SOLID GOLD BERJANGKA | THE FED DAN KONGRES AMERIKA

SOLID GOLD BERJANGKA
SOLID GOLD BERJANGKA

SOLID GOLD BERJANGKA – HARGA EMAS STABIL DI LEVEL PSIKOLOGIS $ 1900 MENJELANG TESTIMONI THE FED DI HADAPAN KONGRES AMERIKA SERIKAT

SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Harga emas masih melemah dan bergerak di bawah level psikologis $ 1.900/troy ons disesi perdagangan pada hari Selasa (22/Sept) melemah hingga -0.54 % di level $ 1.894.50/troy ons seiring Indeks Dollar Amerika Serikat (DXY) yang kembali menguat dari level terendah 2 tahun terakhir, sehingga mendorong harga emas turun tajam.

Pergerakan harga emas memang sangat sensitif terhadap dollar Amerika Serikat. Keduanya memiliki pemilik yang negatif. Artinya ketika dollar Amerika Serikat menguat maka harga emas cenderung terkoreksi. Emas yang dibanderol dalam dollar Amerika Serikat menjadi lebih mahal bagi pemegang mata uang lain ketika mata uang Amerika Serikat itu menguat. Selain itu, Bursa Eropa menguat di tengah aksi beli saham memanfaatkan harga yang murah (buy on weakness). Hal ini, membuat emas susah untuk meraih kenaikan pekan ini.

Disisi lain, Bank Sentral Amerika Seikat The Fed juga berkomitmen untuk menggunakan semua alat yang dimilikinya untuk membantu ekonomi Amerika pulih dari pukulan pandemi Covid-19. Gubenur The Fed Jerome Powell mengatakan pihaknya akan berkomitmen untuk memulihkan ekonomi Amerika sekuat mungkin dan membatasi kerusakan ekonomi jangka panjang akibat Covid-19.

Sementara itu, Di Amerika Serikat nasib stimulus kian kabur setelah Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengusulkan pengganti Hakim Mahkamah Agung Ruth Bader Ginsburg, bersaing dengan Partai Demokrat. Pertarungan perebutan posisi tersebut diyakini bakal menempatkan stimulus menjadi prioritas kedua. Hari ini, pelaku pasar bakal memantau Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komite Layanan Keuangan di Kongres, yang bakal menghadirkan Menteri Keuangan Steven Mnuchin dan Ketua Federal Reserve Jerome Powell, berbicara mengenai kebijakan merespon pandemi.

Fokus minggu ini, para investor sedang menunggu (wait and see) pidato dari anggota komite The Fed, termasuk Ketua Jerome Powell, yang akan tampil dan memberikan testimoni di hadapan komite Kongres Amerika Serikat akhir pekan ini.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS (XAUUSD)

Menurut analisa fundamental, Harga emas memang diramal akan kembali menguat, hal itu ditunjukkan oleh Kitco yang melakukan survei mingguan terhadap analis di Wall Street dan juga di pasar (Main Street). Hasil survei terhadap analis Wall Street sedikit berbeda dengan jawaban responden Main Street. Dari 1.367 responden yang ikut voting secara daring (online) ada 60 % responden yang menjawab harga emas naik pekan ini, 21% netral dan sisanya 18 % bearish.

Disisi lain, otoritas kesehatan Inggris sedang mempertimbangkan kemungkinan untuk melakukan restriksi lockdown. Inggris kemungkinan bisa masuk kepada lockdown nasional yang lebih pendek selama dua minggu untuk mengatasi bangkitnya kasus Covid – 19. Selain itu, Kondisi di Spanyol, India dan Brazil juga memburuk dengan terjadi lompatan kasus baru harian dan kurangnya pengobatan. Keprihatinan mengenai gelombang kedua infeksi coronavirus telah berdampak terhadap sentimen resiko global. Arus anti terhadap resiko terlihat jelas dari aksi jual di pasar saham, yang menarik permintaan terhadap aset safe haven seperti emas.

Para investor sedang menunggu pidato testimoni dari para anggota komite The Fed, termasuk Ketua Jerome Powell, di hadapan komite Kongres pekan ini.

ANALISA TEKNIKAL EMAS (XAUUSD)

Secara teknikal, Harga emas telah terus diperdagangkan diantara $ 1,900 – $ 2,000 per ons, berkonsolidasi mencari kesempatan naik pada pergerakan berikutnya. Sepanjang harga emas dapat bertahan di level $ 1,922/troy ons, emas kemungkinan akan bisa naik sampai ke waktu pilpres berlangsung. Akan tetapi, jika harga emas terus turun menebus level psikologis $1900/troy ons, maka harga emas dapat
melanjutka penurunan yang lebeih dalam.

Disisi lain, hasil survei terhadap analis Wall Street sedikit berbeda dengan jawaban responden Main Street. Dari 1.367 responden yang ikut voting secara berani (online) ada 60 % responden yang menjawab harga emas naik pekan ini, 21% netral dan sisanya 18 % bearish.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1922/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1942/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1882/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1862/troy ons dan support 3 $ 1850/troy ons.
SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2090 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*