SOLID GOLD | $ 1800 INVESTOR TAKING PROFIT

SOLID GOLD
SOLID GOLD

SOLID GOLD – HARGA EMAS BERGERAK DI BAWAH LEVEL PSIKOLOGIS $ 1800, INVESTOR TAKING PROFIT

SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas disepanjang pekan lalu mengalami kenaikan yang cukup tajam hingga memecahkan rekor tertinggi 8 tahun terakhir pada hari Rabu (08/Juli) naik hingga 1,35 % ke level $ 1818.10/troy ons dan disesi akhir penutupan perdagangan pada hari Jumat lalu (10/Juli) harga emas gagal bertahan di level psikologis dan tutup pada level $ 1798.20/troy ons karena sentimen masih cenderung mixed.

Secara umum, kenaikan harga emas dunia tersebut dipicu oleh meningkatnya kekhawatiran yang ditimbulkan oleh penyebaran virus corona (Covid-19) terhadap pertumbuhan ekonomi global yang dapat berujung pada resesi. Hal tersebut membuat investor berburu aset safe haven seperti logam emas sebagai lindung nilai (hedging). Harga emas di pasar spot memang sedang dibanjiri sentimen positif sejak awal pekan di tengah kekhawatiran bahwa jumlah kasus virus corona baru yang terus meningkat di seluruh dunia. Hal tersebut dapat memicu tindakan pembatasan aktivitas kembali (lockdown) dan sekali lagi menghentikan kegiatan ekonomi.

Pada gilirannya, mengurangi prospek untuk pemulihan ekonomi berbentuk kurva V dan berdampak pada sentimen risiko global.

Selanjutnya, memanasnya kembali situasi di Laut China Selatan (LCS) membuat harga aset-aset lindung nilai seperti emas berhasil menguat. Klaim China yang menguasai 80% LCS atau 2.000 km area dan latihan militer pekan lalu, mengundang Amerika Serikat masuk ke perairan.

Sedangkan penurunan emas pada dua hari perdagangan terakhir terjadi dikarenakan oleh aksi profit taking investor karena selama 2 pekan terakhir harga emas sudah membumbung tinggi. Faktanya banyak analis memprediksi harga emas akan mencetak rekor tertinggi sepanjang masa dalam waktu dekat yaitu $ 1.921/troy ons. Bahkan ada ramalan yang sangat ekstrim yaitu emas dunia diprediksi terbang hingga $ 10.000/troy ons, oleh Dan Olivier, pendiri Myrmikan Capital. Ini adalah perusahaan pengelola dana yang berbasis di New York yang fokus pada riset emas (Myrmikan Research) dan pengelola dana Myrmikan Gold Fund.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS ( XAUUSD )

Menurut analisa fundamental, Para pelaku pasar perlu mencermati perkembangan pandemi virus corona, baik di dalam negeri maupun secara global. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan, jumlah pasien positif corona di seluruh dunia per 11 Juli adalah 12.322.395 orang.

Bertambah 220.067 orang (1,82%) dibandingkan sehari sebelumnya. Ada kecenderungan yang agak mengkhawatirkan, jumlah kasus corona dalam tiga hari terakhir selalu bertambah lebih dari 200.000. Ini membuat kurva kasus yang sempat melandai jadi melengkung ke atas lagi.

Disisi lain, Presiden Amerika Serikat memutuskan berfikir untuk menerima persetujuan perdagangan antara Amerika Serikat – Cina. Ia menilai hubungan kedua negara telah rusak karena Covid-19. Dipercayai sebagai negara dengan kasus Covid-19 terparah di dunia. Amerika Serikat juga menuding China biang kerok Covid-19, karena ada kemungkinan ditemukan pertama kali di Wuhan. Dahulu, Amerika Serikat dan Cina sudah terjerat perang dagang sejak 2018. Namun Januari 2020, kedua negara sepakat perjanjian damai. Di mana, China setuju membeli sejumlah produk pertanian US $ 200. Namun, disetujui karena Covid-19 yang jadi pandemi membuat hubungan yang terkait dengan memanas.

ANALISA TEKNIKAL EMAS ( XAUUSD )

Secara teknikal, Harga emas kini telah berhasil menembus level psikologis $1.800/troy ons. jika harga emas bergerak dan bertahan diatas level tersebut, maka harga emas masih dapat melanjutkan penguatan untuk menembus resisten-resisten berikutnya. Akan tetapi, jika harga emas bergerak kembali dibawah level psikolohis $ 1800/troy ons, kemungkinan besar harga emas berpotensi koreksi ke level
$ 1750/troy ons.

Sementara itu, hasil survei Kitco terhadap 17 analis di Wall Street menunjukkan 12 orang atau 70% memprediksi emas akan menguat lagi pekan ini. Sebanyak 18% memprediksi melemah, dan sisanya netral.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $1818/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1830/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1794/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di
level $ 1782/troy ons dan support 3 $ 1761/troy ons.
SOLID GOLD

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2108 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*