SOLID GOLD BERJANGKA | INVESTOR MENCARI UANG TUNAI

SOLID GOLD BERJANGKA
SOLID GOLD BERJANGKA

SOLID GOLD BERJANGKA – HARGA EMAS KEMBALI MELEMAH SETELAH MENGUAT TAJAM SEIRING PARA INVESTOR MENCARI UANG TUNAI

SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Harga emas melemah sebesar -1.89 % dan bergerak di bawah level psikologis $ 1600/troy ons ke level terendah 1 minggu terakhir pada level $ 1581.20/troy ons seiring para investor mencari uang tunai untuk menutupi kerugian di aset ekuitas yang dibayangi langkah-langkah bank sentral global untuk menopang perekonomian dari keruntuhan yang disebabkan oleh epidemi virus Corona.
Kepala International Monetary Fund pada hari Jumat mengatakan bahwa pandemi ini sudah menggiring ekonomi global ke arah resesi dan negara-negara harus merespon dengan jumlah belanja “yang sangat masif” untuk hindari kebangkrutan yang meluas dan kegagalan utang di pasar berkembang.

Dewan Perwakilan Rakyat Amerika Serikat pada hari Jumat telah menyetujui paket bantuan sebesar $ 2.2 triliun, terbesar dalam sejarah, untuk membantu mengatasi perlambatan ekonomi yang disebabkan oleh virus.

Sementara itu ketua European Central bank telah mendesak untuk akhiri perselisihan di kalangan pemimpin Uni Eropa agar mereka semua bertindak lebih tegas guna melindungi ekonomi dari pukulan yang disebabkan pandemi, ungkap tiga orang narasumber yang mengetahui hal tersebut.

Sentimen lain yang membebani emas adalah terhentinya pelemahan Indeks Dollar Amerika Serikat (DXY) di tengah sentimen hindar aset berisiko, setelah greenback melonjak di tengah perburuan uang tunai dan kemudian mereda ketika bank sentral meluncurkan langkah likuiditas yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Indeks Dollar Amerika Serikat (DXY) berpeluang kembali diminati oleh para pelaku pasar di tengah tingginya minat terhadap mata uang paling likuid di dunia, yang ditopang oleh optimisnya data perumahan Amerika Serikat semalam serta dicabutnya kebijakan lockdown oleh Presiden Trump yang mana itu disambut baik oleh pasar.

ANALISA FUNDAMENTAL EMAS ( XAU USD )

Menurut analisa fundamental, Pekan ini pergerakan harga emas masih akan dipengaruhi oleh perkembangan wabah Covid-19. Data penting dari Amerika Serikat yang akan menjadi fokus adalah Jobless Claims dan Non Farm Payrolls (NFP) Amerika Serikat bulan Maret.

Jobless Claims diperkirakan bisa lebih tinggi dari minggu sebelumnya, sementara NFP diperkirakan negatif.

Jika tidak terjadi aksi jual masif di pasar saham yang menyebabkan para investor mengalami margin call, harga emas diperkirakan masih akan menguat.

Disisi lain, Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Presiden Tiongkok, Xi JinPing akan melakukan pembahasan via telepon pada pagi ini, bila hasil pembicaraan bernada positif berpotensi tekan harga emas turun.

Kedua kepala negara tersebut berencana membahas wabah Corona dan kemungkinan kesepakatan dagang kedua negara selanjutnya. Walau Tiongkok telah mengalami guncangan wabah Corona, mereka masih mencoba memenuhi perjanjian dagang tahap pertama yang sudah disepakati Januari lalu. Hal yang mendongkrak optimisme pasar bahwa perekonomian Tiongkok dapat segera pulih dari imbas negatif wabah Corona yang telah menjangkiti negara tersebut sejak November 2019 lalu.

ANALISA TEKNIKAL EMAS ( XAU USD )

Menurut analisa teknikal, Harga emas sedang menguji level psikologis $1600 jika harga dapat bergerak dan bertahan diatas level Psikologis $ 1600/troy ons maka harga emas dapat melanjutkan kembali kenaikan. Akan tetapi, Jika harga emas bergerak dan bertahan dibawal level psikologis $1600/troy ons, maka harga emas
dapat melanjutkan kembali penurunan.

Data dan peristiwa penting yang akan menjadi perhatian pasar minggu ini adalah kepercayaan konsumen Amerika Serikat, perubahan tenaga kerja Non-pertanian Amerika Serikat, indeks manajer pembelian manufacturing ISM Amerika Serikat dan yang paling difokusin yaitu rilis data NFP Amerika Serikat.

Minggu ini, harga emas diperkirakan bergerak di range $ 1628 – $ 1557/troy ons Jika harga emas dapat menembus resistance 1 $ 1610/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan kenaikan kembali ke resistance 2 $ 1628/troy ons.

Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1474/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 $ 1557/troy ons dan support 3 $ 1535/troy ons.
SOLID GOLD BERJANGKA

Sumber : SGB Jakarta (Tulus Rifwandi Gea)

About solid gold 2041 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*