SOLID GOLD | BANYAK NEGARA RESMI MENGALAMI RESESI

SOLID GOLD
SOLID GOLD

SOLID GOLD – HARGA EMAS BERKILAU, AMERIKA SERIKAT DAN NERGARA LAINNYA RESMI MENGALAMI RESESI

SOLID GOLD JAKARTA – Harga emas kembali mencetak rekor tertinggi sepanjang sejarah diakhir sesi perdagangan pada hari Jumat (31/Juli) naik hingga 1.02 % mencapai level $ 1982.90/troy ons dan sekaligus mengakhiri reli 9 hari beruntun. Penguatan harga emas didorong oleh terjadinya resesi di 3 benua. Sepanjang bulan Juli harga emas sudah melesat lebih dari 10 %, sementara sejak awal tahun nyaris 30 %.

Di Asia, Hong Kong melaporkan pertumbuhan ekonomi kuartal II-2020 yang berkontraksi (tumbuh minus) 9 % year-on-year (YoY), sementara di kuartal sebelumnya -9,1 % YoY. Sebelum Hong Kong, Jepang, Singapura dan Korea Selatan sudah lebih dulu masuk ke jurang resesi.

Dari Asia beralih ke Eropa, Jerman juga mengalami nasib yang sama. Produk domestic bruto (PDB) di kuartal II-2020 dilaporkan -11,7 % YoY, sementara di kuartal sebelumnya -2,3 YoY. Motor penggerak ekonomi Eropa ini pun sah mengalami resesi.

Secara kuartalan, PDB mengalami kontraksi 10,1 % dari kuartal I-2020. Kemerosotan tersebut menjadi yang terdalam sejak 1970. Beralih ke benua Amerika, sang Negeri Adikuasa, Amerika Serikat, akhirnya resmi mengalami resesi. Produk domestik bruto (PDB) di kuartal II-2020 dilaporkan mengalami kontraksi 32,9 %. Kontraksi tersebut menjadi yang paling parah sepanjang sejarah Amerika Serikat. Di kuartal I-2020, perekonomiannya mengalami kontraksi 5 %, sehingga sah mengalami resesi.

Bukan kali ini saja Amerika Serikat mengalami resesi, melansir Investopedia, Amerika Serikat sudah mengalami 33 kali resesi sejak tahun 1854. Sementara jika dilihat sejak tahun 1980, Amerika Serikat mengalami empat kali resesi, termasuk yang terjadi saat krisis finansial global 2008. Artinya, resesi kali ini akan menjadi yang ke-34 bagi Amerika Serikat. Amerika Serikat bahkan pernah mengalami yang lebih parah dari resesi, yakni Depresi Besar (Great Depression) atau resesi yang berlangsung selama 1 dekade, pada tahun 1930an. Tetapi kontraksi ekonominya tidak sedalam di kuartal II-2020. Isu resesi tersebut menjadi salah satu “bensin” bagi emas hingga mencetak rekor tertinggi sepanjang masa.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS ( XAUUSD )

Menurut analisa fundamental, Resesi dan krisis ekonomi kini menjadi perhatian seluruh negara. Ada enam negara yang sudah jatuh ke dalam resesi. Mereka adalah Amerika Serikat, Jerman, Korea Selatan, Hong Kong, Singapura dan Perancis. Negara-negara ini mengalami resesi karena dua kuartal pertumbuhan ekonominya mengalami kontraksi atau minus dalam dua kurtal.

Resesi bisa tak segera di atasi maka negara bisa jatuh ke dalam krisis ekonomi. Adanya potensi ini disuarakan Dana Moneter Internasional (IMF) dalam outlook bertajuk A Crisis Like No Other, An Uncertain Recovery.

IMF bahkan menamai krisis saat ini sebagai “Great Lockdown”. Lembaga itu bahkan berujar krisis tidak seperti apapun yang pernah dilihat di dunia sebelumnya.

Bank Dunia dalam outlook ekonomi global terbarunya “Global Economic Prospects” 8 Juni lalu meramalkan ekonomi bakal menyusut 5,2% tahun ini. Lembaga ini menyebut, krisis pada masa ini adalah resesi terdalam sejak Perang Dunia II.

ANALISA TEKNIKAL EMAS ( XAUUSD )

Secara teknikal, Pergerakan emas dengan menggunakan periode harian, saat ini emas berada di area resistance yang menunjukkan pergerakan selanjutnya cenderung masih naik lebih lanjut untuk jangka menengah hingga jangka panjang.

Untuk melanjutkan kenaikan, perlu melewati level resistance selanjutnya yang berada di area $ 2000/troy ons yang sekaligus menjadi harga tertinggi sepanjang masa. Sementara untuk merubah bias menjadi bearish perlu melewati level support yang berada di area $ 1950/troy ons hingga area $1900/troy ons. Harga emas perlu
melewati salah satu level resistance atau support, untuk melihat arah pergerakan selanjutnya.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1987/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 2000/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1962/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di
level $ 1950/troy ons dan support 3 $ 1935/troy ons.
SOLID GOLD

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2086 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*