SOLID GOLD BERJANGKA | DITENGAH ANCAMAN RESESI GLOBAL

SOLID GOLD BERJANGKA
SOLID GOLD BERJANGKA

SOLID GOLD BERJANGKA – HARGA EMAS KEMBALI BERKILAU DITENGAH ANCAMAN RESESI GLOBAL

SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Harga emas naik tajam sebesar 2.6 % disesi perdagangan eropa pada hari Selasa malam (17/Mar). Mencapai level $1 553.90/troy ons seiring dengan pengumuman bahwa Federal Reserve membangun fasilitas pinjaman untuk membantu perusahaan di Amerika Serikat. Dalam memutar balik hutang jangka pendek, area utama pasar yang membeku selama pandemi virus corona.

Ancaman resesi global di tengah kekhawatiran pelaku pasar terhadap penyebaran dan peningkatan jumlah penderita korona. Yang juga telah menyeret kejatuhan global pasar ekuitas berpeluang menopang kenaikan harga emas. Dalam gejolak pasar yang terlihat di pasar selama krisis kesehatan, harga emas rebound dari penurunan terbesar mereka sejak 1987. Naik bersama dengan Indek Dollar Amerika Serikat.

Presiden Donald Trump telah memperingatkan kemungkinan resesi dan bahwa gangguan ekonomi dari virus itu dapat berlangsung hingga musim panas. Sementara itu, tanda undang-undang yang memberikan kelegaan atas bencana coronavirus. Dalam proses persetujuan Senat, Trump mengirimkan Tweet bahwa industri-industri khususnya yang terkenan dampak dari coronavirus (COVID-19) akan didukung dengan sangat
kuat.

Amerika Serikat akan mendukung dengan kuat industri-industri seperti maskapai penerbangan dan yang lainnya. Dan yang khususnya terkena dampak dari virus Cina.

Selain itu, penjualan ritel Amerika Serikat turun pada bulan Februari, menunjukkan ekonomi utama Amerika Serikat. Belanja konsumen, mulai melambat bahkan sebelum langkah-langkah penahanan virus corona dimulai untuk mendukung ekonomi. Nilai penjualan keseluruhan turun 0,5 % dari bulan sebelumnya setelah naik 0,6 % pada Januari. Angka Departemen Perdagangan menunjukkan pada Selasa ini.

Penjualan di bagian ” control group “, yang oleh beberapa analis dipandang sebagai tolak ukur permintaan konsumen yang mendasar. Lebih sedikit berubah, dibandingkan dengan proyeksi untuk kenaikan 0,4 %. Ukuran ini tidak termasuk sektor layanan makanan, dealer mobil, toko bahan bangunan dan pompa bensin.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS ( XAU USD )

Menurut analisa fundamental, Pemotongan suku bunga The Fed ke level nol pada hari Minggu kemarin. Rupanya tidak lantas menggenjot harga emas seperti di era krisis finansial sebelumnya.

Harga emas mendapatkan “support” setelah Federal Reserve Amerika Serikat. Mengumumkan pembukaan kembali program pendanaan “commercial paper” darurat yang digunakan pada saat krisis keuangan tahun 2008. Sementara itu ada rumor dan laporan-laporan bahwa sistem kredit Amerika Serikat jangka pendek tidak likuid dan sedang dilakukan dislokasi.

Tindakan the Fed ini juga mendukung pasar saham Amerika Serikat dengan harga-harga mengalami rally setelah berita-berita dari the Fed.

Breaking News :
Minggu ini, fokus pelaku pasar akan tertuju pada FOMC meeting. Investor akan mencermati kemungkinan adanya stimulus tambahan, proyeksi ekonomi Amerika Serikat. Serta pernyataan ketua The Fed Jerome Powell pada konferensi pers. Disamping The Fed, BoJ juga akan mengadakan meeting minggu ini, yang diperkirakan turut menghasilkan pengumuman stimulus tambahan. Jika The Fed dan BoJ dianggap dovish, kemungkinan harga emas akan rebound.

ANALISA TEKNIKAL EMAS ( XAU USD )

Menurut analisa teknikal, Harga emas saat ini sedang menguji kembali reistance 1 $ 1542/troy ons. Sebagai konfirmasi kembali kenaikan harga emas. Akan tetapi, Jika harga emas bertahan dibawah level pivot point $ 1527/troy ons. Maka harga emas dapat mengalami koreksi kembali di level support 1 $ 1512/troy ons.

Fokus pelaku pasar masih pada dampak virus corona terhadap pertumbuhan ekonomi, yang menyebabkan bank-bank sentral dunia memangkas suku bunga. Meski data tenaga kerja Amerika Serikat membaik, diperkirakan tidak akan berpengaruh pada FOMC meeting tanggal 18-19 maret ini.

Minggu ini emas diperkirakan bergerak di range $ 1557 – $ 1483/troy ons. Jika harga emas dapat menembus resistance 1 $ 1542. Maka harga emas dapat melanjutkan kenaikan kembali ke resistance 2 $ 1557. Sebagai level tertinggi 2019 dan resistance 3 $ 1578/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1512/troy ons. Maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 $ 1498/troy ons dan support 3 $ 1483/troy ons.
SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2084 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*