SOLID BERJANGKA | PEMBENDUNGAN DAMPAK VIRUS CORONA

SOLID BERJANGKA
SOLID BERJANGKA

SOLID BERJANGKA – HARGA EMAS TURUN TAJAM PASCA PIDATO PRESIDEN Amerika Serikat DONALD TRUMP TENTANG UPAYA PEMBENDUNGAN DAMPAK VIRUS CORONA

SOLID BERJANGKA JAKARTA – Harga emas turun tajam sebesar -3.51 % di sesi perdagangan Eropa pada hari Kamis malam (12/Mar). Ke level terendah 1 bulan terakhir yaitu di level $ 1560.60/troy ons, pasca pidato Presiden Amerika Serikat Donald Trump. Pada kamis pagi mengumumkan larangan wisatawan dari Eropa ke Amerika Serikat yang akan diberlakukan selama 30 hari kedepan. Dalam upaya untuk membendung penyebaran pandemi virus corona.

Donald Trump juga umumkan bahwa dia akan meminta Kongres untuk adanya tindakan legislatif untuk memberikan keringanan pajak gaji. Serta langkah-langkah lain untuk beberapa kelompok yang terkena dampak oleh virus.

Selain itu, Donald Trump juga mengatakan bahwa :

“dia akan mengingstruksikan Small Busines Administration untuk menyediakan modal dan likuiditas untuk usaha kecil.”

Menyebut virus Korona sebagai “virus asing,“. Donald Trump menggunakan sebutan tersebut untuk menyerang Eropa karena tidak mengambil tindakan yang sama dengan yang dia miliki.

“Akibatnya” dari tidak adanya tindakan dari Eropa, Trump mengklaim, “sejumlah cluster besar dari virus corona” disebar melalui turis dari Eropa.

Disisi lain, European Central Bank (ECB) memutuskan untuk tidak memotong suku bunganya seperti yang diekspektasikan pasar. Namun, Gubernur Christine Lagarde mengumumkan stimulus ekonomi berupa ekstensi program pembelian aset sebesar 120 miliar euro.

Kebijakan yang diumumkan pada hari Kamis malam (12/Mar), mematahkan harapan pasar akan Rate Cut ECB sebesar 10 basis poin. Guna menanggulangi gangguan ekonomi akibat pandemi Corona di Zona Euro.

Suku bunga utama ECB masih berada di level -0.5 %. Suku bunga negatif dimaksudkan untuk mendorong bank-bank komersial agar meminjamkan uangnya ke nasabah, ketimbang memarkirkannya di bank sentral.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS (XAU USD)

Menurut analisa fundamental, Harga emas masih di bayangi penguatan oleh epidemi dampak virus corona. Yang telah menghambat pertumbuhan ekonomi global sampai saat ini.

Selain itu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) juga menyatakan virus corona meningkat statusnya menjadi pandemi. Yang memicu permintaan safe-haven tambahan seperti emas. Wabah coronavirus telah meningkat di atas 120.000 di lebih dari 100 negara, dengan kematian melebihi 4.300.

Disisi lain, Harga emas mendapat dukungan dari ekspektasi untuk pemotongan suku bunga tambahan Fed. Pasar telah sepenuhnya memberi harga dalam pemotongan suku bunga Fed. 75 bp tambahan pada pertemuan FOMC minggu depan (18-19 Maret) dan kemungkinan pemotongan lebih lanjut di akhir tahun ini.

Menurut analisa, harga emas berpotensi meningkat seiring dukungan bank-bank sentral global untuk memangkas suku bunganya. Dimulai dari BOE Rabu kemarin, juga diperkirakan akan dilakukan oleh ECB. Pada hari Kamis ini dan The Fed pada minggu depan. Pelemahan bursa saham Amerika Serikat yang juga dapat menekan bursa global lainnya hari ini, dapat memicu pembelian emas.

ANALISA TEKNIKAL EMAS ( XAU USD )

Menurut analisa teknikal, Harga emas saat sedang menguji kembali level psikologis $ 1600 sebagai konfirmasi kembali kenaikan harga emas. Akan tetapi, Jika harga emas bertahan dibawah level pivot point $1586. Maka harga emas dapat mengalami koreksi kembali di level support 1 $ 1566.

Fokus pelaku pasar masih pada dampak virus corona terhadap pertumbuhan ekonomi, yang menyebabkan bank-bank sentral dunia memangkas suku bunga. Meski data tenaga kerja Amerika Serikat membaik, diperkirakan tidak akan berpengaruh pada FOMC meeting tanggal 18-19 nanti. Sebagian analis malah memperkirakan The Fed akan
memotong suku bunga lagi.

Minggu ini emas diperkirakan bergerak di range $ 1566 – $ 1605 Jika harga emas dapat menembus resistance 1 $ 1605. Maka harga emas dapat melanjutkan kenaikan kembali ke resistance 2 $ 1625/troy ons dan resistance 3 $ 1634/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1566. Maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke level support 2 $ 1547 dan support 3 $ 1535.
SOLID BERJANGKA

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2039 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*