SOLID GOLD BERJANGKA | DEBAT CAPRES AMERIKA PEKAN INI

SOLID GOLD BERJANGKA
SOLID GOLD BERJANGKA

SOLID GOLD BERJANGKA – HARGA EMAS MENGUAT MENJELANG DEBAT CAPRES AMERIKA SERIKAT PEKAN INI

SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Harga emas mencatat penguatan di akhir sesi perdagangan pada hari Selasa (20/Oktober) naik hingga 0.15 % atau mencapai level $ 1.914,10/troy ons di tengah negosiasi stimulus yang menghadapi jalan buntu berbulan-bulan setelah berakhirnya masa berlaku UU stimulus pertama pada Juli. Sejak itu, pertumbuhan lapangan kerja melambat tetap belanja konsumen membaik.

Namun, beberapa indikator menunjukkan dampak stimulus pertama mulai pudar dan perlu ada paket stimulus selanjutnya. Fraksi Partai Demokrat di DPR telah meloloskan dua draf UU tetapi dipatahkan di Senat yang dikuasai Partai Republik. Terakhir, Partai Demokrat menginginkan stimulus senilai US$ 2,2 triliun, sedangkan Gedung Putih mengusulkan US$ 1,9 triliun.

Andrew Smith, Kepala Perencana Investasi Delos Capital Advisors, menilai kegagalan meloloskan kesepakatan stimulus pekan ini tak membuat ekonomi jatuh kembali ke resesi, tapi tetap berimbas pada lambatnya pemulihan ekonomi. “Kami tak percaya bahwa siklus bisnis yang baru bakal terpatahkan begitu saja jika kesepakatan stimulus gagal dicapai, tapi kami memang percaya, jika tercapainya kesepakatan stimulus dari sisi fiskal bakal membantu melejitkan ekonomi menuju siklus bisnis baru lebih cepat dari yang kami perkirakan sejauh ini,” ujar Smith.

Disisi lain, debat Capres Amerika Serikat pada Kamis (22/Oktober) nanti antara Presiden Donald Trump dan penantangnya dari Partai Demokrat, mantan wakil presiden Joe Biden akan dilengkapi tombol menyenyapkan atau “mute”. Penyelenggara mengatakan, Senin (19/Oktober), tombol itu memungkinkan setiap calon berbicara tanpa gangguan. Dengan demikian, menghindari gangguan yang merusak debat pertama presiden. Komisi Debat Kepresidenan mengatakan mikrofon masing-masing calon akan dimatikan untuk memungkinkan yang lain menyampaikan pidato selama dua menit di awal setiap segmen debat yang berdurasi 15 menit.

ANALISA FUNDAMENTAL (XAUUSD)

Menurut analisa fundamental, Pekan ini akan dilangsungkan debat calon presiden babak terakhir. Ada enam topik yang akan dibahas yaitu perang melawan pandemi virus corona, keluarga, ras, perubahan iklim, keamanan nasional, dan kepemimpinan.

Selain pilpres, stimulus fiskal di Amerika Serikat akan menentukan arah pergerakan emas. Stimulus fiskal begitu juga dengan stimulus moneter merupakan bahan bakar emas untuk menguat. Ketua DPR (House of Representatif) yang berasal dari Partai Demokrat, Nancy Pelosy, memberikan tenggat waktu 48 jam sejak hari Minggu kemarin untuk mencapai kesepakatan dengan Pemerintah Amerika Serikat guna mencairkan stimulus moneter sebelum pilpres 3 November 2020.

Harapan akan cairnya stimulus Amerika Serikat tersebut membuat emas menguat hari ini, dan 48 jam ke depan akan menentukan apakah harga emas mampu melesat lagi atau malah kembali melempem seperti pekan lalu.

ANALISA TEKNIKAL EMAS (XAUUSD)

Secara teknikal, Pekan ini ada 16 analis berpartisipasi dalam survey yang dilakukan Kitco News pada minggu ini, mayoritas analis Wall Street melihat ada kemungkinan kenaikan harga emas minggu depan. Ada sebanyak 10 analis atau 63 % menyerukan kenaikan akan harga emas. Lalu 2 analis atau 13 % menyerukan harga akan lebih rendah  minggu ini dan 4 analis atau 25 % melihat harga bergerak stabil (sideways).

Meskipun sentimen di kalangan pemilih ritel tetap bullish, namun minat investor terhadap emas masih terbatas. Sebab harga emas masih tetap tertahan di sekitar US $ 1.900 per ounce.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1913/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1925/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1889/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1877/troy ons dan support 3 $ 1865/troy ons.
SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2106 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*