SOLID BERJANGKA | MENINGKATNYA VOLUME PERMINTAAN PASAR

SOLID BERJANGKA
SOLID BERJANGKA

SOLID BERJANGKA – HARGA EMAS MENGUAT MENCAPAI LEVEL TERTINGGI 7 TAHUN TERAKHIR DITENGAH MENINGKATNYA VOLUME PERMINTAAN PASAR

SOLID BERJANGKA JAKARTA – Harga emas kembali melanjutkan kenaikan sebesar 0.54 %. Dan kembali membentuk high baru pada tahun 2020 ini di sesi perdagangan Kamis (20/02). Dengan mencapai level tertinggi 7 tahun terakhir yaitu dilevel $ 1623.75/troy ons, di tengah kekhawatiran para pelaku pasar terhadap wabah
virus Korona yang telah menghambat pertumbuhan global, ditambah dengan spekulasi bahwa Federal Reserve akan melonggarkan kebijakan moneter sebelum akhir tahun.

Disisi lain, notulen rapat Federal Reserve Amerika Serikat yang dirilis dini hari tadi menunjukkan optimisme. Sejumlah pejabat The Fed yakin bahwa suku bunga saat ini dapat dipertahankan selama beberapa waktu ke depan. Pernyataan itu muncul di tengah ekspektasi pasar akan satu atau dua kali pemotongan suku bunga lagi tahun ini.

Dalam rapat yang telah digelar pada tanggal 28-29 Januari. The Fed memutuskan untuk mempertahankan suku bunga di kisaran 1.5 % – 1.75 %. Menyertai keputusan tersebut, komite FOMC mengatakan bahwa Outlook ekonomi telah menguat dibandingkan dengan perkiraan pada bulan Desember 2019.

Para pejabat bank sentral Amerika Serikat membuat sejumlah pernyataan soal potensi bahaya terhadap perekonomian, yang disebabkan oleh wabah virus Corona. Walaupun, notulen rapat FOMC menunjukkan hasil yang optimis terhadap pasar global. Akan tetapi, kekhawatiran para investor terhadap wabah virus corona yang menghambat pertumbuhan ekonomi masih tinggi seiring korban jiwa yang sudah mencapai kurang lebih 1.800 orang serta kurang lebih 28 Negara terinfeksi virus corona tersebut. Sehingga para investor masih tetap berlindung terhadap asset safe haven seperti emas.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS (XAU USD)

Menurut analisa fundamental, Harga emas masih kuat naik jangka pendek seiring kekhawatiran atas pelambatan ekonomi karena epidemi virus corona. Berikut katalis penggerak pasar hari ini perlu diperhatikan:

  • Bursa saham global ditutup dalam zona hijau bahkan bursa Wall Street berhasil cetak rekor tingginya. Posisi imbal hasil obligasi Amerika Serikat hanya naik moderat dan dibawah 1,6 %.
  • Laporan risalah FOMC, Fed menegaskan kembali mereka percaya posisi suku bunga pada level mereka saat ini kemungkinan akan tetap sesuai untuk beberapa waktu.
  • Berita ekonomi yang penting hanya dari Australia terdapat laporan pasar tenaga kerja negeri itu yang diperkirakan dapat menekan AUDUSD jika sesuai dan lebih rendah dari ekspektasi.
  • Di sesi Eropa terdapat rilis data retali sales Inggris yang diperkirakan masih kontraksi dan menekan poundsterling.
  • Berita ekonomi dari Amerika Serikat pada sesi malam terdapat rilis Philly Fed Manufacturig Indeks dan juga klaim pengangguran mingguan Amerika Serikat.

ANALISA TEKNIKAL EMAS ( XAU USD )

Menurut analisa teknikal, Harga emas sedang menguji level psikologis $ 1600 untuk perubahan trend harga bearish. Jika, harga kebali bergerak dibawah level tersebut maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 1 yaitu $ 1586/troy ons.

Untuk minggu ini, pasar masih akan didominasi oleh isu perkembangan virus corona dan potensinya terhadap perlambatan ekonomi global. Data penting yang bisa mempengaruhi pergerakan emas diantaranya notulen FOMC dan ECB, serta indeks PMI Manufaktur dari Amerika Serikat, Eurozone, dan Jerman.

Minggu ini emas diperkirakan bergerak diatas level psikologis $ 1600. Jika harga emas kembali bergerak dibawah level psikologis $ 1600, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan ke support 1 yaitu di level $ 1586/troy ons dan support 2 di $ 1572/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus dan bertahan diatas level psikologis $ 1600, maka harga emas dapat melanjutkan kenaikan ke resistance 1 yaitu di level $ 1614/troy ons dan resistance 2 berada dilevel $ 1628/troy ons.
SOLID BERJANGKA

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2086 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*