SOLID BERJANGKA | SENTIMEN GLOBAL SAAT INI

SOLID BERJANGKA
SOLID BERJANGKA

SOLID BERJANGKA – HARGA EMAS KEMBALI MELEMAH DITENGAH KEKHAWATIRAN PARA INVESTOR TERHADAP SENTIMEN GLOBAL SAAT INI

SOLID BERJANGKA JAKARTA – Harga emas kembali melanjutkan penurunan sebesar -0.9 % disesi perdagangan pada hari Kamis (19/Mar). Mendekati level terendah bulan ini di level $ 1464.15/troy ons. Seiring kekhawatiran para pelaku pasar terhadap memburuknya kasus epidemi virus corona. Dan kejatuhan ekonomi global yang membuat para investor panic selling.

Disisi lain, Indeks Dollar Amerika Serikat (DXY) dalam 2 pekan terakhir sudah meroket hingga 5 %. Kondisi paling parah dirasakan oleh mata uang-mata uang negara yang mengandalkan ekspor, seperti Dollar Australia dan Dollar New Zealand. Bank-bank sentral dunia saat ini tengah gencar melakukan pelonggaran moneter ataupun injeksi stimulus demi menanggulangi dampak ekonomi akibat pandemi Corona.

Setelah The Fed memotong suku bunga dua kali dalam bulan ini. The Fed menyatakan akan mengaktifkan kembali fasilitas pendanaan yang pernah digunakan di masa krisis finansial tahun 2008 silam. Tujuannya agar bisa memberikan kredit secara langsung ke bisnis-bisnis dan masyarakat.

Selain itu, European Central Bank (ECB) juga melangkah masuk dan berkata akan membeli 750 miliar Euro di dalam saham untuk melikuidkan sistem keuangan Eropa. ECB memberikan nama untuk usaha ini sebagai “Pandemic Emergency Purchase Program”.

ANALISA FUNDAMENTAL

Menurut analisa fundamental, Pemotongan suku bunga The Fed ke level nol pada hari Minggu kemarin, rupanya tidak lantas menggenjot harga emas seperti di era krisis finansial sebelumnya.

Harga emas mendapatkan “support” setelah Federal Reserve Amerika Serikat mengumumkan pembukaan kembali program pendanaan “commercial paper” darurat yang digunakan pada saat krisis keuangan tahun 2008. Tindakan the Fed ini juga mendukung pasar saham Amerika Serikat dengan harga-harga mengalami rally setelah berita-berita dari the Fed.

Breaking News :
Minggu ini, fokus pelaku pasar akan tertuju pada FOMC meeting. Investor akan mencermati kemungkinan adanya stimulus tambahan, proyeksi ekonomi Amerika Serikat, serta pernyataan ketua The Fed Jerome Powell pada konferensi pers.

Disamping The Fed, BoJ juga akan mengadakan meeting minggu ini, yang diperkirakan turut menghasilkan pengumuman stimulus tambahan. Jika The Fed dan BoJ dianggap dovish, kemungkinan harga emas akan rebound.

ANALISA TEKNIKAL EMAS ( XAU USD )

Menurut analisa teknikal, Harga emas saat ini sedang menguji kembali level psikologis $ 1500 sebagai konfirmasi kembali kenaikan harga emas. Akan tetapi, Jika harga emas bertahan dibawah level pivot point $ 1484/troy ons maka harga emas dapat mengalami koreksi kembali di level support 1 $ 1466/troy ons.

Minggu ini, fokus pelaku pasar akan tertuju pada FOMC meeting. Investor akan mencermati kemungkinan adanya stimulus tambahan, proyeksi ekonomi Amerika Serikat, serta pernyataan ketua The Fed Jerome Powell pada konferensi pers.

Minggu ini emas diperkirakan bergerak di range $ 1557 – $ 1445/troy ons Jika harga emas dapat menembus resistance 1 $ 1501/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan kenaikan kembali ke resistance 2 $ 1529/troy ons Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1484/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 $ 1466/troy ons dan support 3 $ 1445/troy ons .
SOLID BERJANGKA

Sumber : Vibiznews

About solid gold 2107 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*