SOLID BERJANGKA | LEVEL PSIKOLOGIS $ 1800/TROY ONS

SOLID BERJANGKA
SOLID BERJANGKA

SOLID BERJANGKA – HAPPY! HARGA EMAS AKHIRNYA MENEMBUS LEVEL PSIKOLOGIS $ 1800/TROY ONS

SOLID BERJANGKA JAKARTA – Hrga emas mencetak rekor kenaikan diatas level psikologis $ 1800/troy ons disesi perdagangan pada hari Kamis (06/Mei) naik hingga 1.55 % atau mencapai level $ 1818.00/troy ons seiring Indeks Dollar Amerika Serikat dan Yield obligasi US Treasury melemah setelah pasar mencerna kembali pernyataan Menkeu Amerika Serikat Janet Yellen kemarin.

Walaupun Yellen menyebut bahwa suku bunga perlu dinaikkan, tetapi hal itu tidak akan
dilakukan dalam waktu dekat.

Yield obligasi 10-tahunan Amerika Serikat merosot ke kisaran 1.57 %. Sedangkan Indeks Dollar Amerika Serikat turun setengah persen ke kisaran 90.8. Selanjutnya, pasar akan fokus pada data Ketenagakerjaan Amerika Serikat yang akan dirilis besok. Non Farm Payroll Amerika Serikat diekspektasikan akan naik ke 978,000 pada bulan April.

Adapun faktor lain yang juga menaikkan minat beli emas hari ini adalah kebijakan moneter bank sentral Inggris. Bank of England (BoE) mengatakan bahwa mereka akan memperlambat laju pembelian obligasi dan menaikkan perkiraan pertumbuhan ekonomi Inggris tahun ini. Akan tetapi, senada dengan The Fed, bank sentral tersebut menegaskan tidak akan mengetatkan kebijakan moneter dalam waktu dekat.

Disisi lain, inflasi sudah mulai terlihat naik. Bahkan angka personal consumption expenditure (PCE) bulan Maret sudah tembus ke atas 2 %. Namun jika dilihat dari angka pengangguran yang tercermin dari tingkat pengangguran dan data klaim tunjangan pengangguran yang masih lebih tinggi dibanding sebelum pandemi, maka kebijakan The Fed untuk menahan suku bunga rendah lebih lama masuk akal. Untuk sementara waktu harga emas kemungkinan masih akan terkonsolidasi di rentang level sekarang. Di saat yang sama investor juga akan cenderung wait and see sambil melihat perkembangan selanjutnya.

ANALISA FUNDAMENTAL

Menurut analisa fundamental, Pasar tenaga kerja yang tidak sekuat perkiraan tentunya memperkuat pernyataan bank sentral Amerika Serikat (The Fed) jika kondisi pasar tenaga kerja saat ini masih belum cukup untuk bank sentral memulai perundingan pengetatan moneter.
Pengetatan moneter tersebut dilakukan dengan mengurangi program pembelian aset (quantitative easing/QE) hingga menaikkan suku bunga. Jika itu terjadi akan berdampak negatif bagi emas, sebaliknya jika tidak dilakukan dalam waktu dekat akan bagus bagi logam mulia.

Mengutip CME FedWatch, peluang kenaikan Federal Funds Rate sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 0,25-0,5 % pada akhir tahun ini adalah 11 %. Lebih tinggi dari posisi seminggu lalu yaitu 9,8 % dan sebulan sebelumnya yakni 8,5 %. Kenaikan suku bunga acuan yang membuat hasrat mengoleksi US Treasury Bonds/Bills meningkat tentu diiringi dengan kenaikan permintaan dolar Amerika Serikat. Dua aset tersebut adalah musuh terbesar emas.

Jika US Treasury meningkat maka hal tersebut akan menaikkan biaya peluang emas yang tak memberikan imbal hasil apapun. Artinya memegang emas bukan menjadi opsi yang menarik. Kenaikan dollar Amerika Serikat juga akan semakin menekan emas. Walau ada isyarat untuk menaikkan suku bunga, tetapi jika melihat ke laporan kebijakan moneter The Fed, komite pengambil kebijakan sepertinya tidak ingin terburu-buru untuk keputusan tersebut.

ANALISA TEKNIKAL

Secara teknikal, Jika harga emas dapat bertahan di atas level psikologis $ 1800/troy ons, bukan hal mustahil harga emas dapat melanjutkan penguatan yang lebih tajam. Selain itu, level middle price (Fib. 50 %) sementara tahun ini juga berada dilevel $ 1817/troy ons, jika level tersebut konsisten tembus maka secara tren harga emas telah masuk dalam tren penguatan yang cukup kuat.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1820/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1834/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1792/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1779/troy ons dan support 3 $ 1767/troy ons.
SOLID BERJANGKA

SGB Jakarta / Tulus Rifwandi Gea

About solid gold 2233 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*