SOLID GOLD BERJANGKA | HASIL PILPRES AMERIKA 2020

SOLID GOLD BERJANGKA
SOLID GOLD BERJANGKA

SOLID GOLD BERJANGKA – HARGA EMAS AKAN BERGERAK DENGAN VOLATILITAS TINGGI JELANG PENGUMUMAN HASIL PILPRES AMERIKA SERIKAT 2020

SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Harga emas menguat ke level psikologis $1900/troy ons di sesi perdagangan Amerika Serikat pada hari Selasa malam (03/November) naik hingga 0.69 % atau mencapai level $ 1910.50/troy ons jelang pemungutan suara pemilihan Presiden Amerika Serikat. Sementara, Indeks Dollar Amerika Serikat (DXY) melemah sebesar -0.76% sehingga mendorong emas naik diatas level psikologis $ 1900/troy ons.

Sudah sebulan ini pasar global bergerak relatif “sideways”. Pasalnya, semua investor dunia menantikan hasil pemilu Amerika Serikat, sebuah perhelatan politik yang akan menentukan arah perkembangan politik, ekonomi, dan dinamika pasar global ke depan.

Pemilu Amerika Serikat akan berakhir pada hari Selasa (3/November/2020) waktu setempat. Akan tetapi, proses ini hanya sebagai penanda bahwa Pilpres Amerika memasuki tahap akhir. Dalam tahap akhir ini Komisi Pemilihan Umum Amerika akan mulai menghitung berbagai suara yang disalurkan masyarakat Amerika Serikat. Namun
dibalik berakhirnya proses Pemilu Presiden Amerika Serikat, prediksi tentang siapa yang akan memimpin negara adidaya seterusnya telah muncul ke permukaan. Joe Biden diprediksi akan mengalahkan sang petahana Donald Trump dan memegang kunci the Oval Room.

Dari hasil Polling sementara, Joe Biden mengungguli Trump dengan selisih yang cukup signifikan. Dari survey yang dihimpun NBCnews, Biden Unggul 51.5 % meninggalkan Trump yang mendapatkan 44.4 % saja.

Sejauh ini, Biden hampir unggul di banyak negara bagian. Trump hanya unggul di beberapa negara bagian saja seperti Iowa dan Kentucky.

Meski demikian, kewaspadaan dinilai tetap harus tinggi, karena proses pemilu Amerika Serikat belum selesai dan bisa saja muncul ketidakpastian baru bila salah satu calon saling meng-claim kemenangan. Sebagaimana diberitakan perebutan kursi di Senat Amerika Serikat juga masih ketat antara Demokrat dan Republikan, sehingga apakah yang dinamakan ‘Blue Wave’ atau kemenangan demokrat untuk merebut gedung putih dan menguasai kursi di senat.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS (XAUUSD)

Menurut analisa fundamental, Diperkirakan, volatilitas pergerakan harga pekan ini akan tinggi. Fokus pasar akan tertuju pada hasil Pilpres Amerika Serikat. Menurut analis, jika Joe Biden menang dan Partai Demokrat menguasai mayoritas Senat, maka kemungkinan akan ada stimulus besar-besaran dan kenaikan pajak yang akan
menguntungkan emas.

Namun jika Partai Republik masih menguasai Senat, maka kemungkinan ada veto proposal stimulus yang diajukan Joe Biden, dan bisa menimbulkan risk aversion yang memicu sentimen negatif pada harga emas. Jika Trump menang dan Partai Republik masih menguasai Senat, maka kemungkinan besar pasar saham Amerika Serikat dan USD akan rally naik; hal ini berdampak negatif terhadap pergerakan harga emas.

Selain Pilpres Amerika Serikat , akan ada rilis data dan peristiwa penting minggu ini adalah FOMC meeting dan laporan rilis data tenaga kerja Amerika Serikat (NFP, upah, dan tingkat pengangguran). Selain itu, Ketua The Fed, Jerome Powell juga diperkirakan masih dovish dengan menawarkan lebih banyak stimulus fiscal yang diperlukan ditengah ancaman lonjakan kasus Covid-19 gelombang kedua.

ANALISA TEKNIKAL EMAS (XAUUSD)

Secara teknikal, Beberapa para analis memperkirakan bahwa setelah pemilu selesai prospek emas tetap sangat positif untuk tahun 2021, dengan harga emas tersebut diproyeksikan menjadi salah satu pemenang aset terbesar. Beberapa perkiraan target harga bervariasi mulai dari $ 2.100/troy ons hingga $ 2.500/troy ons pada awal 2021.

Survei yang dilakukan Kitco.com menunjukkan sentimen bullish emas. Sekitar 69 % pemain Wall Street memperkirakan minggu ini harga emas akan bullish, 13 % bearish, dan 19 % lainnya netral atau sideways. Sementara itu, 52 % pemain Main Street memperkirakan bullish, 33 % bearish, dan 15 % netral.

Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1913/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1925/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1889/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di
level $ 1877/troy ons dan support 3 $ 1865/troy ons.
SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : SGB JAKARTA (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2106 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*