SOLID BERJANGKA | EMANGKASAN SUKU BUNGA GLOBAL

SOLID BERJANGKA
SOLID BERJANGKA

SOLID BERJANGKA – HARGA EMAS MENGUAT DITENGAH PENYEBARAN VIRUS CORONA DILUAR TIONGKOK DAN EKSPEKTASI PEMANGKASAN SUKU BUNGA GLOBAL

SOLID BERJANGKA JAKARTA – Harga emas mempersolid penguatannya pada hari Kamis (27/Feb) naik sebesar 0.5 %. Mencapai level $ 1660.30/troy ons di tengah meluasnya penyebaran virus Korona di luar Tiongkok.  Memicu permintaan terhadap aset safe haven dan meningkatkan spekulasi untuk adanya pemangkasan suku bunga oleh para bank sentral utama global.

Pemerintah telah meningkatkan langkah-langkah pada hari Kamis untuk melawan virus Korona. Di tengah jumlah korban yang terinfeksi di luar Tiongkok, yang merupakan sumber penyebaran, untuk pertama kalinya melampaui Tiongkok.

Lembaga otoritas kesehatan Amerika Serikat, sejauh ini menangangi 59 kasus, memberikan peringatan terhadap potensi pandemi. Meskipun Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengatakan risiko dari virus Korona masih “sangat rendah”.

Menurut analisis Fed Fund Futures yang dikompilasi oleh CME Group mengatakan bahwa. Para investor saat ini telah meningkatkan keyakinan untuk adanya pengurangan suku bunga oleh Federal Reserve untuk menurunkan dampak terhadap ekonomi.

Spekulasi pemotongan suku bunga The Fed saat ini merebak di kalangan investor, sehingga menambah bullish harga emas. Meski sejumlah pejabat The Fed menepis kemungkinan pelonggaran moneter dalam waktu dekat, tetapi hasil survei tentang prospek Fed Rate Cut pada bulan Juni terbilang masih tinggi, yakni di 79.2 %.

Ed Moya, analis OANDA New York, mengatakan bahwa dalam jangka panjang, outlook harga emas masih dapat meninggi. Harga emas bisa mendapatkan support dari meningkatnya ekspektasi akan dampak virus Corona terhadap ekonomi dan pertumbuhan global. Ini dapat memicu langkah pemotongan suku bunga, karena dorongan deflasi akan memaksa The Fed untuk melonggarkan moneternya. Selain itu pasar keuangan
juga perkirakan adanya pengurangan suku bunga oleh European Central Bank dan Bank of England.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS ( XAU USD )

Menurut analisa fundamental, Target pergerakan harga emas berikutnya adalah mencapai $ 1,700. Goldman Sachs merilis laporan pada hari Kamis minggu lalu, memperingati para investor bahwa koreksi sebesar 10 % di saham kelihatannya semakin bisa terjadi. Kalau ini benar-benar terjadi, ini adalah pergerakan turun yang besar bagi saham dan emas akan bisa semakin naik.

Disisi lain, para investor masih mengekspektasikan bahwa The Fed akan memotong suku bunganya untuk mengimbangi dampak penyebaran virus Corona terhadap ekonomi global.

Setelah sempat memperkirakan bahwa Rate Cut The Fed akan kembali terjadi pada bulan Juni, kini perkiraan pasar lebih maju. Mereka memprediksi bahwa bank sentral Amerika Serikat tersebut akan memotong suku bunga sebesar 25 basis poin dalam FOMC April mendatang. Pemotongan suku bunga mungkin akan dilakukan sebanyak tiga kali hingga Maret 2021.

Tidak hanya The Fed, European Central Bank (ECB) juga diprediksi kuat akan menurunkan suku bunganya sebanyak 10 basis poin pada Juli mendatang. Menurut survei yang dikutip oleh Reuters, prospek pemotongan suku bunga ECB mencapai 80 %.

ANALISA TEKNIKAL EMAS ( XAU USD )

Menurut analisa teknikal, Harga emas kembali mengalami kenaikan di level tertinggi 7 tahun terakhir 2013 yaitu di level $ 1689.30/troy ons, setelah mengalami koreksi selama 1 minggu di range $ 1558 – $ 1558/troy ons. Harga emas naik dan bergerak diatas level psikologis $ 1600 disebab kan oleh wabah virus corona yang mengakibatkan memperlambatan pertumbukan ekonomi global (Dunia).

Untuk sepekan ke depan resistance 1 berada di level $ 1672/troy ons jika, harga emas dapat menembus resitance tersebut makan dapat melanjutkan kenaikan ke resistance 2 di level $ 1697/troy ons atau level tertinggi tahun 2013.

Untuk perubahan trend pergerakan harga emas (bearish) berada pada level $ 1624/troy ons, jika, harga emas dapat menembus kembali support tersebut, kemungkinan besar dapat harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 yaitu di level psikologis $ 1600 dan jika harga emas bergerak di bawah level psikologis $ 1600 maka, harga emas kemungkinan akan mengalami penurunan kembali ke support terkuat yaitu di level $ 1585.
SOLID BERJANGKA

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2086 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*