SOLID GOLD BERJANGKA | HARAPAN EKONOMI BANGKIT KEMBALI

SOLID GOLD BERJANGKA
SOLID GOLD BERJANGKA

SOLID GOLD BERJANGKA – HARGA EMAS LANJUTKAN PELEMAHAN, NEGARA Amerika Serikat DAN EROPA MEMBUKA LOCKDOWN DENGAN HARAPAN EKONOMI DAPAT BANGKIT KEMBALI

SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Harga emas melanjutkan pelemahan (bearish) hingga bergerak di bawah level psikologis $ 1700/troy ons disesi perdagangan pada hari selasa (28/Apr), harga emas turun sebesar 1.3 % ke level $ 1689.85/troy ons seiring langkah yang mengindikasikan kemungkinan pembukaan kembali aktifitas ekonomi sehingga mengikis selera untuk aset-aset safe haven.

Faktor eksternal yang memperkuat pelemahan emas adalah isu akan dibukanya lockdown di beberapa negara bagian Amerika Serikat dan Eropa. Dengan harapan aktivitas ekonomi akan kembali bangkit, investor kembali masuk ke aset berisiko termasuk mata uang negara berkembang. Namun, Organisasi Kesehatan Dunia memperingatkan bahwa pandemi coronavirus masih jauh dari selesai.

Sementara emas telah mempertahankan level mendekati tertinggi dalam lebih dari tujuh tahun di tengah wabah ini. Saat ini, para investor sedang menunggu stimulus oleh bank sentral dan pemerintah untuk membantu pertumbuhan dengan Bank Sentral Eropa dan Federal Reserve dijadwalkan untuk membuat pengumuman kebijakan pada hari Rabu dan Kamis.

Minggu ini, fokus pelaku pasar akan tertuju pada hasil rapat FOMC dan ECB. Kedua bank sentral utama dunia tersebut diperkirakan masih mempertahankan suku bunga. Meskipun demikian, kemungkinan penambahan stimulus masih terbuka, terutama setelah BoJ melakukan pembelian obligasi tanpa batas.

Disamping itu, data GDP Amerika Serikat juga akan menjadi perhatian investor. Diperkirakan, Advance GDP Amerika Serikat kuartal pertama tahun ini akan mengalami kontraksi hingga 3.9 %. Jika, Indeks Dollar Amerika Serikat (DXY) terpukul akibat Statement The Fed dan data GDP, maka tidak menutup kemungkinan harga emas akan berlanjut menguat.

ANALISA FUNDAMENTAL

Menurut analisa fundamental, Pasar emas menjadi sangat fluktuatif karena pasar menerima efek dari penyebaran COVID-19 yang cepat. Potensi pergerakan pasar kemungkinan masih akan cukup besar untuk hari ini, khususnya di sektor komoditas seperti emas.

Hari ini, para investor sedang memantau hasil keputusan stimulus yang di adakan oleh bank-bank sentral yang bertujuan untuk memerangi dampak covid-19 dan hasil laporan acuan tingkat suku bunga oleh The Fed yang dijadwalkan pada hari ini pukul 01.00 PM.

Jika, hasil keputusan The Fed memberikan dampak negative terhadap USD maka harga emas dapat menguat kembali. Akan tetapi, jika pernyataan The Fed memberikan dukungan terhadap USD, maka harga emas dapat melanjutkan pelemahan.

Disisi lain, isu akan dibukanya lockdown di beberapa negara bagian Amerika Serikat dan Eropa, juga ikut menekan harga emas. Namun, Organisasi Kesehatan Dunia memperingatkan bahwa pandemi coronavirus masih jauh dari selesai.

ANALISA TEKNIKAL EMAS ( XAU USD )

Menurut analisa teknikal, Harga emas dapat melanjutkan relly kenaikan jika harga dapat bergerak dan bertahan diatas level Psikologis $ 1700/troy ons. Akan tetapi, Jika harga emas kembali bergerak dibawal level psikologis $ 1700/troy ons, maka harga emas dapat koreksi kembali ke level psikologis $ 1686/troy ons.

Hari ini, para investor sedang memantau hasil keputusan stimulus yang di adakan oleh bank-bank sentral yang bertujuan untuk memerangi dampak covid-19 dan hasil laporan acuan tingkat suku bunga oleh The Fed yang dijadwalkan pada hari ini pukul 01.00 PM.

Minggu ini, harga emas diperkirakan bergerak di range $ 1743 – $ 1657/troy ons. Jika, harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1714/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1728/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1686/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1672/troy ons dan support 3 $ 1657/troy ons.
SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : SGB Jakarta ( Tulus Rifwandi Gea )

About solid gold 2086 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*