SOLID BERJANGKA | PELEMAHAN DOLLAR & YIELD OBLIGASI

SOLID BERJANGKA
SOLID BERJANGKA

SOLID BERJANGKA – HARGA EMAS NAIK DITENGAH PELEMAHAN DOLLAR AMERIKA SERIKAT DAN YIELD OBLIGASI PEMERINTAH AMERIKA SERIKAT

SOLID BERJANGKA JAKARTA – Harga emas naik membukukan penguatan disesi perdagangan Eropa pada hari Kamis (15/April) naik hingga 1.83 % mencapai level tertinggi 1.5 bulan terakhir dilevel $ 1769.75/troy ons didorong oleh melemahnya Indeks Dollar Amerika Serikat dan imbal hasil (yield) obligasi pemerintah Amerika Serikat.

Indeks Dollar Amerika Serikat telah membukukan pelemahan selama 3 hari beruntun sebesar 1.72 % dan imbal hasil Treasury Amerika Serikat 10-tahun bertahan di dekat level terendah tiga minggu. Imbal hasil obligasi yang lebih rendah mengurangi biaya peluang memegang emas tanpa bunga. Ketua The Fed Jerome Powell mengatakan pada akan memangkas pembelian obligasi bulanannya sebelum melakukan kenaikan suku bunga, mengklarifikasi urutan penyesuaian kebijakan moneter yang masih berbulan-bulan jika tidak bertahun-tahun di masa depan.

Di sisi lain angka inflasi di Amerika Serikat juga terlihat meningkat berdasarkan rilis data consumer price index (CPI). Inflasi dilaporkan tumbuh 2,6 % (yoy) naik dari bulan sebelumnya yang hanya 1,7 % (yoy). Pertumbuhan tersebut lebih tinggi dari hasil survei Reuters sebesar 2,5 % (yoy).

Inflasi merupakan salah satu acuan bank sentral Amerika Serikat (The Fed) dalam menetapkan kebijakan  moneternya. Perhitungan inflasi yang digunakan The Fed adalah personal consumption expenditure (PCE). Inflasi PCE baru akan dirilis pada 30 April nanti. Kenaikan angka inflasi membuat greenback melandai dan emas punya ruang untuk menguat seperti sekarang.

ANALISA FUNDAMENTAL

Diakhir pekan ini, akan ada rilis data indeks kepercayaan konsumen Amerika Serikat versi University of Michigan (UoM) bulan April 2021 (Preliminary) (Berdampak medium pada USD).

Data yang dirilis oleh University of Michigan (UoM) 2 kali setiap bulan ini mengukur kepercayaan konsumen terhadap kondisi bisnis dan keuangan di Amerika Serikat. Indeks kepercayaan konsumen UoM adalah salah satu yang selalu diperhatikan investor disamping indeks Conference Board (CB) Consumer Confidence.

Rilis indeks UoM Preliminary untuk bulan April 2021 diperkirakan naik menjadi 88.9. Hasil rilis yang lebih tinggi dari perkiraan akan cenderung mendukung penguatan USD

ANALISA TEKNIKAL

Secara teknikal, Secara teknikal, Survei mingguan yang dilakukan Kitco menunjukkan baik analis dan pelaku pasar kini kompak memprediksi emas dunia akan menguat di pekan ini. Survei terhadap 15 analis di Wall Street menunjukkan sebanyak 9 orang atau 60 % memperkirakan emas akan bullish di pekan ini. 3 orang atau 20 % bearish, dan sisanya netral. Sementara itu survei terhadap pelaku pasar atau yang disebut Main Street, 1.201 partisipan menunjukkan 65 % memberikan proyeksi bullish 20% bearish dan 15 % netral.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1764/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1786/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1721/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1700/troy ons dan support 3 $ 1688/troy ons.
SOLID BERJANGKA

SGB Jakarta / Tulus Rifwandi Gea

About solid gold 2180 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*