SOLID BERJANGKA | EMAS TERKOREKSI PASCA RILIS DATA

SOLID BERJANGKA
SOLID BERJANGKA

SOLID BERJANGKA – HARGA EMAS TERKOREKSI PASCA RILIS DATA KLAIM PENGANGGURAN AMERIKA SERIKAT

SOLID BERJANGKA JAKARTA – Harga emas mengalami koreksi disesi perdagangan Eropa pada hari Kamis malam (02/September) turun. Sebesar -0.25 % ke level $ 1804.20 /troy ons pasca laporan hasil rilis data klaim pengangguran awal Amerika Serikat yang lebih baik dari ekspektasi para pelaku pasar.

Laporan rilis data klaim tunjangan asuransi pengangguran sepekan lalu yang bertambah hanya 340.000. Atau lebih baik dari ekspektasi ekonom dalam polling Dow Jones sebanyak 345.000 klaim. Angka tersebut, masih lebih rendah atau lebih baik dari klaim sepekan sebelumnya yang sebanyak 353.000. Dan sekaligus menjadikannya sebagai yang terendah sejak Maret 2020. Rilis tersebut memberi gambaran bahwa pasar tenaga kerja mulai pulih.

Oleh karenanya, investor berharap rilis data tenaga kerja Agustus pada Jumat nanti bakal berujung positif. Sejauh ini, ekonom dalam polling Dow Jones memprediksi. Akan ada 720.000 slip gaji baru diterbitkan sepanjang bulan lalu, dengan angka pengangguran turun menjadi 5,2 %.

Disisi lain, hasil survei Reuters menunjukkan data non-farm payrolls (NFP) atau penyerapan tenaga kerja di luar sektor pertanian, yang diperkirakan sebanyak 750.000 orang di bulan Agustus. Kemudian tingkat pengangguran diprediksi turun menjadi 5,2 % dari sebelumnya 5,4 %. Selain itu, ada juga laporan rilis data rata-rata upah per jam.

Pergerakan harga emas dalam dua hari terakhir yang hanya menguat tipis-tipis menunjukkan jika pasar menanti rilis data tenaga kerja tersebut. Jika data tersebut dirilis lebih bagus dari prediksi, spekulasi tapering akan dilakukan lebih cepat tentunya akan menguat, dan memukul emas. Sebaliknya, jika lebih
buruk dari prediksi maka emas berpotensi meroket.

ANALISA FUNDAMENTAL

Hari ini, akan ada rilis data Non Farm Payrolls Amerika Serikat bulan Agustus 2021. Data ini merupakan indikator awal bagi pengeluaran konsumen dan aktivitas ekonomi secara keseluruhan. Dan menjadi bahan pertimbangan penting bagi The Fed dalam menentukan tingkat suku bunga. Untuk bulan Agustus 2021 diperkirakan NFP akan bertambah 720,000 job, sementara perkiraan dari Automatic Data Processing Inc. Yang dirilis tanggal 1 September kemarin menunjukkan akan bertambah 374.000 job.

Selain itu, rilis data upah rata-rata per jam di Amerika Serikat. Yang dikaitkan dengan besaran inflasi guna memperkirakan tingkat biaya hidup. The Fed juga selalu memperhatikan data upah rata-rata per jam sebagai pertimbangan untuk menentukan suku bunga acuan. Untuk bulan Agustus 2021 diperkirakan upah rata-rata per jam m/m akan naik 0.3 %.

Selanjutnya, rilis data tingkat pengangguran di Amerika Serikat yang akan berdampak pada pengeluaran konsumen, jumlah tenaga kerja dan tingkat kepercayaan. Untuk bulan Agustus 2021 diperkirakan tingkat pengangguran akan kembali turun menjadi 5.2 %.

Terakhir, rilis data indeks ISM Non Manufacturing PMI Amerika Serikat bulan Agustus 2021. Data ini akan melaporkan mengenai kondisi bisnis diluar sektor manufaktur untuk memperoleh gambaran prospek perekonomian Amerika Serikat kedepan. Untuk bulan Agustus 2021 diperkirakan indeks akan terkoreksi menjadi 61.6.

ANALISA TEKNIKAL

Menurut analisa teknikal, Harga emas dunia mampu bertahan di atas US $ 1.800 /troy ons. Sejak Jumat pekan lalu, yang menjadi kabar bagus bagi investor emas. Sebab, banyak analis menganggap level tersebut sebagai kunci pergerakan emas ke depannya.

Minggu ini analis Wall Street berpartisipasi dalam survei emas Kitco News. Diantara para peserta, ada 56 % memperkirakan harga emas naik. 25 % memeperkirakan harga emas turun, dan 19 %, memperkirakan harga emas netral (sideways). Sementara itu, analis Main Street, ada 50 % memperkirakan harga emas naik, 30 % turun dan 20 % netral.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1814/troy ons. Maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 $ 1825/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1794/troy ons. Maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 $ 1784/troy ons. Dan support 3 di level $ 1776/troy ons.
SOLID BERJANGKA

SGB Jakarta / Tulus Rifwandi Gea

About solid gold 2235 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*