SOLID GOLD | AMERIKA & TIONGKOK, SERTA RENCANA STIMULUS

SOLID GOLD
SOLID GOLD

SOLID GOLD – HARGA EMAS MENJADI PRIMADONA DITENGAH KETEGANGAN ANTARA AMERIKA SERIKAT DAN CHINA SERTA RENCANA STIMULUS AMERIKA SERIKAT

SOLID GOLD JAKARTA – Di sepanjang pekan lalu harga emas kembali mencetak rekor kenaikan hingga 2.36 % atau mencapai level tertinggi 9 tahun terakhir pada level $ 1751.70/troy ons. Hal ini menunjukan bahwa harga emas selalu mengalami kenaikan tahun ke tahun (year on year) seiring harga emas sebagai aset safe haven (tempat berlindung yang cukup aman) ditengah sentimen-sentiment global.

Apresiasi kenaikan harga emas disepanjang pekan lalu dikarenakan Meningkatnya ketegangan antara Amerika Serikat dengan Tiongkok setelah Presiden Aamerika Serikat Donald Trump pada hari Kamis mengatakan bahwa dia tidak punya minat untuk berbicara dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping sementara menambahkan bahwa dia bisa memutuskan hubungan sama sekali dengan Cina. Trump sudah menghubungi Cina dan menyatakan kekecewaannya akan kegagalan Cina dalam menangani coronavirus.

Ketegangan meruncing lebih jauh pada hari Jumat ketika pemerintah Trump mengumumkan bahwa mereka sedang bergerak untuk memblokade pengiriman “semikondukter” untuk Huawei Technologies dari para pembuat chip global.

Sebagai respon, Cina mengatakan bahwa mereka siap untuk menempatkan perusahaan-perusahaan Amerika ke dalam daftar “perusahaan yang tidak bisa dipercaya” yang termasuk Apple, Cisco Systems, dan Qualcomm. Cina juga berkata bahwa mereka akan menghentikan pembelian pesawat Boeing. Ketegangan ini kelihatannya tidak akan membaik. Semakin lama terjadi problem dengan coronavirus, semakin akan meningkat retorika antara Aamerika Serikat dengan Tiongkok.

Langkah berikutnya terhadap pergerakan harga emas adalah mencapai level $ 1,800/troy ons yang hanya tinggal masalah waktu. Dari medan data makro ekonomi, situasi terus memburuk. Buruknya data ekonomi akan membatasi sentimen investasi yang “risk-on”, dimana ini menguntungkan bagi emas.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS ( XAUUSD )

Menurut analisa fundamental, Harga emas pekan ini berpotensi menguat dalam jangka pendek seiring kembali meningkatnya ketegangan isu geopolitik Antara Aamerika Serikat dan China setelah pernyataan Presiden As Donald Trump dalam konferensi pers.

Selain itu, Powell janjikan tambahan stimulus meski bukan berupa suku bunga negative. Pimpinan bank sentral Aamerika Serikat tersebut menegaskan bahwa untuk saat ini, perangkat kebijakan yang sedang diimplentasikan. Oleh karena itu, suku bunga negatif tidak diperlukan.

Sedangkan menanggapi perbandingan dengan Eropa dan Jepang yang telah menerapkan suku bunga negatif, Powell mengatakan bahwa hal itu karena ekonomi kedua wilayah itu sudah melambat sejak sebelum pandemi.

Sementara ekonomi Amerika Serikat tangguh sebelum pandemi. Berbicara tentang pembukaan kembali aktivitas ekonomi pasca Lockdown, Powell menyebut bahwa hal itu mengandung risiko. Lemahnya pertumbuhan dan income yang stagnan tidak bisa dihindari.

Oleh karena itu, Powell mengatakan bahwa The Fed akan mendukung rencana pembukaan ekonomi kembali dengan menggelontorkan tambahan stimulus apabila diperlukan.

ANALISA TEKNIKAL EMAS ( XAUUSD )

Menurut analisa teknikal, Harga emas sedang berada dalam trend bullish dari pertengahan bulan maret 2020 hingga saat ini. Harga emas masih dapat melanjutkan penguatan dalam jangka panjang dan dapat berpotensi menguat mencapai level tertinggi pada tahun 2020 di level $ 1795.90/troy ons.

Fokus para investor tertuju pada data penting yang berdampak tinggi terhadap pergerakan pasar pekan ini yaitu testimony dari ketua The Fed, Manufaktur PMI Amerika Serikat dan Meeting FOMC.

Minggu ini, harga emas diperkirakan bergerak di range $ 1775 – $ 1714/troy ons. Jika, harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1759/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1775/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1729/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1714/troy ons dan support 3 $ 1700/troy ons.
SOLID GOLD

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2086 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*