SOLID BERJANGKA | HASIL POSITIF TERHADAP EKONOMI

SOLID BERJANGKA
SOLID BERJANGKA

SOLID BERJANGKA – HARGA EMAS KEMBALI MELEMAH SEIRING RILIS DATA GDP AMERIKA SERIKAT MEMBERIKAN HASIL POSITIF TERHADAP EKONOMI AMERIKA SERIKAT

SOLID BERJANGKA JAKARTA – Harga emas mengawali sesi perdagangan pada hari kamis pagi (30/01) dengan catatan positif naik sebesar 0.62 % mencapai level $ 1585.90/troy ons, setelah The Fed secara resmi mempertahankan suku bunga acuan pada pertemuan FOMC bulan ini.

Secara umum, tidak ada kejutan terkait kebijakan moneter yang disampaikan Jerome Powell pada hari rabu. Hanya saja, beliau sempat menyinggung ketidakpastian yang diakibatkan virus Corona, sehingga mendorong penguatan aset safe haven pagi ini. Kekhawatiran Jerome Powell terkait penyebaran virus Corona asal China juga dirasakan oleh sebagian besar pelaku pasar, salah satunya John Doyle, Wakil Presiden dealing and trading di Tempus, Inc.

Doyle mengatakan bahwa wabah Corona semakin menyebar dan bisa bertambah buruk sehingga membawa ketidakpastian yang besar. Lebih lanjut. Beragam ketidakpastian yang dikhawatirkan pada 2019 sebenarnya telah hilang karena telah tercapainya kesepakatan dagang fase satu dan pemakzulan Trump yang kemungkinan besar akan ditolak Senat. Namun, kekhawatirkan kini bergeser pada wabah Corona yang berpotensi lebih buruk dibandingkan SARS pada tahun 2002 hingga 2003 lalu.

Disisi lain, bank sentral Inggris (BoE) tetap mempertahankan suku bunganya pada level 0.75 % dan mengingkari isyarat pemangkasan suku bunga yang dikirim beberapa waktu sebelumnya. Secara faktual, BoE sebenarnya belum menghapus prospek pemangkasan suku bunga sama sekali. Dalam rapat kali ini, para pejabat BoE merevisi turun beberapa forecast ekonomi domestik. Mereka juga bersikap lebih hati-hati dalam menilai prospek ke depan dengan mengatakan “risiko seputar proyeksi pertumbuhan global secara umum seimbang”.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS (XAUUSD)

Menurut analisa fundamental, Harga emas koreksi jangka pendek seiring ekonomi Amerika Serikat tumbuh sedikit lebih cepat dari 2 % dalam tiga bulan terakhir tahun 2019, dibantu oleh penurunan impor sementara dan pasar perumahan yang kembali bangkit. Belanja konsumen sebagai penggerak ekonomi Amerika Serikat nomor satu masih mengalami kenaikan.

Neraca perdagangan juga membaik karena peningkatan ekspor dan penurunan impor selama konflik dagang Amerika Serikat – Tiongkok. Meski demikian, pertumbuhan ekonomi makin seret karena investasi bisnis kian melamban sebagai akibat dari konflik dagang yang sama. Secara keseluruhan, data GDP kali ini tidak cukup buruk untuk mengubah outlook kebijakan bank sentral AS maupun arah pergerakan USD secara signifikan.

Akan tetapi, ada gambaran ekonomi yang lebih buruk dan tidak menguntungkan bagi pencalonan kembali Trump dalam bursa Pilpres Amerika Serikat 2020. Federal Reserve memungkinan akan kembali menghadapi tekanan dari sang Presiden Amerika Serikat untuk melonggarkan kebijakan moneter.

ANALISA TEKNIKAL EMAS ( X A U U S D )

Menurut analisa teknikal, Menurut analisa teknikal, Harga emas masih berada dalam tren bullish dan sedang menguji level resistance $1585/troy ons, untuk perubahan trend Up.

Fokus para investor Sentimen lainnya yang layak untuk diperhatikan hari ini adalah Parlemen Eropa pada hari Rabu memberikan persetujuan akhir untuk kesepakatan perceraian Inggris dari blok, membuka jalan bagi Brexit untuk
berlangsung pada hari Jumat.

Perdana Menteri Boris Johnson mengatakan ia akan menghormati dalam perayaannya pada hari Jumat ketika Inggris meninggalkan Uni Eropa, mengingat Brexit masih memecah belah negara.

Minggu ini emas diperkirakan bergerak range harga resistance 2 yaitu di level $ 1585/troy ons dan pivot point di level $ 1560/troy ons. Akan tetapi, jika harga emas menembus level resistance 2 $ 1585/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan kenaikan ke resistance 3 yaitu di level $ 1598/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level pivot point $ 1560, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan ke support 1 yaitu di level $ 1547/troy ons.
SOLID BERJANGKA

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2037 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*