku bunga. NFP Amerika Serikat akan bertambah 645,000 job, sementara upah rata-rata per jam m/m akan naik 0.2 %. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung menyebabkan USD menguat.

Selain itu, Untuk bulan Mei 2021 diperkirakan tingkat pengangguran akan turun menjadi 5.9 %.
Hasil rilis yang lebih rendah dari perkiraan akan cenderung menyebabkan USD menguat.

ANALISA TEKNIKAL

Secara teknikal tren rata-rata harga emas periode 50 harian (MA50) terus bergerak naik. Garis MA50 terus bergerak menjauhi garis MA100 dan mendekati garis MA200. Apabila garis MA50 berhasil memotong ke atas MA200. Maka pola golden cross akan terbentuk dan tren bullish emas jangka panjang terkonfirmasi.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1893/troy ons. Maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1905/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1871/troy ons. Maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1860/troy ons. Dan support 3 $ 1847/troy ons.
SOLID BERJANGKA

SGB JAKARTA / Tulus Rifwandi Gea

About solid gold 2200 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*