SOLID GOLD BERJANGKA | BASIS POIN ATAU MINUS

SOLID GOLD BERJANGKA
SOLID GOLD BERJANGKA

SOLID GOLD BERJANGKA – HARGA EMAS BERKILAU KEMBALI PASCA THE FED MEMPERKIRAKAN PEMANGKASAN SUKU BUNGA SEBESAR 50 BASIS POIN ATAU MINUS

SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Harga emas kembali berkilau di sesi perdagangan Eropa pada hari selasa (03/Mar). Naik tajam sebesar 3.38 % setelah turun dibawah level psikologis $ 1600 mencapai level $ 1649.30/troy ons. Pasca Federal Reserve mengejutkan pasar dengan pemotongan tingkat bunga sebesar 50 basis poin.

Di dalam pernyataannya, bank sentral Amerika Serikat ini mengatakan. Di hadapan resiko dan sebagai dukungan untuk tercapainya tujuan “employment” yang maximum dan stabilitas harga. Federal Open Market Committee memutuskan pada hari ini untuk menurunkan tingkat bunga sebesar 50 basis poin. Menjadi 1 % – 1 ¼ %.” Ini adalah pertama kalinya. Federal Reserve membuat pemotongan tingkat suku bunga yang tajam sejak krisis keuangan tahun 2008.

Pemungutan suara untuk dipangkasnya tingkat bunga sebesar 50 basis poin diambil secara aklamasi oleh komite. Pemangkasan ini datang setelah Federal Reserve dan Departemen Treasury Amerika Serikat mengadakan konferensi per telpon dengan rekan-rekan mereka dari G7.

Pejabat Federal Reserve berkata di dalam pernyataan bersama setelah “call conference”. ”Dengan adanya dampak yang potensial dari Covid-19 atas pertumbuhan global. Kami menegaskan komitmen kami untuk menggunakan semua peralatan kebijakan yang pantas untuk mencapai pertumbuhan yang kuat. Dan berkelanjutan dan mengamankan terhadap resiko penurunan. “

ANALISA FUNDAMENTAL (XAU USD)

Menurut analisa fundamental, sentimen kenaikan harga emas sebenarnya masih tinggi, didukung oleh:

– Penyebaran wabah virus corona (Covid-19) di luar China yang sangat cepat.
– Spekulasi pemotongan suku bunga The Fed pada meeting tanggal 18-19 bulan ini.

Para bank sentral yang termasuk Federal Reserve Amerika Serikat, European Central Bank. Bank of Japan dan Bank of England telah berikan petunjuk akan bertindak dalam beberapa hari terakhir.

Karena adanya ekspektasi pengurangan suku bunga, fed fund futures menilai 100 % peluang. Bahwa Federal Reserve akan memangkas suku bunga sebsar 50 basis poin pada pertemuam mereka di tanggal 18 Maret.

Suku bunga yang lebih rendah akan mengurangi biaya oportuniti dari kepemilikan emas yang merupakan aset non imbal hasil.

ANALISA TEKNIKAL EMAS (XAU USD)

Menurut analisa teknikal, Harga emas saat sedang menguji kembali reistance 1 $1672 sebagai konfirmasi kembali kenaikan harga emas. Akan tetapi, Jika harga emas bertahan dibawah level pivot point $ 1648. Maka harga emas dapat mengalami koreksi kembali di level support 1 $ 1624.

Data penting minggu ini adalah tenaga kerja Amerika Serikat (Non Farm Payrolls, upah, pengangguran dan ADP Non Farm). ISM Manufacturing dan Non Manufacturing Amerika Serikat, serta suku bunga RBA dan BoC. Meski demikian, berita mengenai perkembangan virus corona dan pasar saham masih akan lebih berdampak pada pergerakan harga emas.

Minggu ini emas diperkirakan bergerak di range $ 1624 – $ 1672 Jika harga emas dapat menembus resistance 1 $ 1672. Maka harga emas dapat melanjutkan kenaikan kembali ke resistance 2 $ 1697 sebagai level tertinggi 2013.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1624. Maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke level psikologis $ 1600.
SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : SGB JAKARTA (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2018 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*