SOLID GOLD | AKIBAT LONJAKAN KASUS COVID-19

SOLID GOLD
SOLID GOLD

SOLID GOLD – PREPARE BUY! HARGA MENGUAT PASCA PEMBAHASAN STIMULUS AMERIKA SERIKAT AKIBAT LONJAKAN KASUS COVID-19

SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas menguat diakhir sesi penutupan perdagangan pada hari Jumat (20/November) naik hingga 0.26 % atau mencapai level $ 1879.90/troy ons sebelum tutup di level $1870.35/troy ons. penguatan harga emas dipicu oleh pernyataan Menteri Keuanagan Amerika Serikat Steven Mnuchin tentang kelanjutan negosiasi stimulus moneter.

Menkeu Mnuchin mengatakan bahwa dirinya dan Kepala Staf Gedung Putih, Mark Meadows, akan membuka pembicaraan dengan para pemimpin Kongres dari Partai Republik. Mereka berkomitmen untuk kembali bernegosiasi soal tambahan bantuan ekonomi. Namun, sejumlah sumber menuturkan bahwa tujuan utama Mnuchin menggelar kembali negosiasi adalah untuk mengalihkan dana yang sebelumnya dialokasikan untuk
CARES ACT ke anggaran lain. Investor khawatir hal ini bakal mengakhiri program bantuan yang menjaga kepercayaan mereka terhadap pasar Amerika Serikat.

David Meger selaku direktur perdagangan logam mulia di High Ridge Futures mengatakan bahwa wacana mengenai tambahan stimulus kembali membuat bullish emas bersemangat. “… seperti yang ketahui bahwa likuiditas bank sentral dan kebijakan stimulus fiskal terus menjadi penentu di balik pasar ini,” kata Meger.

Meskipun harga emas sudah merosot sekitar 5 % sejak kabar tentang kesuksesan eksperimen vaksin Pfizer dan Moderna, tetapi secara umum, harga emas masih sangat kuat tahun ini. Pandemi yang memaksa berbagai negara untuk menggelontorkan stimulus, sehingga membuat harga emas diburu sebagai investasi dengan nilai
lindung terbaik (hedging).

Keadaan tersebut diproyeksi bakal bertahan lama, mengingat implementasi dan distribusi vaksin virus Corona tidak bisa instan. “Butuh waktu berbulan-bulan untuk vaksin dapat didistribusikan dengan baik dan efektif. Disamping itu, pemerintah Amerika Serikat juga masih menemui jalan buntu,” komentar analis CPM Group Jeffrey Christian mengenai stimulus fiskal Amerika Serikat.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS (XAUUSD)

Menurut analisa fundamental, Kasus corona di Amerika Serikat makin tinggi. Bahkan angka pasien yang dirawat di rumah sakit melonjak 50 % selama dua minggu terakhir. Ini memicu aturan pengetatan baru di sejumlah negara bagian Amerika Serikat. Di New York misalnya, sekolah dan bisnis kembali ditutup untuk memperlambat penyebaran.

Rhode Island juga melakukan hal serupa. Gubernur mengumumkan periode ‘jeda’ selama dua minggu per 30 November, menghentikan semua kelas tatap muka, menutup bar dan membatasi kapasitas restoran dan rumah ibadah.

Michigan pun sudah menutup kebugaran, sekolah dan tempat hiburan sudah ditutup sejak Rabu (18/Nov/2020).

Sementara Minnesota yang mencatat lonjakan infeksi tinggi, akan menutup area publiknya hingga 18 Desember nanti seiring makin penuhnya keterisian rumah sakit.
Sebelumnya CNBC International menyebut, penasihat virus corona Biden menyetujui penguncian nasional untuk mengendalikan virus corona (Covid-19) di Amerika Serikat. Pemerintah juga dapat meminjam dana untuk menggelontorkan paket khusus guna menutupi pendapatan warga yang hilang akibat langkah itu. Ini diyakini akan tetap membawa ekonomi di jalur yang tepat, sampai vaksin benar-benar disetujui dan didistribusikan. Menurutnya tenaga medis sudah kewalahan.

ANALISA TEKNIKAL EMAS (XAUUSD)

Secara teknikal, Hanya saja ke depan masih ada beberapa risiko serta potensi untuk kenaikan harga emas. Menurut analis pasar dari OANDA yaitu Edward Moya, emas masih punya tiga katalis utama yang bisa mendongkrak harganya ke US $ 2.300/troy ons untuk paruh pertama tahun 2021. Katalis pertama adalah melonjaknya kasus
infeksi Covid-19 di Amerika Serikat. Moya memperkirakan dalam sehari angka pertambahan kasus infeksi Covid-19 di Amerika Serikat bakal tembus 200.000.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1896/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1907/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1874/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1863/troy ons dan support 3 $ 1850/troy ons.
SOLID GOLD

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2138 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*