SOLID BERJANGKA | KLAIM PENGANGGURAN AMERIKA

SOLID BERJANGKA
SOLID BERJANGKA

SOLID BERJANGKA – PENGUATAN HARGA EMAS MASIH DIBATASI OLEH SOLIDNYA PENGUTAN INDEKS DOLLAR AMERIKA SERIKAT PASCA RILIS DATA KLAIM PENGANGGURAN AMERIKA SERIKAT YANG CUKUP BAIK

SOLID BERJANGKA JAKARTA – Harga emas bergerak naik sebesar 0.80 % atau lebih cenderung stabil di sepanjang sesi perdagangan pada hari kamis (16/Apr) yang sempat naik mencapai level $ 1739.30/troy ons sebelum tutup pada level $ 1717.85/troy ons, harga penutapan tersebut lebih tinggi 0.14 % daripada penutupan sebelumnya.

Penguatan harga emas saat ini masih dibatasi oleh solidnya penguatan Indeks Dollar Amerika Serikat (DXY) pada hari kamis (16/Apr) naik 0.54 % dan kembali menembus level 100.10, tertinggi sejak tanggal 9 April. Penguatan Dollar Amerika Serikat masih dilatarbelakangi oleh permintaan para pelaku pasar akibat ketidakpastian ekonomi saat dan pasca pandemi. Meskipun stabilnya harga minyak sedikit membantu menjinakkan bullish Dolar, tetapi Outlook data ekonomi masih suram. Oleh sebab itu, prospek penguatan Indeks Dollar Amerika Serikat (DXY) dalam jangka pendek masih cukup besar.

Disisi lain, Departemen Ketenagakerjaan Amerika Serikat melaporkan hasil rilis data klaim pengangguran Amerika Serikat, masih ada 5.245 juta orang yang mengajukan tunjangan pengangguran pada pekan yang berakhir tanggal 11 April.

Namun, angka tersebut sudah berkurang dibandingkan pekan lalu di 6.615 juta (direvisi turun dari 6.660 juta), dan lebih baik daripada ekspektasi klaim sebanyak 5.350 juta.

Departemen Ketenagakerjaan mengatakan, klaim pengangguran Amerika Serikat dengan total lebih dari 22 juta sejak tanggl 21 Maret lalu, masih berhubungan dengan dampak penyebaran virus Corona. Para ekonom memiliki dua pandangan berbeda terhadap data tersebut. Sebagian mengasumsi bahwa penurunan Klaim Pengangguran dalam dua pekan berturut-turut ini menandakan bahwa puncak sudah terlewati, yakni sejumlah 6.867 juta pada tanggal 28 Maret lalu. Sedangkan sebagian lainnya skeptis data tersebut belum lengkap. Pasalnya, ada kemungkinan jika Departemen Ketenagakerjaan di beberapa negara bagian Amerika Serikat, masih kewalahan memproses banjir permohonan tunjangan.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS (XAUUSD )

Menurut analisa fundamental, Tingginya volatilitas harga emas saat ini masih di dominasi oleh keresahan para investor terhadap melambatnya laju pertumbuhan ekonomi dunia bahkan bisa menuju ke jurang resesi.

Harga emas dapat melanjutkan penguatan dalam jangka pendek di tengah meningkatnya permintaan aset safe haven emas karena kekhawatiran terhadap dampak ekonomi dari pandemi virus korona.

Disisi lain, sentiment positif pendorong penguatan harga emas yaitu hasil keputusan stimulus tambahan The Fed yang diumumkan pada hari kamis (09/Apr) pekan lalu, yang berpotensi menopang kenaikan harga emas menguji resisten 1700. The Fed mengumumkan langkah-langkah baru untuk menyediakan hingga $ 2,3 triliun dalam bentuk pinjaman untuk keluarga dan perusahaan.

Minggu ini, emas diperkirakan masih akan menguat, menyusul perkiraan beberapa data fundamental penting dari Amerika Serikat dan China yang masih suram. GDP China kuartal pertama tahun ini diperkirakan mengalami kontraksi hingga 6 %, sementara penjualan ritel AS bulan Maret diperkirakan turun hingga 8 %.

ANALISA TEKNIKA LEMAS ( XAU USD )

Menurut analisa teknikal, Harga emas dapat melanjutkan relly kenaikan jika harga dapat bergerak dan bertahan diatas level Psikologis $ 1700/troy ons. Akan tetapi, Jika harga emas kembali bergerak dibawal level psikologis $ 1700/troy ons, maka harga emas dapat koreksi kembali ke level psikologis $ 1650/troy ons.

Untuk pekan ini, pergerakan harga emas masih akan dipengaruhi oleh perkembangan Covid-19. Untuk data penting dari Amerika Serikat dan China yang masih suram. GDP China kuartal pertama tahun ini diperkirakan mengalami kontraksi hingga 6 %, sementara penjualan ritel Amerika Serikat bulan Maret diperkirakan turun hingga 8 %.
Minggu ini, harga emas diperkirakan bergerak di range $ 1743 – $ 1686/troy ons. Jika, harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1728/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1743/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1700/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $1686/troy ons.
SOLID BERJANGKA

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2106 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*