PT SOLID GOLD BERJANGKA | MENOPANG PENGUATAN HARGA EMAS

SOLID GOLD BERJANGKA
SOLID GOLD BERJANGKA

PT SOLID GOLD BERJANGKA – ANCAMAN INFLASI AMERIKA SERIKAT YANG TINGGI MASIH MAMPU MENOPANG PENGUATAN HARGA EMAS

PT SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA Harga emas sempat melemah tipis disesi perdagangan Asia. Pada hari Rabu (05/Mei) turun hingga -0.31 % ke level $ 1769.70/troy ons. Namun, pelamahan harga sangat terbatas. Pasca laproan rilis data slip gaji April juga menunjukkan perbaikan dengan tambahan 742k slip baru, menurut ADP. Namun, hasil tertsebut masih di bawah proyeksi 800k unit.

Harga emas selalu gagal menembus level psikologis $ 1.800/troy ons belakangan ini. Namun tren kenaikan cenderung terlihat sejak awal April lalu dan telah membukukan penguatan 3.6 % sepanjang bulan April lalu.

Harga emas mulai bergerak konsisten di atas level $ 1.750/troy ons sejak minggu ketiga April di mulai.

Disisi lain, Menteri Keuangan Amerika Serikat, Jenet Yellen juga turut membuat harga emas tertekan. Yellen menyatakan suku bunga harus naik agar perekonomian tidak mengalami overheating. “Mungkin suku bunga harus naik untuk memastikan bahwa ekonomi kita tidak overheating,”. Kata Yellen dalam percakapan yang direkam sebelumnya dengan The Atlantic, dikutip CNBC Internasional.

Pernyataan Yellen tersebut tentunya memicu ekspektasi The Fed. Kemungkinan akan menaikkan suku bunga lebih cepat dari perkiraan, dan indeks dollar Amerika Serikat berbalik menguat. Akan tetapi, Bank Sentral dunia memompa likuiditaslebih dari US $ 12 triliun ke sistem keuangan. Banyak yang khawatir inflasi tinggi bakal terjadi. Pasokan uang yang tumbuh dengan pesat bisa memantik terjadinya kenaikan harga emas sebagai aset safe haven.

Alasan emas masih diminati para investor karena harga emas berperan sebagai lindung nilai (hedging) terhadap inflasi. Di tengah kebijakan bank sentral global yang ultra akomodatif dengan suku bunga rendah. Dan kebijakan cetak uang yang menggembungkan neraca bank sentral hingga US$ 12 triliun, ekspektasi inflasi meningkat.

ANALISA FUNDAMENTAL

Menurut Analisa fundamental, pekan ini sentimen negatif datang dari Menteri Keuangan Amerika Serikat. Janet Yellen Utarakan Pernyataan Hawkish yang mengatakan bahwa suku bunga mungkin perlu dinaikkan. Untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat, khususnya di tengah gelontoran stimulus pemerintah yang mencapai triliunan Dollar Amerika Serikat.

Indeks Dollar Amerika Serikat kembali perkasa setelah Janet Yellen menyatakan suku bunga harus naik agar perekonomian tidak mengalami overheating. Yellen adalah mantan ketua bank sentral Amerika Serikat (The Fed) sebelum Jerome Powell. Artinya, dia sebelumnya merupakan orang paling powerful di dunia finansial, pernyataannya dulu selalu menjadi penggerak pasar.
Meski demikian, Yellen menegaskan dirinya tetap akan menghormati independensi The Fed dan tak akan mencoba mempengaruhi.

Untuk minggu ini, fokus pasar akan tertuju pada data ketenagakerjaan Amerika Serikat. Untuk bulan April, yaitu Non Farm Payrolls (NFP), tingkat pengangguran dan upah rata-rata per jam. NFP diperkirakan naik menjadi 975,000 job, sementara tingkat pengangguran diperkirakan turun menjadi 5.7 %.

ANALISA TEKNIKAL

Secara teknikal, Harga emas mulai konsisten di atas level psikologis US $ 1.750/troy ons sejak minggu ketiga April di mulai. Untuk saat ini, harga emas belum nampak akan menguat tajam lagi dalam jangka pendek ini. Hal tersebut terlihat dari rata-rata pergerakan harga (Moving Average/MA) 50 yang berada di bawah MA 100 dan MA 200.

Setidaknya harga emas harus tembus US$ 1.800 terlebih dahulu. Karena selain menjadi level psikologis dan resisten yang kuat, level tersebut juga mencerminkan rata-rata harga 100 harian (MA100) emas.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1800/troy ons. Maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1817/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1760/troy ons. Maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2, di level $ 1745/troy ons dan support 3 $ 1731/troy ons.
PT SOLID GOLD BERJANGKA

SGB Jakarta / Tulus Rifwandi Gea

About solid gold 2233 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*