SOLID GOLD BERJANGKA | HARGA EMAS MELAJU NAIK

SOLID GOLD BERJANGKA
SOLID GOLD BERJANGKA

SOLID GOLD BERJANGKA – STIMULUS MONETER AS DI PERBINCANGKAN KEMBALI HARGA EMAS MELAJU NAIK

SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Harga emas menguat disepanjang sesi perdagangan pada hari Selasa (15/Desember) naik hingga 1.38 % atau mencapai level $ 1855.40/troy ons seiring kekhawatiran para pelaku pasar terhadap lonjakan kasus penyakit akibat virus corona (Covid-19) memberikan sentimen negatif ke pasar global. Namun, emas sebagai aset safe haven di buru para pelaku pasar. Amerika Serikat sudah memulai vaksinasi masal pada Senin pagi waktu setempat.

Sementara itu, Walikota New York, Bill De Blasio Senin kemarin mengatakan kemungkinan akan dilakukan “full shutdown” untuk meredam penyebaran Covid-19. Padahal, New York menjadi kota pertama yang dilakukan vaksinasi. Kemudian dari Inggris, pengetatan pembatasan sosial juga akan dilakukan di London mulai Rabu
tengah malam. Jerman juga melakukan hal yang sama.

Kabar baiknya, para ketua mayoritas dan minoritas di masing-masing “kamar” tersebut kini sudah bertemu dan sedang melakukan perundingan. Ada Ketua DPR Nancy Pelosi dari Partai Demokrat, ketua minoritas DPR Kevin McCarthy dari Partai Republik, ketua mayoritas Senat Mitch McConnel dari Partai Republik, dan ketua
minoritas Senat Chuck Schumer dari Partai Demokrat. “Kami tidak akan pergi dari sini tanpa paket stimulus.

Kami akan tetap di sini sampai paket stimulus untuk mengatasi Covid-19 tercapai, berapa pun lama waktu yang diperlukan,” kata McConnel sebagaimana dilansir CNBC International.

Paket stimulus senilai US $ 908 miliar tersebut dibagi menjadi 2 bagian. Yang pertama sebesar US $ 748 miliar untuk program belanja pemerintah, termasuk di dalamnya tunjangan pengangguran sebesar US $ 300 per pekan, serta US $ 300 miliar untuk pinjaman dalam Paycheck Protection Program, yakni pinjaman lunak yang
ditujukan ke usaha kecil. Hal ini, membuat sentimen pelaku pasar membaik, jika stimulus tersebut cair dollar Amerika Serikat juga akan tertekan. Sebab jumlah uang yang beredar di perekonomian akan meningkat. Emas yang menyandang sebagai asset safe haven akan berkilau kembali.

ANALISA FUNDAMENTAL

Menurut analisa fundamental, Stimulus tersebut diharapkan bisa cair di pekan ini, tetapi hingga saat ini masih belum ada tanda-tandanya. Hal yang membuat harga emas koreksi ke level terendah awal pekan. Namun, cepat atau lambat stimulus tersebut pada akhirnya akan cair, sehingga perekonomian dan pasar finansial akan
kembali banjiritas.

Ketua DPR Nancy Pelosi dari Partai Demokrat, ketua minoritas DPR Kevin McCarthy dari Partai Republik, ketua mayoritas Senat Mitch McConnel dari Partai Republik, dan ketua minoritas Senat Chuck Schumer dari Partai Demokrat. Para pemimpin tersebut berharap kesepakatan antara kedua belah pihak akan tercapai. Perundingan
tersebut masih berlangsung saat ini, dan seandainya kesepakatan tercapai tentunya akan langsung memberikan dampak positif terhdap pergerakan harga emas.

Pekan ini, perhatian pasar masih akan tertuju pada perkembangan stimulus fiskal di Amerika Serikat, vaksinasi massal, dan berita mengenai jumlah kasus COVID-19 global yang terus bertambah dari hari ke hari. Data dan peristiwa penting minggu ini adalah FOMC, BoJ, dan BoE meeting, Retail Sales, Manufacturing PMI, serta Jobless Claims Amerika Serikat.

ANALISA TEKNIKAL EMAS

Secara teknikal, Hasil survei terbaru dari Reuters terhadap 72 analis menunjukkan, sebanyak 39 % prediksi dollar Amerika Serikat akan melemah hingga 2 tahun ke depan. Persentase tersebut menjadi yang tertinggi dibandingkan prediksi lainnya. Sebanyak 10 % memperkirakan dollar Amerika Serikat masih akan melemah lebih dari 2 tahun ke depan.

Sementara itu, 15 % melihat pelemahan dollar Amerika Serikat hanya akan berlangsung kurang dari 3 bulan dan setelahnya mulai bangkit. 14 % meramal pelemahan berlangsung kurang dari 6 bulan, dan 22 % lainnya kurang dari 1 tahun. Artinya, semua prediksi prediksi dollar Amerika Serikat masih akan melemah, setidaknya hingga 3 bulan ke depan, sehingga tekanan terhadap emas akan berkurang, bahkan berpeluang naik kembali.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1851/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1865/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1824/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1811/troy ons dan support 3 $ 1800/troy ons.
SOLID GOLD BERJANGKA

SGB Jakarta/Tulus Rifwandi Gea

About solid gold 2145 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

1 Comment

  1. KONTAN.CO.ID –  JAKARTA. Rugi ratusan juta tak serta merta membuat Dikki Soetopo kapok berinvestasi. Direktur Eksekutif PT Solid Gold Berjangka ini justru semakin ulet dan mempelajari lebih dalam tentang dunia investasi. Dikki mengawali kiprahnya dalam dunia investasi pada 15 tahun silam. Saat itu, tahun 2005, ia memutuskan menjajal investasi dengan tekad ingin mengubah nasib dan meningkatkan perekonomian keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*