SOLID BERJANGKA | KELUAR DARI ZONA RESESI

SOLID BERJANGKA
SOLID BERJANGKA

SOLID BERJANGKA – HARGA EMAS TERJUN BEBAS, AMERIKA SERIKAT KELUAR DARI ZONA RESESI

SOLID BERJANGKA JAKARTA – Harga emas melanjutkan pelemahan di akhir sesi perdagangan Kamis (29/Oktober) turun hingga -0.46 % ke level $ 1859.30/troy ons seiring perekonomian Amerika Serikat pada kuartal III-2010 melesat hingga 33,1 %. Ini merupakan rekor baru meskipun pandemi Covid-19 di negara tersebut masih menjadi ancaman.

Dilansir CNNBusiness, Kamis (29/Oktober/2020), ekonomi Amerika Serikat berhasil pulih dengan cepat setelah menghadapi gempuran krisis pada bulan-bulan sebelumnya, seperti dilaporkan Departemen Perdagangan Amerika Serikat. Meski demikian, pemulihan ekonomi Amerika Serikat belum lengkap mengingat krisis ekonomi yang disebabkan wabah Covid-19 masih belum selesai. Pandemi Covid-19 saat ini, masih bisa menjadi ancaman jatuhnya perekonomian Amerika Serikat ke depan.

Satu yang pasti, capaian ini merupakan tingkat ekspansi yang lebih cepat dari perkiraan para analis. Bahkan berdasarkan catatan, capaian tersebut merupakan tingkat pertumbuhan tercepat Amerika Serikat sejak pemerintah menggunakan basis PDB secara tiga bulan sebagai basis penghitungan pertumbuhan ekonomi pada 1947.
Adapun pada pekan depan, 3 November, akan ada pemilihan presiden Amerika Serikat yang mempertemukan petahana dari Partai Republik, Donald Trump, dengan lawannya dari Partai Demokrat Joseph ‘Joe’ Biden. Analis mengatakan kepada Kitco bahwa volatilitas harga emas semakin menjadi jelang Pilres Amerika Serikat.

Kemenangan Donald Trump kemungkinan akan memicu reli yang signifikan di pasar saham dan diikuti juga oleh harga emas dan perak, yang akan ditambah dengan harapan bahwa kesepakatan stimulus Amerika Serikat akan segera terlaksana. Adapun kemenangan Biden, kemungkinan akan berefek pada aksi jual\. Namun antisipasi stimulus yang jauh lebih besar akan menjadi alasan harga emas untuk reli.

Di sisi lain, Ghali memprediksi bakal ada lebih banyak volatilitas yang bisa diantisipasi sebelum Pilpres Amerika Serikat. Dia mencatat bahwa harga level support (batas tahanan bawah) jangka panjang emas pada sisi negatifnya berada di $ 1.820/troy ons.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS (XAUUSD)

Menurut analisa fundamental, Keluar dari kuartal terburuk dalam sejarah, ekonomi Amerika Serikat tumbuh pada laju tercepat yang pernah ada pada kuartal ketiga ketika negara yang dilanda pandemi yang belum pernah terjadi sebelumnya kembali bersatu. Produk domestik bruto (PDB) pada kuartal ketiga, ukuran dari total barang dan jasa yang diproduksi pada periode Juli hingga September, meningkat pada laju tahunan di angka 33,1 %, menurut laporan dari Departemen Perdagangan pada hari Kamis dalam perkiraan awalnya untuk periode tersebut.

Setelah pilpres selesai, isu stimulus fiskal di Amerika Serikat akan kembali menjadi perhatian. Stimulus fiskal pada akhirnya akan cair siapapun pemenangnya apakah petahana Trump, dengan lawannya Biden.

Namun, nilai stimulus akan lebih besar jika Joe Biden dan Partai Demokrat memenangi pemilihan tahun ini. Saat stimulus fiskal cair, maka jumlah uang yang bereda di perekonomian akan bertambah, dan secara teori dollar Amerika Serikat akan melemah.

“Kemungkinan kesepakatan stimulus akan jauh lebih besar. Dan jika Biden menang, saya pikir logam menguat lebih karena paket stimulusnya akan jauh lebih tinggi dari pada apa yang dilihat Trump,” kata Haberkorn.

ANALISA TEKNIKAL EMAS (XAUUSD)

Secara teknikal, Hasil survei mingguan Kitco terhadap analis di Wall Street menunjukkan 41% memberikan outlook bullish (harga akan naik). Jumlah analis yang memberikan outlook netral (harga tidak kemana-mana) juga sama sebesar 41 %. Sementara yang memberikan outlook bearish (harga turun) sebanyak 18 %.

Meski demikian, tidak menutup kemungkinan akan ada “letupan” harga emas, sebab di pekan ini akan dirilis data pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat kuartal III-2020, yang diprediksi akan tumbuh hingga 32,5 % secara kuartalan.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1882/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1891/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1866/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di
level $ 1858/troy ons dan support 3 $ 1848/troy ons.
SOLID BERJANGKA

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2106 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*