SOLID GOLD BERJANGKA | MASIH BERADA DI JALUR HIJAU

SOLID GOLD BERJANGKA
SOLID GOLD BERJANGKA

SOLID GOLD BERJANGKA – HARGA EMAS MASIH BERADA DI JALUR HIJAU DAN BERSIAP MELAJU KE LEVEL $ 1800/TROY ONS

SOLID GOLD BERJANGKA JAKARTA – Harga emas masih mempertahankan reli penguatan disesi perdagangan pada hari Selasa (20/April) naik tipis sebesar 0.09 % atau mencapai level $ 1780.40/troy ons setelah sempat naik mendekati level psikologis $ 1800/troy ons. Namun, penguatan tersebut tidak bertahan lama dan mengalami koreksi ke level $ 1762.60/troy ons.

Adanya spekulasi bahwa inflasi yang tinggi di tengah kebijakan moneter ultra longgar yang ditempuh bank sentral terutama The Fed akan membuat dollar Amerika Serikat semakin jatuh. Devaluasi mata uang yang dilakukan otoritas moneter global membuat investor mencari cara untuk melindungi portofolionya. Ketika ada ancaman inflasi tinggi sebenarnya emas yang dipilih sebagai inflation hedge asset. Para investor banyak yang berbondong-bondong pindah dari emas.

Sementara itu, berdasarkan survei mingguan harga emas Kitco, 100 % analis Wall Street yang disurvey mengatakan mereka bullish terhadap emas minggu ini. Analis yang disurvey hanya 13 orang saja memang. Namun jarang sekali analis Wall Street bisa sampai sekompak ini.

Sentimen bullish emas juga didukung oleh kalangan investor main street. Dari total 1.103 suara yang dikumpulkan dalam polling, mayoritas responden (65 %) berpandangan bullish. Sementara yang netral dan bearish cenderung di bawah 20 %.

ANALISA FUNDAMENTAL

Dipekan ini, harga emas berpeluang melanjutkan penguatan, sebab yield obligasi dan indeks dollar Amerika Serikat sedang dalam tren menurun. Jika tren tersebut berlanjut, ruang penguatan harga emas tentunya akan cukup besar.

Yield Treasury tenor 10 tahun sepanjang pekan lalu turun 9,3 basis poin ke 1,573 % yang merupakan level terendah dalam 1 bulan terakhir.

Penurunan yield Treasury dapat membuat sentimen pelaku pasar membaik, yang akan menguntungkan bagi emas. Selain itu, dalam 2 pekan mengalami penurunan lebih dari 1,5 %.

Data dan peristiwa penting minggu ini adalah rilis data Manufacturing PMI Amerika Serikat.

ANALISA TEKNIKAL

Secara teknikal, peluang penguatan terbuka lebar setelah membentuk pola Double Bottom, dan melewati neckline di kisaran US $ 1.755/troy ons. Bottom pola ini berada di kisaran US $ 1.676/troy ons. Dari level tersebut hingga ke neckline sebesar US $ 79, sehingga ketika neckline ditembus secara konsisten emas berpeluang naik dengan besar yang sama.

Artinya, target penguatan emas ke US $ 1.835/troy ons. Range mingguan, jika harga emas dapat menembus level resistance 1 $ 1800/troy ons, maka emas dapat melanjutkan kenaikan ke level resistance 2 yaitu pada level $ 1817/troy ons. Sebaliknya jika harga emas dapat menembus level support 1 $ 1760/troy ons, maka harga emas dapat melanjutkan penurunan kembali ke support 2 di level $ 1745/troy ons dan support 3 $ 1731/troy ons.
SOLID GOLD BERJANGKA

SGB Jakarta / Tulus Rifwandi Gea

About solid gold 2180 Articles
PT. Solid Gold Berjangka merupakan perusahaan yang bergerak dibidang keuangan. PT. Solid Gold Berjangka ini termasuk kedalam salah satu bagian dari Bursa Berjangka Jakarta atau disingkat dengan BBJ yang telah diresmikan berdiri pada tahun 2005.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*